Penguatan positif cenderung lebih efektif dibandingkan hukuman dalam mempengaruhi perilaku manusia. Hal itu memang memunculkan sedikit masalah, meskipun, dalam menyikapi masalah orang yang menggunakan smartphone saat mengendarai kendaraan.

Sementara kerugian potensial akan menggunakan smartphone anda dapat menyebabkan kecelakaan dan kematian, sulit bagi orang untuk melihat “hadiah” dalam menahan diri dari aktivitas itu. Bagaimanapun juga, tidak seperti memainkan biola dengan smartphone akan membuatmu lebih hidup dari yang sekarang, dan tanpa perasaan seperti mendapatkan sesuatu, godaan untuk mengintip layar smartphone menjadi kuat.

Namun penyedia telekomunikasi di Jepang, AU, dan perusahaan mobil Toyota telah menemukan cara untuk membuat orang berkendara secara aman, dalam bentuk aplikasi smartphone yang disebut dengan Driving Barista.


Aplikasi ini meminta pengemudi untuk mengaktifkannya sebelum berkendara, kemudian letakan layar smartphone dibawah permukaan datar seperti konsol tengah. Saat berlangsung, aplikasi tersebut akan merekam seberapa jauh anda telah berkendara, dan ketika anda mencapai 100 kilometer, anda akan mendapatkan kupon untuk secangkir kopi gratis di warung kopi populer bernama Komeda Coffee, dimana kupon itu ditebus dengan cara menunjukan smartphone anda ke server. Setelah 100 kilometer, anda akan mendapatkan kupon untuk setiap 200 meter yang dijangkau.

Jika giroskop smartphone anda mendeteksi kalau smartphone telah diserahkan saat mobil masih bergerak, aplikasi tersebut akan mengulangkan lagi jarak yang telah ditempuh. Dan juga akan menunjukan pesan yang bertuliskan gagal dengan huruf besar dan gambar kopi tumpah.

Untuk sekarang, aplikasi ini hanya dapat digunakan di wilayah Prefektur Aichi, dan ada 2 alasan. Aichi adalah lokasi markas utama Toyota berada, dan mempunyai kasus kecelakaan fatal dibandingkan dengan prefektur lain di Jepang selama 13 tahun. Nyawa 213 orang hilang pada kecelakaan di jalan-jalan Aichi pada 2015.

Tidak diketahui bila Driving Barista akan dikembangkan untuk seluruh Jepang, namun anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui iTunes dan untuk Android.

Source: rocketnews24.com