Halo minna-san! Kembali lagi dengan tim liputan Nippon Club! Kali ini kami akan membahas event COUNTDOWN ASIA FESTIVAL in Jakarta yang diadakan di Lapangan D Senayan dari tanggal 6-7 Juni. Kami hanya meliput hari pertama.

Kami sampai di venue sekitar jam 10.40 dan suasana disana masih terlihat sepi.

Ada banyak stand-stand makanan, sponsor, dan juga Maid Cafe di sini.

Daerah sekitar panggung mulai meramai saat MC membuka acara dengan Single Cosplay Competition oleh CLAS:H.


Juri Cosplay Competition

Peserta Single Cosplay Competition pun muncul satu per satu ke atas panggung dan diberi waktu 1 menit untuk beraksi.

Setelah 10 cosplayer menunjukkan aksinya di atas panggung, selesai sudah Single Cosplay Competition dan dilanjutkan oleh Team Cosplay Competition yang diikuti oleh 3 team dengan tema yang berbeda.


Rising Sun Cosplay Corp yang memparodikan Naruto The Last


Afterworks CosTeam yang menampilkan Corpse Bride


Kadaluarsa Hunter yang sedang memparodikan Monster Hunter

Berikutnya ada penampilan dari KOMOTOKU yang menampilkan drama Kamen Rider Faiz. Drama ini dimulai saat tiba-tiba Horse Orphnoch muncul ke atas panggung untuk mengusir penonton. Seorang wanita misterius di atas panggung pun meminta penonton untuk memanggil Kamen Rider Faiz.


Horse Orphnoch yang sedang mengusir penonton


Faiz datang setelah mendengar teriakan penonton

Setelah itu Horse Orphnoch meminta bantuan pada Joker dan Ryuga untuk melawan Faiz, Kaixa, dan Delta. Ryuga memberikan Horse Orphnoch dan Joker handphone dan kartu sehingga mereka bisa berubah jadi kamen rider Orga dan Chalice.


“3 on 3”


Faiz, Kaixa, dan Delta yang siap melawan rider jahat

Ryuga, Orga, dan Chalice berhasil dibuat kewalahan oleh Faiz, Kaixa, dan Delta sehingga mereka pun memanggil monster dari luar angkasa untuk membantu mereka. Wanita misterius pun kembali memberikan intruksi pada penonton agar berteriak “Rider Kick” agar para rider bisa mengalahkan monster itu.


Monster tersebut di-rider kick berturut-turut oleh Delta, Kaixa, dan Faiz


KOMOTOKU yang tampil memukau di panggung

Perhatian kami (termasuk penonton lainnya) sempat teralihkan saat tiba-tiba member Kamen Joshi muncul di sebelah kanan stage. Kami pun langsung meluncur ke area tersebut untuk melihat mereka.

Kembali lagi ke main stage… setelah KOMOTOKU selesai tampil, para peserta Cosplay Competition kembali diundang ke atas panggung untuk mendengar pengumuman pemenang.


Para pemenang Cosplay Competition

Cosplay Competition pun berakhir dan kami harus menunggu sekitar 15 menit karena area panggung sedang dipersiapkan untuk penampilan berikutnya yaitu DJ REDSHIFT.


DJ REDSHIFT sedang tampil membawakan lagu-lagu vocaloid

Ada satu hal yang membuat kami dan beberapa penonton lainya merasa resah karena suara bass yang dikeluarkan speaker terlalu kencang sehingga membuat jantung kami super doki-doki dan harus menutup telinga saat mendegarkan penampilan dari DJ REDSHIFT.

Ultraman Ginga pun muncul ke atas panggung setelah diundang jauh-jauh dari luar angkasa (kata MC-nya). Pengujung bisa mendapatkan TANDA TANGAN Ultraman Ginga kalau membeli baju official Ultraman di booth Countdown Asia.


Ultraman Ginga tampil gagah di atas panggung

Yang ditunggu-tunggu pun akhirnya muncul ke atas panggung yaitu Kamen Joshi. Wota-wota dari Jepang yang sudah menunggu sejak pagi di depan panggung pun langsung berteriak chant-chant untuk menyemangati idol mereka. Penonton lainnya juga ikut bersemangat sambil berteriak “oi oi oi!” dan mengangguk-anggukan kepala.


Kamen Joshi saat membawakan lagu Kamen Joshi


Kamen Joshi saat membawakan lagu Genkidane

Saat menyanyikan Genkidane tiba-tiba musik berhenti sehingga Kamen Joshi terpaksa berhenti juga dan berinteraksi dengan penonton. Setelah itu mereka kembali membawakan Genkidane untuk yang kedua kalinya.


Member Kamen Joshi saat menyapa penonton


Member Kamen Joshi membaca contekan di tangan kirinya saat memperkenalkan diri dalam bahasa Indonesia

Saat sesi perkenalan, Kamen Joshi juga mengumumkan bahwa mereka akan tampil di Saitama Super Stadium pada 23 November 2015 dan mengajak penonton untuk datang. Mereka juga mempromosikan akun facebook mereka.


Kamen Joshi melanjutkan penampilan mereka

Saat menyanyikan lagu terakhir, pada pertengahan lagu tiba-tiba salah satu member Kamen Joshi menghilang dan ternyata…


Member KAMEN JOSHI yang diarak-arak menggunakan perahu karet

Pertama kalinya di Indonesia, kami melihat idol di arak-arak menuju daerah penonton. Perlu diketahui perahu itu diangkat oleh wota-wota KAMEN JOSHI dari Jepang yang membuat kami semakin terpukau.


Kamen Joshi mengakhiri penampilan pertama mereka dengan wow

Area panggung kembali dibersihkan setelah Kamen Joshi selesai tampil. Idol berikutnya yang tampil adalah idol group dari Bandung yaitu Lumina Scarlet.


Lumina Scarlet tampil memukau di atas panggung


Lumina Scarlet saat memperkenalkan diri masing-masing

Mereka membawakan lagu-lagu idol seperti Moon Pride oleh Momoiro Clover Z dan juga membawakan lagu original mereka yang berjudul Scarlet Melody.

Kami harus menunggu sekitar 15 menit lagi setelah penampilan Lumina Scarlet selesai karena area panggung sedang dipersiapkan untuk penampilan dari DJ terkenal dari Jepang yaitu DJ Re:animation.


DJ Goto Osama (@king510) saat memainkan beberapa lagu anime


DJ Megsis (@DJ_Megsis) saat memainkan lagu-lagu vocaloid


DJ MASAKARI (@Masakari1205) saat memainkan beberapa lagu EDM dan lagu original Re:animation

Kami dan penonton lainnya ikut bersemangat dan berteriak-teriak saat penampilan Re:animation karena para DJ tampil energik dan sempat wotagei juga.

Mereka yang menari dan berganti-gantian memutar lagu juga membuat suasana menjadi asyik dan seru apalagi saat mereka memainkan lagu Kokoro no Tomo membuat semua penonton bernyanyi bersama.

Berikutnya ada penampilan dari Bullet Train yang sudah ditunggu-tunggu oleh fansnya dari Jepang sejak pagi. Fans dari Indonesia pun juga lumayan banyak dan mereka semua memakai hatten Bullet Train dan membawa banner Bullet Train. Kami juga sempat melihat fans Bullet Train dari Jepang dan Indonesia berbincang-bincang dengan akrab.


Yang jaket kuning mirip Gaku Sano (pemeran Kamen Rider Gaim) ya…


Bullet Train saat menyanyikan lagu Battaman yang membuat penonton pria juga ikut bergoyang


Bullet Train sedikit kesulitan saat memperkenalkan diri mereka dengan bahasa Indonesia


Bullet Train ditemani Ultraman Ginga saat menyanyikan ED dari Ultraman Ginga yaitu Starlight


Penampilan terakhir Bullet Train yang fantastis

Area sekitar panggung pun menyepi setelah Bullet Train selesai tampil. Staf-staf juga sedang sibuk membereskan panggung sehingga kami harus menunggu cukup lama sebelum acara berikutnya dimulai.

Acara berikutnya adalah ANISONG KARAOKE BATTLE oleh DAM (The Number 1 KARAOKE BRAND IN JAPAN).


Jurinya merupakan perwakilan dari Lumina Scarlet dan Bullet Train


Para peserta ANISONG KARAOKE BATTLE

Peserta membawakan lagu-lagu anime sesuai dengan karakter yang mereka sedang cosplay-kan seperti Kagura yang menyanyikan Samurai Heart dan Akame yang menyanyikan Skyreach.


Pemenang ANISONG KAROKE BATTLE yang bisa bolak-balik Jepang gratis dan karaoke gratis di Jepang

DJ Re:animation kembali beraksi di atas panggung karena masih ada waktu sebelum penampilan berikutnya.

Set list kali ini lebih wow dari yang pertama sehingga kami sampai kelelahan setelah mereka selesai tampil. Penonton pun sampai berteriak encore agar mereka terus memainkan lagu-lagu tapi ternyata sudah tidak ada waktu lagi dan mereka pun meninggalkan panggung. Mereka sempat berkata bahwa mereka akan tampil lagi besok untuk menghibur penonton.

Yang membuat kami kesal adalah setelah mereka turun panggung, kami masih harus menunggu sekitar 30 menit sebelum acara berikutnya dimulai (Re:animation hasrusnya bisa lanjut untuk mengisi waktu kosong ini). Acara berikutnya adalah DJ Momochi Minami.


DJ moe Momochi Minami akhirnya datang juga

Momochi Minami memainkan lagu-lagu idol dan salah satunya adalah Punch Line!, lagu kolaborasi Shoko-tan dan denpagumi.inc. DJ Momochi Minami juga sempat mengeluarkan sesuatu dari bel di kepalanya dan melemparkannya kepada para penonton sebagai hadiah.

Terakhir… penampilan pamungkas hari ini dari artis Jepang tidak lain tidak bukan adalah Kamen Joshi.


Kamen Joshi saat membawakan lagu Kamen Joshi (night version)

Kamen Joshi akhirnya tampil berenam (salah satu member ada yang sedang sakit sehingga pada penampilan pertamanya Kamen Joshi hanya tampil berlima).


Kamen Joshi saat menembakkan senapan tissue ke penonton


Arak-arakan (night version)


Kamen Joshi mengakhiri penampilan keduanya dan sekaligus terakhir di Jakarta dengan super wow!

Secara keseluruhan event COUNTDOWN ASIA FESTIVAL in Jakarta ini benar-benar seru dan menarik. Jujur saja tadinya kami datang ke event ini hanya untuk menonton Kamen Joshi saja tapi ternyata artis-artis lainnya tidak kalah keren dan memukau.

Contohnya adalah Re:animation yang tampil enerjik, penuh semangat dan bahkan mereka sempat membagikan banyak omiyage gratis kepada para pengunjung serta Bullet Train dengan koreografi dance yang unik (banyak penonton cowok juga yang berteriak histeris saat mereka tampil).

Penonton dari Jepang juga ada banyak di event ini dan mereka juga terlihat menikmati event ini bahkan kami sempat ngobrol bareng tentang anime, lompat-lompat, berteriak-teriak, dan menyanyi bersama mereka semua.

Sekian liputan dari tim Liputan Nippon Club kali ini. Semoga COUNTDOWN ASIA FESTIVAL in Jakarta bisa terus ada dan semakin membaik tahun depan. Sampai jumpa di liputan Nippon Club berikutnya!