Di Jepang, Sekarang Robot Ikut Bermain Bola Voli
J-News - Monday, April 17, 2017 | 7:59 pm

Tim nasional bola voli Jepang mendapatkan tambahan amunisi. Namun tambahan baru ini bukanlah seorang pemain, bukan juga seorang pelatih. Mereka mendapatkan tambahan personil berupa robot. Asosiasi Bola Voli Jepang sudah menggunakan robot untuk menemani para pemainnya berlatih.

Pada sistem latihannya, terdapat tiga robot yang berdiri sejajar yang dapat bergerak secara horizontal di depan net. Robot dirancang untuk selalu mencoba menahan spike dari para pemain. Untuk pergerakkan dan letak robot sendiri diatur oleh pelatih menggunakan sebuah perangkat lunak. Dengan robot ini, para pemain dapat melatih menghadapi berbagai jenis formasi pertahanan.

Robot ini sudah digunakan dalam beberapa kali sesi latihan tim nasional bola voli putri Jepang. Robot ini dapat bergerak secepat 3,7 meter per detik, lebih cepat dari gerakan manusia. Namun robot ini masih ada kelemahan yaitu hanya dapat dipindah ke posisi pra-set dan tidak dapat bergerak mengikuti gerakan manusia. Dikabarkan penciptanya sedang mencoba menambahkan fitur sensor gerak sehingga robot dapat mengikuti gerakan para pemain.

Bagaimana minna? Menarik bukan melihat robot-robot ini tak kalah lincah dalam melakukan permainan voli?

Source: The Verge

Artikel ini ditulis oleh Ponyonyon


Share this:

CHECK THIS OUT!!
Top