Haruki Murakami, novelis terkenal asal Jepang, dalam waktu dekat akan segera merilis karya barunya yang berjudul “Kishidancho Goroshi” atau “Killing Commendatore”. Menurut Penerbit Shinchosha selaku penerbit dari novel tersebut, novel karangan Murakami ini akan mulai dijual di Jepang pada tanggal 24 Februari mendatang meskipun belum diketahui kapan novel tersebut akan beredar di luar Jepang. Menurut pernyataan yang diberikan dari pihak penerbit, dalam novel tersebut akan dibagi menjadi 2 bagian, yang jika diartikan dari Bahasa Jepang akan memiliki arti “Ide yang Keluar” untuk bagian pertama dan “Kiasan yang Bergerak” untuk bagian kedua.

Jika melihat judul dari kedua bagian tersebut, nampaknya karya Murakami kali ini akan berbeda dari karya-karya sebelumnya. Pihak Shinchosha mengatakan bahwa akan ada petunjuk-petunjuk lainnya di waktu yang akan datang. Sedangkan Murakami sendiri mendeskripsikan buku barunya ini dengan “cerita yang sangat aneh”.


Murakami yang sudah berusia 67 tahun, mulai menulis sambil menjalankan usaha bar di Tokyo setelah menyelesaikan kuliahnya. Karya pertamanya yang mendapatkan predikat Best-Seller adalah sebuah novel romantis yang berjudul “Norwegian Wood”, dirilis pada tahun 1987. Novel terakhir yang dibuat oleh Murakami adalah “Colorless Tsukuru Tazaki and His Years of Pilgrimage” yang dirilis pada 2013 yang lalu dan pada tahun 2014 dia membuat buku yang berjudul “Men without Women” yang berisi kumpulan cerita pendek. Sedangkan salah satu buku terlaris Murakami adalah “1Q84” yang dirilis pada tahun 2009. Buku tersebut menjadi salah satu buku terpanjang yang pernah dibuat oleh Murakami. Buku tersebut dirilis dalam tiga jilid pada versi Jepangnya.

Siapa yang sudah tidak sabar menunggu bukunya? Semoga bukunya dirilis dalam versi Bahasa Indonesia-nya juga ya.

Source: The Jakarta Post

Artikel ditulis oleh Ponyonyon