Halo minna-san! Kembali lagi dengan tim liputan Nippon Club! Kali ini kami akan membahas event Jejepangan terakbar tahun ini yaitu Anime Festival Asia Indonesia 2015 (AFAID 2015) yang diadakan di JIEXPO pada tanggal 25-27 September 2015. Kami meliput hari kedua dan ketiga.


Antrian orang yang ingin membeli tiket langsung


Setelah membeli tiket masih harus mengantri untuk masuk ke venue

Sudah kami duga bahwa pada hari kedua AFAID lautan manusia akan berkumpul di event ini karena selain ada konser I Love Anisong juga ada berbagai macam acara menarik di area exhibition seperti meet & greet cosplayer, konser mini artis-artis Jepang, dan tentu saja merchandise-merchandise anime yang terbatas.


Di booth Sony kita bisa beli CD artis-artis Jepang seperti LiSA, DJ Kazu, Flow, dan GARNiDELiA serta mendapatkan poster dan autograph.


Booth Banpresto yang memungkinkan kita dapat figure mahal dengan hanya mengeluarkan uang yang sedikit.


Pada Booth Cool Japan Lounge kita bisa melihat penampilan dari Pink Babies dan JKT48.


Booth Good Smile Company yang menawarkan berhala dengan harga yang terjangkau.


Booth AFA Shop yang antriannya panjang sekali


AFA CAFE tetap ramai seperti biasanya


Itasha Hatsune Miku yang keren

Ada 2 area yang menurut kami paling mencolok dan hanya ramai pada saat-saat tertentu yaitu booth Cool Japan Lounge dan area mini stage karena banyak artis-artis Jepang dan cosplayer-cosplayer Internasional yang tampil disana.


Pink Babies yang tampil dengan enerjik


Ying Tze saat berada di mini stage untuk sesi autograph

Acara seru berikutnya adalah sesi talkshow dan mini live dari artis-artis cantik Pony Canyon yaitu MICHI, Yumiri Hanamori, dan Yurika Endo. Mereka masing-masing membawakan 1 lagu : MICHI dengan Cry for the Truth, Yumiri Hanamori dengan Blue Moment, dan terakhir Yurika Endo dengan Monochrome Overdrive yang tentu saja membuat penonton heboh dan mengayun-ayunkan lightstick.

Booth Sony juga tidak mau kalah dengan mendatangkan DJ Kazu. Area sekitar booth Sony pun menjadi ramai. DJ Kazu memainkan banyak lagu anisong populer seperti Kakushitenki Metamaruphose yang membuat penonton berteriak UMARU!, Inner Urge yang membuat penonton berteriak SOX!, Sister Noise, Burst the Gravity, Amazing Break, Namae no Kaibutsu, Ai no Prison, Invoke, Kakumei Dualism, Secret Base, dll.

Kebanyakan lagu baru yang dimainkan DJ Kazu kali ini adalah lagu hasil request dari fansnya di Facebook dan Twitter. DJ Kazu yang berkeringat mengakhiri penampilannya dengan lagu Butterfly yang membuat seluruh penonton bernyanyi bersama. Setelah selesai DJ Kazu mengatakan bahwa orang Indonesia itu HOT karena selalu semangat saat bernyanyi anisong.

Acara di main stage juga tidak kalah seru dengan menampilkan JKT48 dan Pink Babies. Setelah itu juga ada penampilan dari artis anisong, sesi talkshow tentang kostum oleh guest cosplayer dan juga konser anisong dari MICHI, Yumiri Hanamori, dan Yurika Endo.

Di saat yang sama juga ada cosplay competition di area mini stage. 20 cosplayer yang mengikuti konstes ini adalah pilihan para juri dan staff. Masing-masing cosplayer diberikan waktu beberapa menit untuk berpose dan beraksi.


Juara 1 cosplay competition yaitu cosplayer Chalice dari Kamen Rider Blade


Semua peserta cosplay competition


Semua peserta cosplay competition bersama guest cosplayer

Ada hal yang sangat disayangkan saat acara meet & greet dengan Otogi Nekomu. Karena hanya 50 orang saja yang boleh foto bareng dengan Nekomu, situasi menjadi kacau dan dorong-dorongan sehingga banyak anak-anak yang ikut terkena imbasnya. Kami harap kejadian ini tidak terulang lagi.

I LOVE ANISONG CONCERT

Pada malam harinya diselenggarakan konser Anisong yang dibintangi oleh LiSA, Yanagi Nagi, DJ Kazu, dan fripSide. Konser dimulai pada pukul 19.30, sedangkan pintu konser dibuka sekitar pukul 7 malam.

Anisong kali ini dimulai dengan penampilan pertama dari LiSA bersama lagunya “bright flight”. LiSA yang hadir bersama seluruh anggota bandnya sukses mengguncang JIEXPO selama kurang lebih 1 jam dengan lagu-lagunya seperti “crossing field”, “Shirushi” dari seri anime Sword Art Online dan “Rally Go Round” dari seri anime Nisekoi season 2. Hal yang mengejutkan adalah LiSA membawakan lagu “Ichiban no Takaramono” dari seri anime Angel Beats, dan seketika hall JIEXPO langsung hype menyambut lagu galau ini.


Penampilan dari LiSA

Tidak hanya sampai situ, LiSA juga mengajak penontonnya untuk menari mengikutinya. Penasaran seperti apa? Kurang lebih seperti video dibawah ini~

Pada awalnya penonton, termasuk kami, kesulitan mengikuti gerakannya. Lalu LiSA berkata “Oh my God.. Indonesia?!” dan menurunkan tempo lagunya. Ketika penonton sudah bisa melakukan gerakannya, LiSA berteriak “Bagusss..!” dan penonton langsung bersorak-sorak bahagia mendengarnya. Gerakan ini dibawakan pada saat lagu “Electro Lyrical” dan sukses menambah antusiasme penonton Anisong. Pada akhir penampilannya, LiSA berjanji akan datang kembali ke Indonesia dan mengucapkan “Terima kasih” dengan Bahasa Indonesia.

Setlist LiSA Anisong 2015:
・BRiGHT FLiGHT
・crossing field
・Ichiban no Takaramono
・confidence driver
・Elect Lyrical
・Rising Hope
・Rally Go Round
・Shirushi

Setelah break sejenak, DJ Kazu datang ke panggung dan membuka penampilannya dengan lagu “Irony” yang dinyanyikan oleh ClariS dari seri anime OreImo. Banyak lagu-lagu anime baru yang dibawakan oleh DJ Kazu yang membuat para penonton semakin menikmati acara. Pada lagu CHA-LA HEAD-CHA-LA, DJ Kazu henshin menjadi Piccolo dengan mengenakan topengnya dan melempar lightstick berwarna jingga kearah penonton sehingga antusiasme penonton pun semakin meningkat.


DJ Kazu DJ Piccolo

DJ Kazu juga membawakan lagu galau yang dia perdengarkan pada Anisong 2014, yaitu lagu penuh feel “Secret Base” dari seri anime AnoHana. Pada penampilannya, DJ Kazu terlihat sangat enjoy dengan performanya, bahkan dia sampai membawa lightstick untuk menikmati lagu bersama dengan penonton.

Setlist DJ Kazu Anisong 2015:
・ClariS – irony
オーイシマサヨシ – 君じゃなきゃダメみたい
・UNISON SQUARE GARDEN – シュガーソングとビターステップ
・STEREO DIVE FOUNDATION – Renegade
富永TOMMY弘明 – ジョジョ~その血の運命
・angela – シドニア
・Goose house – 光るなら
学園生活部 (水瀬いのり, 小澤亜季, M・A・O, 高橋李依) – ふ・れ・ん・ど・し・た・い
・Petit Rabbit’s – Daydream café
土間うまる (田中あいみ) – かくしん的☆めたまるふぉ~ぜっ!
わか, ふうり, すなお, りすこ – カレンダーガール
影山ヒロノブ – CHA-LA HEAD-CHA-LA
・JAM Project – SKILL
・EGOIST – The Everlasting Guilty Crown
ウルトラタワー – 希望の唄
藍井エイル – IGNITE
・MAN WITH A MISSION Feat. TAKUMA – database
・AKINO from bless4 – 海色
本間芽衣子 (茅野愛衣), 安城鳴子 (戸松遥), 鶴見知利子 (早見沙織) – secret base ~君がくれたもの~ (10 years after Ver.)
・AKINO with bless4 – 創聖のアクエリオン

Artis ketiga yang tampil adalah Yanagi Nagi dengan lagu pertama “Yukitoki” dan dilanjutkan dengan “Harumodoki” dari anime “Oregairu”. Walau ini pertama kalinya Yanagi Nagi menyanyi di Indonesia, namun ia tidak terlihat canggung, dan terlihat menikmati lagu yang dinyanyikannya. Beberapa lagu Yanagi Nagi sangat sejuk di telinga dan di hati, mengurasi rasa panas setelah hampir 2 jam menyanyi bersama para artis Anisong.

Setlist Yanagi Nagi Anisong 2015:
・Yukitoki
・Harumodoki
・Tokohana
・Aqua Terrarium
・Mitsuba no Musubime
・Vidro Moyou
・Laterality
・Zoetrope

Artis terakhir yang akan tampil adalah fripSide, dan mereka tampil dengan full band. Sebagai lagu pembuka, mereka membawakan salah satu lagu terpopuler mereka yaitu “Only My Railgun”, diikuti oleh “LEVEL 5 -judgelight-” dan “Eternal Reality”. Pada kesempatan kali ini, fripSide membawakan hampir semua lagu mereka dari seri anime “To Aru Kagaku no Railgun”. Karena mereka tampil full band, penampilan kedua mereka di Indonesia ini jauh lebih memukau dibanding penampilan mereka 3 tahun sebelumnya.

Tak terasa sudah hampir 4 jam berlalu ketika Yoshino, vokalis fripSide, berkata “last song”. Lagu terakhir yang akan menutup Anisong 2015 adalah “Sister’s noise”. Begitu cepat waktu berlalu, lagu terakhir ini pun usai. Seluruh anggota fripSide mengucapkan terima kasih kepada para penonton. Walaupun para penonton berteriak-teriak “Encore! Encore!”, namun sayang sekali tidak ada encore pada Anisong 2015 hari kedua ini.

Setlist fripSide Anisong 2015:
・Only My Railgun
・LEVEL 5 -judgelight-
・Eternal Reality
・Fortissimo ~from insanity affection~
・Way to answer
・Future Gazer
・Rain of tears
・Black Bullet
・Sister’s noise

Dengan berakhirnya Anisong, dan dengan waktu telah menunjukan pukul 11 lewat, AFAID hari kedua pun berakhir sampai disini. Begitu banyak hal menarik dan unik yang kami nikmati dalam acara tahunan ini namun ada beberapa hal yang membuat kami resah seperti kualitas sound system yang kurang bagus. Dan untuk tahun kedepannya, kami berharap lebih banyak artis-artis yang datang ke Indonesia untuk memeriahkan acara Anisong berikutnya. Sekian liputan dari tim Nippon Club kali ini, sampai jumpa di kesempatan berikutnya!

Sumber gambar: Blog LiSA, Facebook AFA