Pada 8 Maret yang lalu, pemerintah Jepang melalui Badan Pemerintah Jepang untuk Urusan Budaya, mengumumkan 18 nama yang akan menerima penghargaan Menteri Pendidikan untuk seni rupa tahun 2016. Penghargaan ini diberikan untuk menghargai orang-orang yang memberikan dampak positif pada 11 kategori di industri kesenian Jepang. Nana Mizuki dan Masashi Kishimoto pernah mendapatkan penghargaan ini.

Terdapat beberapa nama terkenal pada tahun ini, seperti Sunao Katabuchi yang merupakan sutradara dari film adaptasi Kono Sekai no Katasumi ni yang juga memenangkan penghargaan Animation of the Year pada ajang Japan Academy Prize Award ke-40. Ada juga Hideaki Anno yang sekarang menjalankan studio anime pribadinya yaitu Studio Khara dan pernah menjabat sebagai sutradara untuk film Shin Godzilla yang menjadi film live-action terlaris pada tahun lalu dengan keuntungan 8,25 miliar yen (sekitar Rp. 960 miliar). Hideaki Anno sendiri terkenal dengan karyanya yaitu seri Evangelion.


Sunao Katabuchi


Hideaki Anno

Selain Katabuchi dan Anno, Osamu Akimoto, pengarang Kochira Katsushika-ku Kameari Kouen Mae Hashutsujo atau KochiKame, yang baru saja menyelesaikan serialisasinya setelah 40 tahun pada September tahun lalu juga terpilih pada penghargaan ini.


Cover manga KochiKame volume 1 dan 200

Orang-orang yang mendapatkan penghargaan ini akan diberikan hadiah sebesar 300.000 yen (sekitar Rp. 35 juta). Acara pemberian penghargaan akan diberikan pada 15 Maret di Hotel Toshi Center.

Wah, seru nih minna, selamat ya bagi para seniman yang mendapatkan penghargaan ini!

Source: Crunchyroll

Artikel ini ditulis oleh Ponyonyon