Kuil Fushimi Inari (atau Fushimi Inari Taisha dalam bahasa Jepang) merupakan salah satu tempat yang patut dikunjungi di Kyoto, dengan ribuan pengunjung dari seluruh dunia tiap tahun untuk berjalan dibawah tiang panjang gerbang torii yang menuju hutan gunung Inari.

Selain itu kuil ini bersinar dengan aura mistis pada satu malam spesial setiap bulan Juli, dimana ribuan lentera merah menyala dan digantung sepanjang jalan, menghiasi jalan dengan cahaya yang membuat merinding. Acara tahun ini akan diadakan minggu ini, pada malam 23 Juli.

Fushimi Inari termasuk salah satu dari ribuan kuil yang penting, yang mengabdi pada Inari, dewa beras dalam agama Shinto. Pembawa pesan dewa Inari dipercaya berwujud rubah, yang dapat ditemukan diseluruh pekarangan kuil sebagai patung batu, terkadang menggunakan kain merah seperti pada bagian pintu masuk kuil dibawah.

Selama festival tahunan ini, ribuan lentera merah akan menerangi jalan dengan warna merah yang membuat merinding, menciptakan pemandangan misterius yang terlihat seperti pemandangan dari film animasi Studio Ghibli.

Dalam banyak tradisi musim panas di Kyoto, event ini dikenal dengan sebagai “Yoimi-ya” atau “Festival Malam” yang diselenggarakan di kuil pada malam hari dan dirayakan sebagai “Motomiya-sai”, atau “Festival Kuil Utama”. Event malam spiritual ini telah menjadi bagian utama dari Festival Motomiya, yang diselenggarakan untuk mengekspresikan rasa terima kasih pada dewa untuk berkat yang diterima dalam setahun.

Sementara festival lentera musim panas mempunyai keindahan menakjubkan, cahaya yang redup berarti pengunjung yang datang untuk berdoa perlu berhati-hati dengan jalan yang tidak rata, dan panitia festival memperingatkan para pengunjung untuk tetap terhidrasi dalam malam yang panas dan berhati-hati dengan serangga seperti nyamuk.

Foto-foto diatas menunjukan suasana misterius dan spiritual pada festival malam hari untuk dikenang, dan merupakan cara unik untuk mengunjungi kuil terkenal. Hanya diselenggarakan setiap satu malam setiap tahun, tentunya sayang untuk melewatkan event ini!

Source: rocketnews24