Jakarta, 21 Maret 2017 – Event organiser, SOZO yang dengan sukses telah mengelola salah satu event pop culture Jepang terbesar di Indonesia, Anime Festival Asia, mengumumkan sebuah event baru bernama Creators Super Fest. Acara ini difokuskan bagi Creators lokal, yaitu para seniman yang telah mendedikasikan diri mereka untuk menciptakan karya sebagai persembahan untuk seri favorit mereka serta karya asli mereka sendiri.

Creators Super Fest akan diadakan di Grand Ballroom Hotel Pullman Central Park Jakarta pada tanggal 29-30 April 2017. Festival ini akan merayakan dan menyatukan kreator-kreator di sekitarnya. Pengunjung tidak hanya bisa membeli fan-made merchandise, tapi juga bisa memuaskan diri dalam berbagai pertunjukan, workshop, dan konser.

Menyambut Antusiasme Kreator Lokal

Creators Super Fest berasal dari Creators Hub di Anime Festival Asia, yaitu area yang mempromosikan seniman lokal dan mendukung mereka untuk membuat karya seni mereka sendiri, baik dalam bentuk cetakan, musik, maupun kerajinan. Area Creators Hub tetap menjadi salah satu bagian paling populer di Anime Festival Asia. Direktur Pengatur SOZO, Shawn Chin berkata, “Setiap tahun, kami terkejut akan tanggapan luar biasa dari komunitas lokal pada kami. Kami merasa bahwa acara yang didedikasikan untuk para kreator akan mampu untuk tetap mendukung kreativitas sepositif itu.”

Bertemu Artis Profesional

Selain kreator lokal, Creators Super Fest juga akan mengundang dua seniman profesional: John Hathway dan Okita Kung.

John Hathway


Seorang penduduk asli Jepang, John Hathway memiliki gelar Master di Fisika Terapa dari Universitas Tokyo. Dengan menggunakan pengetahuannya tentang fisika, karya-karyanya biasanya bertemakan science fiction. John hathway juga merupakan perwakilan dari Jepang pada “Juxtapoz x Superflat Exhibition” dan merupakan artis terkenal di Jepang, serta telah mengadakan beberapa pameran di luar negeri.

Okita Kung


Artis asal Thailand, Okita Kung memiliki lebih dari 82.000 followers di Pixiv dan 18.000 di Twitter. Pada umur 26 tahun, ia telah mendapatkan gelar Desainer Karakter 2D di ARK Studio Bangkok. Dia telah menciptakan banyak karakter game untuk berbagai game mobile Jepang.

Belajar dari Cosplayer Ternama

Para cosplayer yang baru saja memulai hobi ini bisa menyaksikan workshop cosplay yang menghadirkan cosplayer selebriti berpengalaman dari China, Malaysia, Hong Kong, dan Indonesia. Di sana juga akan ada slot meet-and-greet untuk fans.

Hana dan Baozi


Cosplayer terkenal asal China, duo hebat ini telah mengumpulkan banyak fans yang mengikuti mereka. Mereka ahli dalam pembuatan prop dan make-up. Keduanya telah meluncurkan perusahaan kosmetik mereka sendiri pada awal tahun ini.

Ying Tze


Seorang cosplayer terkenal Malaysia, Ying Tze yang dulunya seorang pelajar fashion design, dengan pengetahuannya, dia membuat sebagian besar kostum yang ia pakai. Dia juga terkenal menjaga fansnya dengan baik.

M.G.


Dicari dari Cosplay All-stars Network SOZO, M.G. adalah cosplayer terkenal di Hong Kong. Setelah menetap di Australia selama beberapa saat, dia juga fasih dalam berbahasa Inggris. Saat sedang tidak cosplay, M.G. juga senang menggambar dan mewarnai dan dia juga artis doujin berbakat.

Cosplay All-stars Network adalah database cosplayer baru SOZO yang bertujuan untuk mendidik cosplayer amatir. Klien dan event bisa mengajak cosplayer melalui jaringan ini untuk mempromosikan produk dan jasa mereka.

Cosplayer Re:ON


Clarissa Punipun, Matcha Mei, Franzeska Edelyn, dan Jeanice Ang dari Re:ON juga akan hadir. Jika digabungkan, keempat cosplayer ini memiliki lebih dari 400.000 follower pada akun sosial media mereka. Selain cosplay, mereka juga aktif sebagai gamer, Youtuber dan MC.

Untuk menambah daftar prestasi mereka, beberapa dari mereka juga telah dinamai sebagai duta merek untuk Gigabyte dan Kurate Gakuen.

Art Duel – Kompetisi Ilustrator Baru

Para kreator akan diberi kesempatan untuk mendemonstrasikan keahlian mereka dalam turnamen seni baru bernama “Art Duel” pada kedua hari di event ini. Para artis akan diberi sebuah tema dan diberi waktu 20 menit untuk menggambar karya yang melukiskan tema tersebut. Pemenang akan ditentukan oleh sederet juri dan akan maju ke ronde berikutnya hingga pemenang terakhir muncul. Hadiah dan registrasi akan diumumkan pada waktu yang akan datang.
Hadiah uang tunai:
Pemenang pertama: Rp 3.000.000
Pemenang kedua: Rp 2.000.000
Pemenang ketiga: Rp 1.000.000

Kompetisi Cosplay

Kompetisi cosplay ini akan diadakan pada tanggal 30 April 2017. Pada kompetisi simpel ini, cosplayer solo akan naik ke atas panggung dan bergaya untuk para juri. Mereka memiliki maksimal 30 detik di atas panggung untuk mengesankan. Kontestan yang tertarik bisa mengisi formulirnya di:
http://creatorsuperfest.com/project/competition-cosplay/

Hadiah uang tunai:
Pemenang pertama: Rp 2.000.000
Pemenang kedua: Rp 1.500.000
Pemenang ketiga: Rp 1.000.000
Kostum terbaik: Rp 500.000
Judge’s favorite: Rp 350.000

Ticketing

Pengunjung dapat merasakan semua aktivitas di Creators Super Fest dengan harga Rp 65.000. Para fans bisa mendapatkan tiket early-bird dengan harga Rp 55.000 per hari secara online dari:
https://neo.loket.com/widget/nypqzny1rqcypy5
Biaya bank tidak termasuk harga tiket.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara ini dan pembaruan lebih lanjut, silakan kunjungi situs resmi di http://creatorsuperfest.com/ dan ikuti Facebook di https://www.facebook.com/creatorssuperfest/
Bagi pertanyaan seputar perusahaan, sponsor dan ruang booth silakan hubungi pengelola di creators@sozo.sg. Ruang booth akan dijual dengan ruang terbatas. Perusahaan yang ingin mensponsori event ini juga bisa menghubungi pengelola dengan email yang sama.

Profil Pengelola Creators Super Fest:

Tentang SOZO

Mengarungi kekayaan konten hiburan Jepang yang beragam, SOZO telah memposisikan diri sebagai “jembatan” yang menghubungkan Jepang ke Asia Tenggara dengan memamerkan konser berkualitas, pengalaman retail menarik, dan menciptakan perjanjian online yang bermakna dengan penonton dan bisnis di sekitar Asia Tenggara.
Dibentuk pada tahun 2009, sarana hiburan SOZO meliputi Anime Festival Asia, I Love Anisong, J-LIVE ASIA, Japan Music Festival, dan masih banyak lagi. Proyek SOZO yang sebelumnya meliputi konser solo bagi artis J-Pop seperti Kyary Pamyu Pamyu, May’n, Moshi Moshi Nippon 2015 di Singapura, Miku Expo di Jakarta, Funan Anime Matsuri, Penang Anime Matsuri dan seterusnya. Pada tahun 2014, SOZO melangkah ke depan dengan persekutuan modal bersama salah satu perusahaan talent management terbesar di Jepang, Horipro. Pada tahun 2015, SOZO juga membentuk kerja sama dengan Sony Music Entertainment Jepang.
Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi: www.sozo.org

Tentang re:ON

PT. Wahana Inspirasi Nusantara adalah penerbit Indonesia yang khusus bergerak di produksi komik dan novel grafik. Produk utamanya, re:ON Comics, merupakan majalah kompilasi komik yang dikelola secara profesional pertama di Indonesia yang menampilkan susunan karya buatan komikus lokal. Dibentuk pada awal tahun 2013 oleh 3 pendirinya dengan latar belakang kokoh di bidang produksi komik, desain konsep & ilustrasi, penulisan cerita, dan desain & pengemasan mainan, re:ON Comics bekerja keras untuk berpartisipasi aktif dalam ekonomi kreatif lokal terutama di industri komik. Volume pertama re:ON Comics sebanyak 10.000 kopi diterbitkan pada Juli 2013 dan pada ulang tahun pertamanya telah mengumpulkan lebih dari 150.000 penggemar di sosial media seperti Facebook dan Twitter.

Artikel ini dibuat berdasarkan siaran pers dari SOZO