Manga-Mon kembali membuka Lomba Desain Karakter setelah lomba sebelumnya sukses diikuti oleh lebih dari 200 peserta. Lomba Desain Karakter Manga-Mon tidak dipungut biaya, dan bersifat online sehingga peserta hanya cukup meng-upload dan mengirim karyanya melalui email. Total hadiah yang diperebutkan sebesar 7 juta rupiah.

Tema Lomba Desain Karakter MangaMon ke-8 adalah Senpai Idaman. Senpai merupakan kata panggilan yang berarti “kakak kelas” dalam bahasa Jepang. Tema ini dipilih karena penggunaan kata “senpai” sangat dekat didalam budaya pop Jepang khususnya di anime, manga, dan film drama Jepang. Penggunaan kata “senpai” tidak terbatas hanya sebagai kakak kelas di sekolah, tapi juga bisa dianggap sebagai sosok senior dalam satu bidang atau divisi tertentu. Selain itu, kami juga ingin menaikkan level tantangan lomba kepada para illustrator Indonesia agar lebih kreatif menciptakan sebuah karakter yang dekat dalam kehidupan sekitar kita sehari-hari tapi karakter tersebut merepresentasikan dirinya diidamkan oleh orang yang melihatnya. Pada tema ini, kami tidak membatasi gender si karakter sehingga baik laki-laki maupun perempuan bisa menjadi idaman bagi orang lain.

Juri yang akan menilai lomba desain karakter kali ini adalah Annisa Nisfihani dan Qoni. Keduanya adalah komikus Webtoon yang dalam karyanya punya kesamaan menciptakan tokoh yang sangat diidam-idamkan oleh para pembacanya dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti dalam karya Annisa Nisfihani dengan tokoh Adimas Purnama dari My Pre-wedding dan Pasutri Gaje, sedangkan Qoni dengan tokoh Radithya Alifiandra dari We are Pharmacist. Tokoh-tokoh tersebut sudah jadi tokoh yang diidamkan oleh banyak pembaca di Indonesia.

Berikut informasi konten yang dibuka:


▼Tentang Konten ini
Nama Acara : LOMBA DESAIN KARAKTER KE-8
Tema Lomba : SENPAI IDAMAN
Periode Acara : Kamis, 20 April 2017 – Rabu, 19 Juli 2017
URL : https://www.mangamon.id/special/contest/illust/

Pihak Manga-Mon memohon bantuan rekan-rekan media untuk mempromosikan lomba ini melalui artikel atau memasangkan banner kami di postingan media sosial dari rekan-rekan media agar informasi ini bisa tersampaikan kepada pihak yang membutuhkan.

Ebook Initiative Japan Co, Ltd (Kantor Pusat: Tokyo, Jepang; President & CEO: Hitoshi Koide), yang mengoperasikan toko buku digital Indonesia, “Manga-Mon”. Manga-Mon bangga memperkenalkan komik original berlisensi Jepang dalam bentuk digital (yaitu “ebook”) yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dengan kerja sama dari penerbit grup Kompas Gramedia: Elex Media Komputindo dan m&c!.

https://www.mangamon.id

Fitur-fitur yang tersedia di Manga-Mon dapat membantu para user dalam menentukan komik digital yang ingin dimiliki seperti fitur review dari kurator pilihan dan review user lain yang pernah membaca komik tersebut. Lalu juga ada fitur Reward Point, poin yang akan didapatkan User ketika mengikuti berbagai aktivitas yang ada di situs Manga-Mon. Bahkan tanpa membeli komik pun. Contoh aktivitasnya seperti melakukan review dan share komik-komik di Manga-Mon. Ketika Reward Point terkumpul sampai jumlah tertentu, User dapat menukarkan poin tersebut dengan berbagai hadiah menarik yang di sediakan oleh Manga-Mon!

Selain portal komik, Manga-Mon rutin mengadakan lomba yang dilakukan secara online dan tidak dipungut biaya pendaftaran, seperti Lomba Komik, Lomba Desain Karakter, & Lomba Foto Cosplay dengan tujuan memberikan kesempatan dan wadah kepada para kreator pemuda-pemudi di Indonesia untuk berlomba-lomba menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Artikel ini dibuat berdasarkan press release dari pihak Mangamon