Indonesia Comic Con (ICC) 2016 akan kembali diselenggarakan!, bersiaplah untuk menyaksikan acara kombinasi yang unik dari budaya Pop Timur dan Barat dalam satu acara epic! ReedPOP melalui Reed Panorama Exhibition (RPE) kembali menyelenggarakan ICC 2016,sebuah acara pop cultureyang lebih besar dan lebih baik, tempat berkumpulpara penggemar sejati, baik penggemar anime, video game, film, TV, mainan, manga, dan yang lainnya untuk berkumpul bersama diakhir pekan pada acara ICC 2016.

ReedPOP adalah pengagas acara New York Comic Con (NYCC), salah satu acara pop culture terbesar di Amerika, yang berhasil menyedot 150.000 pengunjung ditahun 2015. ICC akan menjadi sebuah acara perayaan pop culture kelas dunia; baik bagi penggemar sebagai kolektor sejati, penggemar berat AniManga, penggemar berat film, pengemar kesenian populer, ataupun penggemar dadakan yang penasaran akan trend pop culture di Indonesia. ICC mempunyai segudang acara yang seru dan menyenangkan selama penyelenggaraannya di Jakarta Convetion Center pada tanggal 1 dan 2 Oktober mendatang.

James Boey, selaku General Manager, Reed Panorama Exhibitions / ReedPOP mengatakan, “Kami sangat senang bahwa acara Indonesia Comic Con ditahun sebelumnya diterima dengan baik oleh para fans Pop Culture tidak hanya di Indonesia tapi juga di Asia Tenggara. Mengulang kesuksesan tahun 2015, ICC yang akan kembali diselenggarakan pada bulan Oktober 2016, membawa unsur-unsur kemeriahan dan menangkap aspirasi para fans pop culture dengan menambahkan unsur-unsur baru yang akan membuat ICC 2016 menjadi sebuah perayaan yang lebih luas dan seru. Di tahun 2016 ini, ICC mengembangkan beberapa area seperti Comic Zone, Movie Zone, Star Wars Zone, Family Zone, Gaming Zone. Kami berharap Indonesia Comic Con 2016 dapat menjadi sebuah pengalaman yang selalu dapat diingat oleh para pengunjung nanti.”

“Kami sangat senang bisa menyatukan para penggemar pop culture di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia melalui acara Indonesia Comic Con. New York Comic Con dikenal sebagai ajang pertemuan pop culture terbesar di wilayah pesisir Timur Amerika. Kami sudah tidak sabar ingin memberikan pengalaman yang menyenangkan di Indonesia juga” ujar Mary Franklin, selaku Global Event Director dari ReedPOP.

Perayaan pop culture Barat dan Timur dalam ICC 2016 akan dikemas dengan unik, meriah, dan sesuai dengan semangat kami “We Are Pop Culture”, menghadirkan banyak aktivitas menarik seperti kompetisi cosplay tingkat dunia, panel diskusi, acara live show serta dihadiri oleh para bintang tamu dari dalam negeri dan mancanegara, ditambah lagi dengan acara Secret Walls, dimana seniman mural dari negeri sendiri akan mempersembahkan keahliannya melawan seniman mural dari Hongkong.

Berikut kami informasikan bintang tamu kelas dunia tahap pertama ICC 2016.

Brianna Hildebrand – kiprahnya dalam film layar lebar Deadpool adalah sebuah karya Marvel yang dapat dikatakan berani mengambil resiko dengan karakter keluar dari ranah aman Marvel sebelumnya, bisa dibilang ‘wild’ namun juga lucu. Brianna Hildebrand merupakan salah satu artis yang turut mendukung kesuksesan film Deadpool, berperan sebagai Negasonic Teenage Warhead, seorang tokoh yang didikan X-Menyang memiliki kekuatan peledak tersembunyi. Karakter ini sukses memperkenalkan Brianna Hildebrand ke kancah film Hollywood.

Hiroshi Fujioka – sang legendaris Fujioka dikenal lewat film perdananya dalam film SHOCHIKU pada tahun 1965. Pada masanya saat itu sangat digandrungi para penggemarnya. Fujioka terkenal dalam film serial TV Kamen Rider (Masked Rider) pada tahun 1971. Beliau juga terpilih sebagai pemeran utama untuk film Hollywood yang berjudul Sword Kill (Ghost Warrior) pada tahun 1984, dan menjadi orang Jepang pertama yang ikut keanggotaan untuk acara Screen Actor Guild, juga terkenal sebagai aktor bela diri yang memerankan ‘ZAN’ dan mempunyai banyak keahlian dalam ilmu bela diri. Selain itu Fujioka adalah anggota dari NPO Volunteer group.Pengalamannya juga tercatat banyak menolong kaum sesama di tempat penampungan pengungsi di berbagai negara yang banyak mengalami masalah, untuk membantu dan menolong kaum sesama selama bertahun-tahun.Pada tahun 2015, Fujioka merilis album CD yang berjudul ‘Aikoso Subete Gassyou’, album tersebut dirilis sebagai perayaan yang ke-40 tahun dalam kiprahnya di dunia hiburan.Beliau juga banyak menulis buku, dan telah banyak berkiprah di segala bidang. Fujioka adalah seorang aktor bela diri kawakan dan telah banyak tampil dalam berbagai film, baik film drama, hard action drama, SFX, iklan TV dan lain sebagainya.

Alex Milne – Selama 10 tahun terakhir Alex Milne memberikan kontribusi sebagai seniman buku komik untuk IDW Publishing melalui banyak judul Transformer termasuk seri internasional yang terkenal yaitu More Than Meets The Eye (MTMTE). Alex Milne lahir di Kanada pada tahun 1980 dan telah berkarya di dunia komik semenjak tahun 2004.

Andy Price – seorang seniman komik profesional dibalik kesuksesan komik My Little Pony; Friendship is Magic produksi IDW Publishing. My Little Pony adalah buku komik independen pertama yang berhasil mengalahkan angka penjualan komik DC atau Marvel dalam sembilan tahun terakhir dengan angka fantastis lebih dari 1 juta kopi dengan kurun waktu penjualan kurang dari satu tahun. Karyanya ini meraih Diamond Gem Awards. Sepanjang karirnya, Andy Price telah memberikan banyak kontribusi untuk banyak publishing ternama sepertiDC, Marvel, Archie Comics, Lego, Innovation dan lain-lain.

Stella Chuu – Cosplayer asal New York dan Los Angeles yang sangat berbakat dalam menelurkan imajinasi dan kreatifitas melalui desain kostum cosplay yang brilian, diantaranya adalah Devil Homura, Ivy Valentine dan Master Yi Cosplay. Bakat kreatifnya yang sangat unik dan hobinya berkeliling mancanegara menghadiri banyak acara sejenis di seluruh dunia membuat dia dikenal sebagai salah satu perancang kostum handal dan mendapat ulasan positif dalam berbagai berita seperti Kotaku, Nerdist, Mashable, Tech Insider dan lain-lain.

Tsuyoshi Nonaka – Telah mendedikasikan dirinya dalam dunia mainan dan robot lebih dari 25 tahun di perusahaan Bandai Co.LTD.Karyanya yang terkenal diantaranya adalah Toei Metal Hero Series” (Jiban, Winspectpr, Beetlefighter dan lain-lain) dan seri Super Sentai (dari Zyuranger to Goseiger).Tsuyoshi Nonaka adalah tokoh pencipta dari karakter terkenal Mighty Morphin Power Rangers (aliasKyoryu Sentai ZyuRanger) dan serialHeisei Kamen Rider (dari Kuuga to W). Selain itu, dia pun sukses menciptakan seri mainan dewasa “Chogokin-Damashii” (alias Soul of Chogokin) dan menciptakan kembali tokoh Mazinger Z sebagaikoleksi mainan robot yang bergengsi yang eksklusif sampai saat ini, dia juga menciptakan desain mekanik untuk karakter Mazinkaiser SKL, Shin Mazinger Shōgeki! Z-Hen.

IOSYS – D. Watt adalah seniman multitalenta dari grup musik Jepang yang terkenal “IOSYS”. Talenta luar biasa dia tunjukkan melalui beberapa games popular yang banyak dinikmati penggila games internasional, seperti; Sega, Konami, Taito, Namco. Ramuan musik D.Watt juga dapat dinikmati lewat beberapa soundtrack anime diantaranya “SanshaSanyou”,”YuruYuri”, dan”Etotama”. Tidak hanya sebatas menciptakan musik, D. Watt juga ikut andil dalam penulisan banyak lirik dan skenario untuk girl band “Irodorimidori” dari game SEGA CHUNITHM.

Yuyoyuppe – dikenal sebagai produser dari musik hard rock, metal dan post hardcore, dan anggota kehormatan dari Vocaloid dengan gelar “Legendary Luka Master”. Nama Yuyoyuppe dikenal saat album Babymetal merajai berbagai chart internasional, termasuk duduk diperingkat nomor dua Billboard World Digital Chart selama 6 minggu berturut-turut. Yuyoyuppe tampil di Rock in Japan selama 3 tahun berturut-turut dan berbagai acara musik dunia. Karya-karya Yuyoyuppe juga dapat dinikmati dalam berbagai film seperti Dragon Ball Z: Resurrection dan Monster Musume. Yuyoyuppe adalah artis Jepang yang telah mendapatkan banyak pengakuan dunia internasional.

Is Yuniarto – Beberapa dari karyanya memperoleh penghargaan, diantaranya: Wind Rider dan Garudayana.Aktif mengikuti berbagai pameran komik, serta mengajar di berbagai perguruan tinggi desain dan di Manga Drawing Class Surabaya.Ilustrator dan komikus asal Surabaya ini terpilih sebagai perwakilan Indonesia dalam ajang pameran komik Internasional di Erlangen Jerman.Dan saat ini mengerjakan serial komik Grand Legend Ramayana dan Garudayana.Keduanya telah mendapatkan kontrak untuk diterbitkan dalam bahasa Jepang oleh Digital Catapult Japan. Is Yuniarto akan menerbitkan Garudayana serie 6 hanya di Indonesia Comic Con 2016

Iwan Nazif – berlatar belakang arsitektur, Iwan Nazif memilih terjun untuk menjadi illustrator dan bergabung dengan Red Rocket Animation. Kecintaannya pada dunia komik telah membuatnya banyak menuangkan karyanya melalui komik Indonesia dan Internasional, hingga saat ini ia akhirnya memutuskan untuk bekerja mandiri dan menjadi illustrator profesional. Pengalamannya pernah bekerja di perusahaan Dreamworks untuk komik How to train your Dragon volume 1-8, Titan Komis UK, Darkhorse Comic, Bioware, Hotweels, APE Entertainmnet, Houston Zoo, Carnival Comic dan lain-lain

Alston Stephanus – kegilaannya pada Star Wars ditunjukkan pada kostum cosplay yang dikenakan pada San Diego Comic Con (SDCC) 2014. Cosplay Mega-R2 (gabungan antara karakter Megaman dan R2D2) yang digunakan saat SDCC 2015 merupakan kreasi karyanya dengan memodifikasi helm dan lengan bazooka yang merupakan salah satu hasil produksi lini aksesoris miliknya, Alston Stephanus Accessories. Alston Stephanus terpilih sebagai salah satu finalis dari ribuan peserta dalam kompetisi International D23 Expo 2015 di Anaheim, California dalam kategori Star Wars Mousequerade.

Secret Walls – budaya street graffiti adalah salah satu tonggak pop culture di seluruh dunia. Street graffiti yang awalnya merupakan salah satu bentuk untuk menyuarakan kondisi sosial yang dirasakan masyarakat berkembang menjadi sebuah seni yang diminati dan dihargai oleh banyak kalangan. Secret Walls dalam ICC merupakan sebuah tradisi, menggabungkan graffiti dengan unsur-unsur pop culture lainnya, beberapa artis Indonesia akan bertanding karya mural secara langsung dengan artis mural Hong Kong dalam ICC2016 di Jakarta. Melihat secara langsung dan menikmati semangat serta kreatifitas mereka dalam ICC adalah satu hal yang selalu ditunggu-tunggu.

Acara Championships of Cosplay di Indonesia Comic Con 2016 adalah sebuah acara kejuaraan Cosplay paling bergensi, dimana kostum cosplay diperlombakan sampai ke tingkat dunia. Acaranya akan dielenggarakan pada tanggal 2 Oktober 2016 hanya di Indonesia Comic Con 2016 bertempat di Jakarta Convention Center.

Pemenang dari kejuaraan ini nantinya akan mewakili Indonesia di acara ‘2017 Chicago Comic & Entertainment Expo’ (C2E2) yang akan bertanding bersama para finalis dari berbagai dunia untuk memenangkan juara Cosplay tingkat dunia di Chicago. C2E2 adalah sebuah ajang acara buku komik dan budaya populer terbaru dan terkini baik untuk dunia komik, perfilman, pertelevisian, permainan, anime, manga, dan video game, yang dikemas sangat sempurna pada akhir pekan untuk memeriahkan budaya populer di kota Chicago.

Tiket kelas Early bird tersedia secara online melalui www.indonesiacomiccon.com dan tiket box resmi rekanan kami seperti di Alfamart Group, Indomaret, Panorama Tours dan Travelicious:

Pre-sale 1 (Periode pembelian: 11 Juli – 20 Agustus 2016)
HTM 1 hari – Rp. 80.000
HTM 2 hari – Rp. 150.000

Pre-sale 2 (Periode pembelian :21 Agustus – 28 September 2016)
HTM 1 hari – Rp. 90.000
HTM 2 hari – Rp. 170.000

Pembelian di lokasi acara di gerai tiket box resmi( pembelian tanggal 1 dan 2 Oktober 2016)
HTM 1 hari – IDR 120.000
HTM 2 hari – IDR 200.000

Untuk Token dan VIP Packages hanya dapat dibeli melalui www.indonesiacomiccon.com

Informasi selengkapnya mengenai Indonesia Comic Con 2016 dapat dilihat melalui:
www.indonesiacomiccon.com
@IndoComicCon
IG: indocomiccon
Fb: Indonesia Comic Con
Youtube: Indonesia Comic Con
Dengan hashtag resmi #IndonesiaComicCon

Artikel ini merupakan siaran pers dari pihak penyelenggara Indonesia Comic Con (ICC) 2016

Source: ICC 2016 Official Site