Miya, seorang pengguna Twitter asal Jepang dengan username @gu_max_, dulunya menghadapi suatu masalah. Keluarganya mengurus sebuah bisnis penginapan Jepang atau yang disebut ryokan di Prefektur Okayama yang bernama Koma no O Sanso. Penginapan dengan nuansa tradisional Jepang yang indah ini terletak di daerah pegunungan, dikelilingi oleh pemandangan hutan serta difasilitasi dengan pemandian terbuka.


Meski terlihat seperti tempat yang indah dan menawan untuk bermalam, keluarga Miya merasa kesulitan untuk mendapatkan pengunjung ke penginapan mereka yang terletak di kota pinggiran Mimasaka. Walau biasanya ada kesibukan saat liburan seperti tahun baru dan Golden Week (liburan panjang di Jepang pada akhir April hingga awal Mei), penginapan ini harus berjuang untuk mengisi kamar kosong yang mereka telah sediakan untuk hari lainnya sepanjang tahun, sehingga nenek Miya selaku pemiliknya berencana untuk menutup bisnis keluarganya.

Namun, Miya berencana untuk menyelamatkan bisnis keluarganya ini. Mengaku sebagai seorang otaku yang menggemari anime, ia kuliah di Osaka dan bertemu banyak orang dengan minat yang sama dengan dirinya. Setelah melihat foto-foto Koma no O Sanso, salah satu dari temannya datang ke penginapan ini dengan tujuan untuk mengambil foto cosplay di lokasi ini. Miya pun kemudian memutuskan untuk mempromosikan Koma no O Sanso tidak hanya sebagai hotel, namun juga sebagai lokasi pengambilan foto untuk cosplay. Miya pub mencoba untuk menjangkau komunitas otaku di Twitter, dan mengirim tweet yang menceritakan kondisi penginapannya dan menanyakan “Bagaimana kalau (anda melakukan) cosplay di penginapan kami?”. Foto-foto yang dia lampirkan juga kelihatan cocok sebagai latar belakang cosplay untuk serial anime apapun dengan tema historis atau motif tradisional, dan Miya sendiri merekomendasikan bagi para cosplayer untuk ber-cosplay sebagai karakter dari “My Neighbor Totoro”, “Princess Mononoke”, “Touken Ranbu”, dan terutama “Naruto”, karena Prefektur Okayama merupakan tempat kelahiran pembuat manga yang mendunia itu, Masashi Kishimoto.

Sebagai bukti tambahan bahwa Koma no O Sanso dapat memberi kontribusi untuk mengakomodasi para cosplayer, penginapan juga akan menyewakan properti dan kimono, serta membantu para tamu yang kurang yakin bagaimana mengenakan pakaiannya.


Selain diperbolehkan untuk menginap di ruangan yang disediakan, para cosplayer juga bisa memesan ruangan khusus dengan diskon untuk dipakai di siang hari. Sejauh ini, kira-kira ada 50 pihak yang telah menghubungi Miya untuk bisa melakukan sesi pemotretan cosplay di penginapannya, dan tanggapan luar biasa yang dia dapatkan telah mendorongnya untuk membuat akun Twitter yang didedikasikan untuk menangani permintaan cosplay.

Jadi minna, jika kalian para cosplayer yang berminat datang langsung ke Jepang untuk cosplay atau hanya ingin sekedar menikmati keindahan alam pegunungan, akun Twitter tersebut bisa dilihat dengan meng-klik tautan ini.

Source: RocketNews24

Artikel ini ditulis oleh Genshin