Halo minna-san~ Pada kesempatan kali ini Nippon Club akan membahas sesi talkshow dengan legenda Kamen Rider Ichigo yaitu Hiroshi Fujioka dengan tema “Kamen Rider Ichigo and Giving Back to Society” yang berlangsung pada hari pertama event Indonesia Comic Con 2016. Ini adalah salah satu kesempatan langka yang pastinya tidak ingin dilewatkan oleh pecinta seri Kamen Rider karena beliau hanya datang pada hari pertama dikarenakan harus kembali lagi ke Jepang keesokan harinya untuk shooting dorama.

Bagi kalian yang belum mengetahui tentang sosok Hiroshi Fujioka, selain memerankan Takeshi Hongo (Kamen Rider Ichigo) pada tahun 1971, beliau juga dikenal sebagai Segata Sanshiro yang merupakan maskot dari Sega Saturn. Beliau juga seorang samurai, ahli bela diri, aktor Hollywood dan anggota dari grup relawan NPO (Non-Profit Organization). Belakangan ini beliau juga membintangi sebuah dorama dan berperan sebagai Honda Tadakatsu.

Berikut adalah hasil talkshow dengan Hiroshi Fujioka:
H: Hiroshi Fujioka

Q: Bagaimana perasaan Hiroshi Fujioka saat datang ke Indonesia Comic Con 2016?
H: Indonesia sangat menakjubkan sekali. Orangnya ramah-ramah dan sopan. Saya sangat terkesan bisa datang ke Indonesia.

Q: Tanpa terasa, usia seri Kamen Rider sekarang sudah mencapai 45 tahun dan masih populer. Bagaimana perasaan Hiroshi Fujioka dan mengapa muncul lagi sebagai sosok Takeshi Hongo?
H: Kamen Rider adalah sosok pahlawan yang abadi dan saya ingin menyampaikan pada para fans kalau Kamen Rider itu adlah pahlawan yang menyampaikan cinta, keadilan, keberanian, dan mimpi. Saya ingin kembali lagi sebagai sosok pahlawan itu.

Q: Selain memerankan sosok Kamen Rider Ichigo, Hiroshi Fujioka juga menjadi aktor di film lain. Darimana semua itu berawal? dan apakah arti seni bela diri bagi sosok Hiroshi Fujioka? dan bagaimanakah peran samurai dalam kehidupan?
H: Saya mendaptkan pendidikan bela dari dari kedua orang tua saya yang jmerupakan ahli bela diri. Ajaran dari mereka lah yang membentuk gaya hidup saya dan itu adalah awal mula kenapa saya menjadi samurai dan aktor samurai. Saya juga belajar dari seni bela diri bahwa ketika saya jatuh, saya tidak boleh menyerah dan saya harus langung berdiri. Saya juga banyak mendapatkan pelajaran dari senin bela diri yang salah satunya adalah ketetapan hati. Saya juga menetapkan samurai spirit dalam hidup sampai sekarang. Sampai sekarang saya juga masih berlatih samurai. Penting untuk kita untuk mempunyai rasa kasih sayang dalam melindungi orang lain. Kita juga harus berjuang untuk diri kita sendiri dan orang banyak. Semua itulah yang menjadi hal utama dalam perjalanan karir saya.

Q: Apa yang sedang Hiroshi Fujioka kerjakan sekarang dan apakah ada proyek baru?
H: Saya baru menyelesaikan taiga dorama dan sekarang ada tawaran dari Amerika untuk film baru. Saya juga sedang shooting seri dorama di jepang.

Q: Hiroshi Fujioka sering melakukan kegiatan volunteer, bahkan Hiroshi Fujioka pernah pergi ke Iran untuk mengunjungi anak-anak kecil yang sedang kesusahan. Kemarin (Jumat, 30 September 2016) juga sempat mengunjungi sebuah panti asuhan di Jakarta. Bisa ceritakan pengalaman anda?
H: Saya sudah menemui banyak anak kecil di seluruh dunia dan saya merasa bahwa mereka adalah pondasi dunia. Saat bertemu, mereka sangat bersemangat dan matanya berbinar-binar. Saya merasa senang sekali. Saya punya pandangan kalau anak-anak ini adalah harta dan yang akan menjalani generasi mendatang. Pada dasarnya, anak-anak itu sama semua entah darimana asalnya.

Q: Mengapa Hiroshi Fujioka (藤岡 弘,) mempunyai koma di belakang nama?
H: Kalau di Jepang ada satu kata yang artinya belum matang (mikansei). Karena saya belum matang dan belum sempurna jadi saya menambahkan koma. Untuk selalu melihat kembali ke diri saya sendiri agar kedepannya bisa menjadi lebih baik.

Q: Sebagai seorang samurai, aktor, dan petualang, apakah Hiroshi Fujioka selalu membawa sesuatu?
H: Saya selalu mebawa mental dan spirit jadi dalam hal apapun agar selalu siap.

Berikutnya dalah sesi pertanyaan dari penonton:

Q: Jikalau sedang dalam kesusahan, adakah kata-kata yang disukai sebagai penyemangat?
H: Dalam hidup, kita tidak boleh mudah menyerah. Umpamanya jika ada tembok yang sedang mengahalangi kita, kita hajar saja.Ada peribahasa dalam Bushido yaitu Hito Fukutsu yang berarti sebagai manusia kita harus gigih, tidak mau menyerah, jangan ke kanan atau kiri, lurus saja untuk menghadapi semua rintangan.

Q: Mengapa di film terbarunya tidak pakai helm?
H: Hmmmmmmm karena saat saya berubah baru pakai helm. (sambil tertawa)

Momen yang ditunggu-tunggu pun tiba saat MC menanyakan pada para fans apa yang ingin disampaikan pada Hiroshi Fujioka. Tentu saja, para fans berteriak-teriak meminta Hiroshi Fujioka untuk melakukan pose henshin. Sayangnya, Hiroshi Fujioka menolak permintaan tersebut dengan mengatakan “Mohon maaf, saya hanya bisa henshin saat dalam keadaan hidup dan mati” yang langsung membuat penonton kecewa.

Tapi kekecewaan itu pun dibalas dengan Hiroshi Fujioka yang menyanyikan lagu opening dari Kamen Rider Ichigo yaitu “Let’s Go!! Rider Kick” bersama-sama dengan para fans. Setelah itu, anak-anak panti asuhan yang dikunjungi Hiroshi Fujioka pada Jumat lalu diundang naik ke atas panggung.

Dalam foto-foto di atas bisa dilihat sosok Hiroshi Fujioka sebagai pahlawan di film dan juga dunia nyata. Hiroshi Fujioka juga memberikan uang sebesar 10 juta rupiah untuk anak-anak panti asuhan ini.

Hiroshi Fujioka juga memberikan 3 buah DVD film terbarunya yaitu Kamen Rider Ichigo(2016) kepada 3 orang yang beruntung.

Di akhir sesi talkshow, KOMUTOKU (Komunitas Tokusatsu) memberikan sebuah t-shirt untuk Hiroshi Fujioka sebagai kenang-kenangan dan juga apresiasi karena sudah datang jauh-jauh dari Jepang untuk mengunjungi Indonesia.

Dalam tahun ini ada beberapa aktor Kamen Rider yang mengunjungi Indonesia contohnya saja Shu Watanabe (Kamen Rider OOO), Tetsuo Kurata (Kamen Rider Black dan RX) dan yang terakhir Hiroshi Fujioka (Kamen rider Ichigo). Semoga tahun depan akan banyak lagi aktor Kamen Rider datang ke Indonesia sehingga bisa memberikan inspirasi kepada anak-anak di Indonesia agar bisa menjadi sosok pahlawan bagi orang banyak.

Terima kasih untuk minna-san yang sudah membaca artikel liputan mengenal lebih jauh sosok legenda Kamen Rider Ichigo Hiroshi Fujioka dari tim jurnalistik Nippon Club kali ini. Sampai jumpa di artikel liputan berikutnya!