Operator kereta di salah satu prefektur Jepang, yaitu Aomori sudah mulai mengoperasikan kereta yang didalamnya dipasang kompor batu bara tradisional. Kereta tersebut nantinya menghubungkan antara kota Goshogawara dan kota Nakadomari dan sudah menjadi fitur tahunan di wilayah tersebut. Setiap dua gerbong akan dipasangkan dua kompor.

Lebih dari 30 turis dari dalam maupun luar negeri sudah mencoba “kereta kompor” yang pertama kali dioperasikan pada hari Selasa (1/12) kemarin yang terdapat di salah satu stasiun di kota Goshogawara.

Para penumpang tidak dapat menikmati pemandangan salju dari balik jendela karena hujan namun mereka tetap bisa menikmati perjalanan sambil menghangatkan diri dan juga menikmati sake dan cumi-cumi kering. Seorang pria yang berusia 70-an dari prefektur Yamanashi mengatakan bahwa dia senang karena akhirnya bisa menikmati kereta ini. Kereta kompor ini akan terus beroperasi hingga akhir Maret.

Sedikit informasi mengenai stasiun kereta yang berada di kota Goshogawara yaitu Tsugaru Railway yang didapat dari situs ini.

Alamat : 39 Omachi, Goshogawara-shi, Aomori 037-0063
Telepon : 0173-34-2148
Fax : 0173-34-2149
Periode : Furin Summer Train (1 Juli – 31 Agustus setiap tahunnya), Suzumushi Autumn Train (1 September – Pertengahan Oktober, dengan waktu yang dapat berubah-rubah), Stove Winter Train (1 Desember – 31 Maret setiap tahunnya)
Tutup : –
Harga : Stasiun Tsugaru Goshogawara menuju Stasiun Kanagi (25 menit perjalanan) untuk orang dewasa ¥950 (sekitar 113.000 rupiah), untuk anak-anak ¥680 (sekitar 81.000 rupiah)
Wi-Fi : Tidak Tersedia
Situs resmi : Tsugaru Railways Co., Ltd.(Japanese) .

Jadi bagaimana nih minna? Sudah siapkah kalian meluangkan waktu untuk mencoba sensasi kereta musim dingin di Jepang?

Source: NHKWorld