Halo minna-san! Kembali lagi dengan tim liputan Nippon Club! Kali ini kami akan membahas event A Day with Japanese Station yang diadakan di Auditorium Lantai 4, Kampus Anggrek BINUS (Kemanggisan).

Kami sampai di venue sekitar jam 13.30 dan harus menunggu 1 jam sebelum acara di mulai. Event ini dibuka dengan penampilan dari Taiko Club: Kinryu Zakura.

Berikutnya ada kata sambutan dari ketua HIMJA yang sekaligus membuka acara A Day with Japanese Station kali ini.

Performance pertama dari Japanese Station adalah cover dance yang enerjik dari JS Navi Nada dan Chika.

Sesi selanjutnya adalah talkshow bersama salah satu founder dan editor dari Japanese Station yaitu Daniel dan Asun.

Pada sesi ini mereka mereka menceritakan asal usul Japanese Station yang pada awalnya dimulai dari hobi. Asun sebelumnya juga pernah bekerja di majalah Animonster sebagai editor Chief, lalu sekarang beralih ke Japanese Station.

Daniel juga menjelaskan bahwa Japanese Station merupakan sarana bagi brand-brand Jepang untuk memasarkan produk mereka. Mereka juga menjelaskan tentang JS Store yang menjual barang-barang Jepang dan JS Navi tentu saja yang menerima banyak tawaran untuk hadir di suatu event.

Pada sesi pertanyaan, ada penonton yang bertanya “Kok kayaknya JS Navi cewek semua ya? Gak ada yang cowok?” Penonton lainnya pun tertawa setelah mendengar pertanyaan tersebut. Pertanyaan tersebut dijawab dengan “Japanese Station mencari orang yang punya talent dan supel. Kebetulan kebanyakan cewek yang memenuhi kriteria tersebut.”

Sesi berikutnya adalah talkshow dengan JS Navi.


JS Navi Nia (merah) dan JS Navi Elvina (hitam) merupakan JS Navi generasi pertama.


Elvina menjelaskan bahwa Japanese Station adalah wadah untuk mengembangkan bakat.


Kirari dan Pop! Cycle saat menjelaskan perasaan gugup mereka saat audisi.

Sesi selanjutnya adalah games bersama JS Navi. 6 penonton diundang ke atas panggung untuk ikut bermain. Games-nya adalah games tebak gaya dari film, anime dan hewan.


JS Navi dibagi menjadi 2 tim yaitu Nada, Yuta, Nia, Stef dan Manda, Jesslyn, Chika, Elvina.


Elvina saat sedang memperagakan Sadako.


Tim pertama yang sedang memperagakan Attack on Titan.


Tim kedua yang sedang memperagakan kecoa.

Pemenang games ini adalah tim kedua yang berhasil menebak semua hewan dengan benar. Semua penonton yang ikut bermain di games ini mendapatkan buku JS gratis sebagai kenang-kenangan.

Performance berikutnya ada Pop! Cycle yang terdiri dari Nada, Chika, dan Jesslyn.


Pop! Cycle saat cover dance.


Pop! Cycle saat sedang berinteraksi dengan penonton.


Pop! Cycle saat sedang menyanyikan lagu original mereka yang berjudul Bubble Pop.

Setelah Pop! Cycle tampil, tiba-tiba MC mengumumkan bahwa ada doorprize. Semua penonton pun langsung mengecek bagian bawah sofa mereka karena apabila ada stiker Rilakkuma akan mendapatkan doorprize.


Penonton beruntung yang mendapatkan doorprize.

Performance berikutnya adalah dari Kirari (Stef, Manda, Yuta) yang pada kali ini membawakan 5 lagu seperti Megitsune dari BABYMETAL, dan Dreamers yang merupakan lagu original mereka.


Kirari memperkenalkan diri terlebih dahulu.


Kirari saat sedang menyanyikan lagu dari Ijime, Dame, Zettai! dari BABYMETAL.

Event A Day with Japanese Station ditutup dengan sesi meet and greet dan signing poster dengan JS Navi.


Penonton beruntung tadi mendapatkan Doorprize-nya yaitu bisa foto bareng dengan semua JS Navi.

Secara keseluruhan event A Day with Japanese Station adalah event yang cukup menyenangkan karena kami dan penonton bisa lebih tahu mengenai Japanese Station dan juga bisa mengenal JS Navi lebih jauh lagi.

Kekurangannya adalah durasi event yang terlalu pendek (mungkin dikarenakan ada JS Navi yang tidak bisa datang) dan jujur saja ekspetasi kami adalah sesi talkshow bisa berlangsung lebih lama lagi tapi ternyata tidak (it’s like A Couple of Hours with Japanese Station afterall).

Sekian liputan dari tim Liputan Nippon Club kali ini. Semoga A Day with Japanese Station berikutnya bisa lebih baik lagi. Sampai jumpa di liputan Nippon Club berikutnya!