Eksperimen yang dilakukan oleh Jepang dengan tujuan membersihkan sampah dari orbit bumi gagal dilakukan. Diperkirakan lebih dari 100 juta potongan sampah sisa dari satelit lama dan roket mengorbit bumi. Ilmuwan menyatakan bahwa hal ini bisa menimbulkan risiko untuk ekspedisi luar angkasa yang akan datang.

Untuk membersihkan sampah-sampah tersebut, ilmuwan dari Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) pada mulanya melakukan sebuah eksperimen menggunakan sebuah tali elektrik yang terbuat dari campuran stainless steel dan aluminium. Tali ini akan memperlambat kecepatan orbit sampah sehingga jatuh kembali ke atmosfer bumi dan terbakar sebelum mencapai permukaan.

Tali sepanjang 700 meter ini dibuat dan akan keluar dari sebuah kapal kargo yang mengangkut kebutuhan para astronot di International Space Station (ISS) pada Desember lalu. Namun, terjadi masalah saat eksperimen tersebut dijalankan. Para teknisi berusaha selama berhari-hari untuk memperbaiki tetapi kapal tersebut hanya mendapatkan waktu seminggu untuk melaksanakan tugasnya sebelum kembali ke bumi.

Koichi Inoue selaku ketua ilmuwan mengatakan bahwa tali tersebut tidak berhasil dikeluarkan sehingga tugas tersebut berakhir dengan kegagalan. Peristiwa ini memberikan kekecewaan yang mendalam kepada JAXA yang baru saja melepaskan sebuah satelit dengan teknologi tinggi yang bertugas mencari sinar X dari lubang hitam. JAXA terpaksa melepaskan satelit tersebut setelah kehilangan kontak dengan satelit tersebut.

Bagaimana minna, apakah mereka akan kembali melakukan eksperimen serupa?

Source: JapanToday

Artikel ini ditulis oleh Radclyffe