Sebuah sejarah dalam hal pemerintahan baru saja terjadi di Tokyo. Untuk pertama kalinya, seorang wanita mampu menduduki jabatan orang nomor satu di kota yang merupakan ibukota dari negara Jepang tersebut. Pemilihan suara untuk memilih Gubernur Tokyo sendiri diselenggarakan pada Minggu lalu (31/7). Yuriko Koike, yang sebelumnya menjabat Menteri Pertahanan Jepang, berhasil mendapatkan posisi tersebut setelah mengalahkan lawan terdekatnya Hiroya Masuda dengan lebih dari satu juta suara yang memilihnya.


Yuriko Koike merayakan kemenagannya pada hari yang sama setelah hasil pemilihan gubernur diumumkan

“Saya kagum saat melihat suara tiap individu menjadi satu, lalu dapat berubah menjadi gelombang besar,” ungkap Koike kepada wartawan di kantor kampanyenya pada Senin (1/4) setelah merebut kemenangannya.

Pemilihan ini sendiri diselenggarakan sebagai akibat dari gubernur sebelumnya yang mengundurkan diri pada 15 Juni silam setelah dia mengakui telah menggunakan ribuan uang pembayar pajak untuk mendanai perjalanan keluarga dan pembelian karya seni.

Dengan capaian ini, Koike bergabung dengan jajaran wanita lainnya di dunia yang telah berhasil menggoreskan sejarah dengan terpilih untuk memimpin sebuah negara dan kota-kota besar.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bahwa salah satu janji kampanye politiknya apabila terpilih menjadi Gubernur Tokyo adalah ingin mengubah keseluruhan kota Tokyo menjadi “tanah anime”. Tentunya ini akan menjadi sangat menarik untuk direalisasikan terutama untuk para wibu.

Seperti apa Tokyo kedepannya dibawah pemerintahan Koike-san, terlebih untuk menyambut olimpiade yang akan diselenggarakan di kota itu pada 2020 mendatang, kita tunggu saja ya minna!

Source: NBCNews