Minna selalu mengisi waktu luang dengan membaca manga atau menonton anime? Selain dari hanya menikmati kegiatan tersebut, apakah pernah muncul pertanyaan bagaimana kisah dari manga atau anime itu sendiri?


(Sumber: Wikipedia)

Manga (漫画) merupakan komik yang berasal dari Jepang, begitu juga dengan Anime (アニメ, dibaca “ani-may”), adalah kartun ala Jepang. Perbedaan manga dan anime dengan komik dan kartun keluaran negara di bagian barat adalah detail dari gambar tokoh-tokoh dalam cerita. Perbedaan selanjutnya terletak pada konsumennya, kartun dan komik kebanyakan dibuat untuk anak-anak berusia muda, sedangkan manga dan anime bisa dinikmati oleh orang-orang dari usia muda hingga dewasa. Hal tersebut didasarkan oleh pemikiran bahwa orang-orang yang merupakan anak-anak di tahun 1980an atau 1990an tetap terus melanjutkan membaca manga.

Sebuah gulungan bergambar yang disebut Chōjū giga, dengan karakter binatang yang digambarkan memiliki perilaku seperti manusia, yang telah ada di sekitar abad ke-12 dipercaya merupakan manga yang pertama. Namun, menurut “Manga no Rekishi” (Sejarah Manga), seorang penulis sekaligus peneliti, mendefinisikan manga sebagai karya yang seharusnya dijual ke masyarakat luas. Oleh karena itu, kedudukan sebagai manga yang pertama jatuh kepada “Toba Ehon”, yang dikeluarkan oleh salah satu penerbit di Osaka.


Chōjū giga (Sumber: japan-guide.com)

Anime pertama yang tercipta pada masa sekitar tahun 1907 adalah Katsudō Shashin (活動写真 atau Gambar Bergerak) yang berdurasi 3 detik namun menggunakan 50 frame. Anime pendek selanjutnya, pada tahun 1917 yang berjalan selama 2 menit. “Momotarō: Umi no Shinpei” adalah anime pertama pada tahun 1945 yang bisa disebut sebagai sebuah film, karena durasi waktunya yang cukup panjang.


Momotarō: Umi no Shinpei (Sumber: Wikimedia)

Ketenaran anime di bagian dunia lain selain Jepang dimulai pada tahun 1963 saat anime Astro Boy (karya Osamu Tezuka, yang terinspirasi dari karakter-karakter Disney) diputar di luar negeri untuk yang pertama kalinya.


Astro Boy (Sumber: CAAMFest)

Kini, anime dan manga sudah dikenal sangat luas di berbagai belahan dunia. Tidak sedikit judul-judul anime yang sangat tenar dan tidak asing terdengar oleh masyarakat-masyarakat dari kalangan usia berapapun.

Manga dan anime tidak sembarangan hanya menunjukkan sebuah cerita sebagai hiburan, namun di dalam kisah-kisah tersebut umumnya dapat ditemukan budaya-budaya Jepang, serta berbagai pelajaran tertentu mengenai kehidupan yang dapat diambil maknanya. Sekarang, variasi cerita dalam manga atau anime yang dapat ditemui sudah sangatlah banyak, dari yang biasa saja hingga yang tidak cukup masuk di akal sehat manusia. Oleh karena itu, minna sebaiknya juga tidak asal memilih manga atau anime yang akan dibaca atau ditonton yaa.

Source : Infoplease, Wikipedia (1), (2), Japan Times