Hai minna-san! Apakah ada di antara kalian mempunyai hobi membaca komik di waktu senggang? Kalau iya, apakah kebanyakan di antara kalian harus pergi membeli ke toko fisik dan banyak keluar ongkos di jalan? Nah, kali ini Nippon Club diberi kesempatan oleh MangaMon, salah satu toko online yang mengusung tagline “Toko Komik Digital Terbesar di Indonesia!”, untuk me-review situs mereka! Kira-kira apa saja ya yang ada di situs mereka?

Untuk mengakses situs MangaMon, langkah pertama yang harus kita lakukan tentu saja menulis dulu alamatnya, yaitu https://www.mangamon.id/, setelah itu akan muncul halaman muka yang seperti ini:


Terdiri dari empat menu utama, “TOP”, “Pilih Komik/Manga”, “Artikel”, dan “Promo & Lomba/Kontes”.

“TOP” merupakan menu utama yang menampilkan komik/manga utama dan berbagai rekomendasi konten yang populer di para pembaca beserta banner visual dari event-event yang diselenggarakan baik oleh MangaMon maupun dari penyelenggara yang telah bekerjasama dengan Mangamon.


Sementara itu, “Pilih Komik/Manga” merupakan menu yang nantinya ketika kita pilih maka akan terdiri dari empat kategori pilihan komik sesuai usianya, yaitu:
– Remaja Putra
– Remaja Putri
– Dewasa
– Anak-anak

Setelah itu, nantinya akan ada berbagai daftar manga yang direkomendasikan oleh MangaMon untuk dibeli oleh para pembaca. Akan ada dua opsi, yaitu “Beli” dengan jumlah kredit yang sudah ditentukan oleh MangaMon untuk pembelian setiap manga, dan juga ada fitur “Preview”, jadi kita bisa melihat terlebih dahulu manga yang ingin kita baca secara singkat sebelum memutuskan untuk membelinya, meskipun tidak seluruh manga yang dijual memiliki fitur kedua ini.



Contoh salah satu chapter dari manga “One Piece” yang kami lihat versi preview-nya

Menu “Artikel” memuat artikel-artikel baik laporan event, berita anime, berita manga, dan juga interview yang ditulis oleh tim jurnalistik dari MangaMon.


Masuk ke menu terakhir yaitu “Promo & Lomba/Kontes” yang menampilkan berbagai berita khusus baik yang sedang berlangsung seperti event-event yang diadakan oleh Mangamon maupun event-event yang sudah selesai baik merupakan event MangaMon sendiri maupun event yang diselenggarakan oleh pihak-pihak yang telah bekerjasama dengan MangaMon.


Setelah menelusuri laman dari MangaMon, menurut kami desain dari situs ini sudah memanjakan kami sebagai pembacanya. Tampilan yang bewarna-warni tentunya membuat kita sebagai pembaca tidak akan bosan dalam mengakses berbagai menu dan pilihan yang tersedia saat sedang mencari-cari komik yang kita akan beli. Fasilitas chat yang terdapat di bagian pojok kanan bawah juga memungkinkan interaksi antara para pembaca dan administrator laman MangaMon untuk dapat bertanya berbagai macam hal mengenai MangaMon. Selain itu penggolongan per kategori dari manga-manga secara teratur juga memudahkan para pembaca untuk dapat memilih berdasarkan kebutuhan mereka masing-masing.

Namun menurut kami ada beberapa hal yang perlu lebih disesuaikan lagi, seperti misalnya bagian “Rekomendasi dan Artikel” yang muncul di menu “Pilih Komik/Manga” agar sebaiknya dapat ditampilkan hanya di menu “Artikel” saja, agar masing-masing menu mendapatkan fungsinya masing-masing. Untuk Alliance/Aliansi mungkin lebih baik ditampilkan di bagian header ataupun footer dari situs ini sehingga pembaca tidak perlu melakukan scrolling untuk mengetahui pihak-pihak mana saja yang telah menjadi bagian dari kerjasama MangaMon.

Sebagai penutup, kami dari Nippon Club berharap agar MangaMon semakin sukses dan semoga bisa lebih menarik hati para pembaca komik di tanah air untuk beralih ke toko komik digital yang sudah tentu resmi seperti MangaMon! Sekian review dari kami dan jangan lupa ya minna untuk mengunjungi MangaMon di tautan ini!