Situs Technology Online dari surat kabar keuangan Jepang Nikkei, pada Selasa lalu (31/2) mengabarkan bahwa Nintendo sekarang sedang mengembangkan console handheld penerus Nintendo 3DS, yang direncanakan akan dirilis sekitar tahun 2018. Berita tersebut menyatakan bahwa spesifikasi console handheld tersebut nantinya akan didasarkan pada sukses atau tidaknya sistem hybrid home dan handheld pada Nintendo Switch yang akan segera dirilis. Jika Switch berhasil, maka Nintendo berkemungkinan akan mengembangkan penerus 3DS ini sebagai versi “Slim”-nya Nintendo Switch, berukuran lebih kecil yang dirancang agar tidak rusak dengan mudah ketika terjatuh.

Berita lain juga muncul dari koran Kyoto Shinbun terkait dengan rencana tersebut. Tatsumi Kimishima selaku Presiden Nintendo mengatakan bahwa perusahaannya akan memiliki target kebutuhan dan pasar yang berbeda dari Switch, serta akan membedakan handheld yang akan datang dengan Switch dari faktor harga dan bentuk. Ia juga menambahkan bahwa perusahaannya sedang mendiskusikan pengembangan handheld hipotetis ini.

Nintendo meluncurkan console handheld berlayar dua, Nintendo 3DS, pada tahun 2011 sebagai penerus dari Nintendo DS. Sementara itu, untuk versi New Nintendo 3DS keluar tahun 2014 silam.

Platform hybrid antara home dan handheld, Nintendo Switch, akan diluncurkan pada tanggal 3 Maret mendatang di Jepang, Amerika Serikat, Kanada, beberapa negara di Eropa, Hong Kong, dan daerah lainnya. Switch akan dihargai 29.980 yen (sekitar 3.548.660 rupiah) di Jepang dan 299,99 dollar AS (sekitar 4.000.000 rupiah) di Amerika Utara.

Pihak Nintendo berkata bahwa Switch tidak cocok dengan disc game Wii U maupun kartu Nintendo 3DS, serta menambahkan bahwa Nintendo Switch dirancang bukan sebagai penerus kedua console tersebut. Namun, Nintendo tidak memberi kepastian mengenai kemampuan Switch untuk memainkan game dari console sebelumnya melalui digital download maupun emulation.

Bagaimana minna, apakah kalian tertarik dengan konsol terbaru penerus 3DS ini?

Source: Anime News Network

Artikel ditulis oleh Genshin