Tokyo Camii (東京ジャーミイ) merupakan salah satu tempat yang cukup penting bagi umat Islam yang berada di Jepang. Lalu apa itu Tokyo Camii?

Tokyo Camii adalah masjid terbesar di Jepang, dapat menampung sekitar 1200 jemaah. Tokyo Camii terletak di pusat ibukota, tepatnya di daerah Yoyogi-Uehara, hanya menempuh jarak yang singkat dari Shinjuku dan Harajuku,


Tokyo Camii, dalam gambar ini terletak di tengah


Lokasi Tokyo Camii di peta

Bangunan ini memiliki menara dan kubah yang menjulang tinggi sehingga membuatnya menonjol dari arsitek bangunan lain di sekitarnya .

Tokyo Camii dibangun dengan balutan gaya arsitektur Ottoman yang impresif. Bahan bangunannya pun tak tanggung-tanggung didatangkan langsung dari Turki, sebagai daerah pusat kebudayaan Ottoman. Oleh karena itu, bangunan ini mirip dengan Masjid Biru yang berada di Turki.

Asal kata “Camii” inipun berasal dari bahasa Turki, dapat diterjemahkan sebagai “masjid pusat untuk jemaah yang padat dan luas”.

Yuk kita lihat gambar-gambar menakjubkan dari bangunan yang berseni tinggi ini!


Suasana ibadah shalat umat Islam di Jepang, di dalam Tokyo Camii


Ayat dari Quran (kitab suci umat Islam) yang terdapat di salah satu sisi dinding bangunan


Ruang di lantai pertama, dimana diskusi dan pengajaran mengenai Islam diadakan disini


Tempat berwudhu (menyucikan diri dengan air) sebelum ibadah shalat dimulai

Karena keindahan bangunannya inilah, banyak orang yang datang mengunjungi Tokyo Camii. Salah satu contohnya adalah kelompok mahasiswa dari Universitas Atomi yang berkunjung dalam rangka program studi budaya. Selain itu, banyak pengunjung lain yang merasakan kedamaian saat berada di dalam Tokyo Camii ini.


Mahasiswa Universitas Atomi berfoto di Tokyo Camii

Ketika bulan Ramadhan tiba, tempat ini menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan acara berbuka puasa setiap tahunnya. Acara berbuka ini sendiri tak hanya dinikmati oleh umat Islam saja, tapi banyak pula warga lokal Jepang yang ikut serta.

Jadi bagaimana minna? Apakah kalian tertarik berkunjung ke Tokyo Camii?

Source : Nippon.com