Jepang sendiri merupakan negara yang berurusan dengan terorisme. Terorisme telah mendekat ke Jepang, dari luar ataupun dari dalam negara. Tindakan pencegahan yang pertama dalam menangani terorisme atau bahaya lain adalah dengan bersiap-siap, dan untuk membantu orang Jepang lebih mengetahui apa yang harus dilakukan jika terjebak dalam situasi hidup dan mati, Pengguna twitter di Jepang @Yupendy_ memposting informasi pendek yang ia gambar setelah mengikuti latihan persiapan menghadapi terorisme di Amerika Serikat.

Latihan Menghadapi Terorisme
Apa yang harus dilakukan bila anda terjebak di situasi terorisme…

1) Membiasakan diri mengecek dimana pintu keluar dan pintu darurat

2) Tingkat bertahan hidup anda naik secara berarti jika anda berada di dekat tiang besar atau dinding penyekat

3) Jika “sesuatu” terjadi, jangan pergi ke arah itu, melarikan diri adalah pilihan terbaik. Jangan mengambil gambar dengan telepon genggam anda. Jangan jadi penonton. Walaupun anda panik, jangan diam saja.

4) Seandainya ada penembakan ataupun bom, melarikan diri dengan meringkuk. Kepala dapat terlempar hanya dengan ledakan. Menunduk sebisa mungkin dan kabur. Jika kaki anda terluka, merangkak. Pura-pura mati tak akan berhasil.

5) Jika anda tidak melihat siapa saja, jangan pergi mencari mereka. Jika anda tak dapat kabur dari gedung atau area, bersembunyilah sendiri di tempat yang aman.

6) Seandainya ada senjata kimiawi, saputangan dapat menolong, jadi selalu siapkan satu untuk anda jika memungkinkan.

Barang yang dapat menghentikan peluru:
– Dinding yang tidak terbuat dari kayu
– Pohon besar
* Akan lebih baik untuk tidak memikirkan area aman lain

Barang yang tidak dapat menghentikan peluru:
– Tempat sampah
– Vas bunga
– Meja kayu (juga pintu, meja kerja, dinding, dan lainnya)
– Kursi bioskop
– Pintu mobil

Jika anda disandera oleh teroris yang menindas dan membunuh, kesempatan bertahan hidup anda berada dibawah 30%.
Lari *Jangan merekam kejadian* Jangan melawan.

Sangat stres melakukan hidup sehari-hari memikirkan terorisme. Daripada menjadi gila karena takut, lebih baik mencoba dan menerima hal yang diatas sebagai pikiran sehat.

Seperti apa yang dikatakan @Yupendy_, akan lebih baik untuk tidak mencoba dan khawatir berlebihan, dan simpan tips ini di pikiran anda dan membuatnya menjadi bagian dari insting anda.

Dan ada tambahan tips:

Oh! Jika anda sudah lolos, segera matikan telepon genggam anda. Jika telepon genggam itu berbunyi, teroris dapat menemukan anda.

Dan juga, memmbiarkan mulut terbuka dapat mencegah suara ledakan memecahkan gendang telinga anda

Langkah pertama untuk mendamaikan pikiran adalah dengan selalu bersiap untuk menghadapi situasi apapun. Semoga tips ini bermanfaat untuk Minna-san!

Source: rocketnews24