1. Chan
Kebanyakan dipakai untuk perempuan atau anak – anak. Biasanya seorang perempuan memanggil dengan -chan apabila sudah lumayan akrab. Contohnya adalah miyuki chan, sayaka chan, dll


2. Kun

Dipakai untuk laki – laki yang sepantaran atau lebih muda dari kita. Bisa juga dari atasan ke bawahannya, maupun dari senpai (kakak kelas) ke kouhai (adik kelas).

Untuk 2 kasus terakhir bisa juga untuk cewek, misalnya di Sukuran, Hanai memanggil Yakumo dengan Tsukamoto-kun karena posisi dia sebagai senpainya Yakumo

 

3. San
Biasanya dipakai untuk orang yang belum terlalu kita kenal atau yang statusnya lebih tinggi. Merupakan panggilan yang paling standar digunakan. kalau bingung cocoknya pakai apa waktu manggil seseorang, tambahkan saja -san di akhir namanya.

Pemakaian lainnya juga untuk menyebut profesi seseorang , misalnya sakanaya-san (sakana-ikan, ya-toko). Bisa juga untuk menyebut karakter di cerita anak – anak, misalnya kuma-san(pak beruang), pu-san (winnie the pooh).


4. Sama

Dipakai untuk keluarga kerajaan (contoh: Masako-sama) atau seseorang yang sangat dihormati( contoh : Otou-sama:ayah). Bisa juga untuk pelanggan/tamu (Okyaku-sama) atau majikan (Goshujin-sama).


5. Senpai

Dipakai untuk senior, apakah itu senior di sekolah, kampus, kantor, klub, tidak pandang usia, asal senior ya dipanggil senpai.


6. Sensei

Sesuai dengan arti harifahnya dipakai untuk guru atau sejenisnya. Terlepas dari arti guru, dapat juga dipakai untuk menyebut dokter, pengacara, mangaka maupun penulis(yang sudah terkenal tentunya).