• banner-2
  • banner-3
  • banner-4
banner-22 banner-33 banner-44
Javascript Banner Slideshow by WOWSlider.com v4.0
J - E V E N T
J - N E W S
L I V E - A C T I O N
G A M E S
M A N G A
A N I M E
A R T I C L E _| _記事

Mengintip Perbedaan Budaya Jepang dan Indonesia

Category : J-News | Published on Tuesday,July 16, 2013 | 3:09 pm | Hits:4,169





Konbanwa Minaa ~~ Yahooo ~~ mari kita buka sesi budaya pada kesempatan kali ini. Banyak orang yang sering bertanya tanya mengenai perbedaan sudut pandang orang Indonesia dan orang Jepang, pada artikel kali ini kita akan mengenal etos etos dan budaya yang ada di antara kedua Negara ini.

Jadi? Apa saja perbedaan yang menonjol di antara kedua Negara ini?

1.    Saat Berpegian

Biasanya orang Indonesia umumnya lebih suka berpergian dengan kendaraan pribadi dibandingkan dengan kendaraan umum. Baik itu liburan, sekolah maupun berangkat ke tempat kerja, mereka lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan angkutan umum seperti kereta atau bus.

Orang Jepang umumnya lebih menyukai menggunakan angkutan umum dalam berpergian baik ke sekolah maupun tempat kerja dan liburan. Hal ini umumnya terlihat dari remaja remaja sekolah mereka yang sering menaiki kereta api dan bis pada umumnya. Namun tidak jarang juga ada beberapa dari mereka yang menggunakan sepeda saat pergi ke sekolah. Hal yang pasti sedikit dari mereka yang menggunakan motor maupun mobil untuk pergi ke sekolah.

2.    Penggunaan Handphone

Di Negara Indonesia pengisian pulsa pada handphone menggunakan sistem voucher namun hal ini tidak berlaku untuk orang Jepang. Kalian tidak akan menemukan toko toko di pinggir jalan yang menjual voucher. Pembayaran pulsa di Jepang berupa pembayaran per bulan. Maka itu jika kita mengecek bagian belakang handphone Jepang akan sulit untuk menemukan tempat SIM card, bias jadi SIM card tersebut dimasukkina di tempat yang tidak bias dicabut karena sistem pulsa mereka tidak memungkinkan untuk mengganti ganti SIM card.

Di Indonesia pembelian handphone sangatlah mudah sehingga dengan uang yang cukup kita dapat membeli sebuah handphone dan tidaklah mengherankan bila di Indonesia sering terjadi penggantian handphone. Namun hal ini tidak berlaku di Jepang, pembelian handphone di Jepang memiliki sistem yang lebih kompleks dibandingkan dengan Indonesia. Pembelian handphone di Jepang mengharuskan kita untuk mengisi berbagai macam formulir, biodata, rekening bank dan terakhir menandatangani kontrak selama waktu tertentu yang biasanya berupa 2 tahun.

3.    Kuliner

Masakan Indonesia terkenal enak dan memiliki rasa serta aroma yang lebih kuat dibandingkan dengan kuliner Jepang. Hal ini disebabkan karena kekayaan rempah rempah yang ada di Indonesia, sehingga hampir setiap makanan Indonesia diperkaya dengan rempah rempah. Faktor ini juga yang menyebabkan ketika dikonsumsi rasa bumbu rempah-rempah lebih mendominasi ketimbang bahan utamanya.

Untuk kuliner di Jepang penggunaan rempah rempah tidak bisa sesering di Indonesia diesbabkan salah factor di mana Jepang tidak memiliki jumlah rempah rempah yang sekaya Indonesia. Dari segi kuliner, kuliner Jepang lebih mengandalkan rasa asli dibandingkan dengan menggunakan rempah rempah.

4.    Lelaki

Di artikel sebelumnya kita juga sudah pernah membahas mengenai pria pria Jepang. Wanita wanita Jepang umumnya sering protes terhadap perilaku pria pria Jepang yang mereka anggap kurang agresif dan pemalu. Hal ini dikarenakan rata rata dari pria Jepang masa kini merupakan tipe tipe Shosoku Danshi atau lebih tepatnya tipe laki laki yang lebih pasif dan pemalu dalam hal berpacaran.

Berbeda dengan Indonesia, para wanita Jepang mengakui laki laki Indonesia lebih agresif dan menarik. Umumnya di mata mereka laki laki Indonesia tergolong Nikushoku Danshi alias laki laki yang agresif dan perayu.

5.    Sikap Fans

Haruka Nakagawa, anggota JKT48 yang ditransfer dari AKB48 sendiri mengatakan melihat perbedaan yang cukup unik antara fans Indonesia dan fans Jepang. Terlihat saat mereka di panggung, fans Indonesia terlihat tidak ragu ragu untuk berteriak keras dan sangat antusias serta bersemangat. Sementara fans Jepang ragu berteriak keras seperti fans Indonesia.

Haruka juga mengatakan dari segi encore, biasanya setelah lagu selesai, fans di Jepang akan langsung berteriak meminta encore atau istilah lainnya adalah meminta sang artis untuk menyanyikan lagu tambahan. Fans Indonesia lebih memberi waktu bagi para artis untuk istirahat terlebih dahulu sebelum mereka meminta encore.

6.    Hidup di bawah satu atap

Indonesia memiliki istilah “Kumpul Kebo” atau suatu larangan bagi seorang gadis dan pemuda yang tidak menikah untuk tinggal di bawah satu atap yang sama. Hal ini sudah menjadi norma yang mengakar di kebudayaan Indonesia. Di Jepang istilah seperti “Kumpul Kebo” tidak digunakan. Orang Jepang mentolerir kehidupan di bawah satu atap yang sama tersebut, terlebih bila sang gadis dan pemuda berada dalam jenjang berpacaran.

Hmm … ternyata kalau dilihat lihat memang terdapat perbedaan yang cukup besar antara dua Negara tersebut. Menurut Minna? Kira kira budaya manakah yang lebih menarik =w=

Sumber : http://dedi-smk.blogspot.com/2013/01/perbedaan-budaya-jepang-dengan-indonesia.html
http://heart.okwave.com/notes/233/id
http://www.okefood.com/read/2013/01/24/299/751325/inilah-perbedaan-kuliner-indonesia-dengan-jepang
http://www.hai-online.com/Hai2013/Entertainment/Music/News/Perbedaan-Fans-Jepang-dan-Indonesia-Menurut-Haruka-JKT48