7 Anime Tentang Gambaran Realita Kerasnya Dunia Pekerjaan
Anime-Manga - Monday, June 26, 2017 | 7:22 pm

Bagi kalian yang telah dewasa atau hendak menuju kedewasaan, tentunya harus siap berada di dalam lingkungan pekerjaan yang penuh tanggung jawab. Banyak hal yang kadang membuat pusing kepala seperti perawatan rumah, tagihan, cicilan, tuntutan deadline pekerjaan, dll. Ya, ini bukanlah dunia pedang dan sihir atau pertempuran robot raksasa, jadi tidak mengherankan jika drama sehari-hari ini kurang dilirik dalam dunia hiburan. Bahkan serial bergenre slice of life pun jarang berfokus pada dunia kerja orang dewasa, malah menyukai percakapan tanpa tujuan remaja di klub-klub sekolah menengah mereka.

Walaupun sulit ditemukan namun industri anime yang mengangkat fokus tentang dunia kerja bukannya tidak ada sama sekali. Dibawah ini dirangkum 7 judul anime yang bertema dunia kerja orang dewasa.

1. Shirobako

Anime buatan P.A. Works ini bercerita tentang dunia yang identik dengan kerasnya dunia pembuatan anime saat ini berkat pandangan jujurnya terhadap tekanan bagi para animator serta rintangan bagi pengisi suara yang ingin masuk ke industri ini. “Mengejar mimpimu tidaklah dilalui dengan jalan yang mulus”, seperti karakter Misa dalam anime ini yang harus mengorbankan ambisi artistiknya demi menjaga finansial keuangannya. Shirobako adalah contoh nyata dari mimpi ideal dalam diri masing-masing yang kemudian bertemu realita yang ada dan harus beradaptasi dengan kenyataan tersebut.

2.Hanasaku Iroha

P.A. Works nampaknya cukup menghargai kerasnya dunia pekerjaan. Anime yang rilis dan cukup sukses sebelum nama Shirobako melambung ini juga bercerita tentang lingkup pekerjaan. Ohana Matsumae, tokoh utama dalam anime ini harus pindah dan bekerja di kampung halaman ibunya akibat sang ibu lari bersama pacarnya dari kejaran debt collector. Ketika disana dan bertemu neneknya, bukanlah sambutan hangat yang didapat melainkan nenek yang keras dan tegas dalam mendidik yang mucul. Ohana harus bekerja di tempat penginapan neneknya dan melayani para tamu. Dalam anime ini berbagai masalah pekerjaan dihadapinya mulai dari kekurangan orang, tamu yang bermasalah, percintaan pribadi, penipuan, dan masih banyak lagi. Anime ini wajib kalian tonton bagi yang belum menontonnya.

3.Servant x Service

Jika deskripsi dari Shirobako dan Hanasaku Iroha tadi terlalu berat bagi kalian, mungkin Servant X Service cukup sesuai dengan selera anda. Berpusat pada Lucy Kimiko Akie Airi Shiori Rinne Yoshiho Ayano Tomika Chitose Sanae Mikiko Ichika Yamagawa .. (ya sebut saja selanjutnya Lucy Yamagawa), sang tokoh utama yang namanya super panjang akibat keraguan dari orangtuanya. Dia yang hidupnya kurang baik selama ini memutuskan menjadi pegawai negeri. Pekerjaannya sebagai pegawai negeri ternyata tak seperti yang dibayangkan, disana ia bertemu dengan rekan kerja yang aneh serta tuntutan aneh yang datang dari pekerjaannya pada masyarakat umum. Anime ini cocok bagi kalian yang ingin mengenal dunia pekerjaan namun dari sisi komedi menyenangkan.

4. Bartender

Ryu Sasakura adalah bartender yang memiliki kemampuan khusus tidak hanya menyajikan minuman namun melayani keluhan para tamu. Dengan keramahannya dan pengetahuannya yang luas ia selalu membantu pengunjung untuk melewati masalahnya. Seri ini berbentuk per episode dan pada tiap akhir episodenya memberikan resep minuman yang dapat dicoba oleh penonton.

5.Yomigaeru Sora – RESCUE WINGS-

Kazuhiro Uchida selalu bermimpi menerbangkan sebuah jet tempur. Ia pun sampai bergabung dengan angkatan bela diri Jepang dan masuk ke militer udara. Ketika disana ternyata tak sesuai harapannya. Ia terus menerus mendapat tekanan dari atasan dan dirinya malah ditempatkan di tempat antah berantah yang bukannya menerbangkan sebuah jet tempur melainkan menjadi pilot helikopter penyelamat. Uchida ingin berhenti dan menyerah pada mimpinya. Namun lama kelamaan ia pun mendapat berbagai pelajaran kehidupan dari pekerjaannya sebagai pilot helikopter penyelamat.

6.The Great Passage

Bercerita tentang seorang pria yang hidup melalui buku dan belajar bagaimana terhubung dengan orang-orang sambil menyusun kamus. Majime tidak memiliki hubungan berarti antar sesama karena sulit menemukan obrolan dan kata-kata. Namun membuat buku yang berisi banyak kata mampu mebuatnya mengeluarkan perasaannya dan menemukan teman bahkan ketertarikan pada seorang wanita. Melalui pekerjaannya, Majime menciptakan kehidupan yang memuaskan bagi dirinya.

7.Yugo The Negotiator

Yugo Beppu dipanggil untuk mengatasi krisis di Pakistan, dimana ada seorang wanita yang ayahnya ditawan oleh sekelompok pemberontak pemerintah. Ya, Yugo bekerja sebagai seorang yang melakukan negosiasi dengan kelompok penjahat untuk membebaskan para sandera. Anime ini dibalut dengan sangat baik dalam hal psychological yang terjadi ketika negosiasi. Pembuat anime ini sendiri bahkan mengunjungi Pakistan secara langsung untuk penelitian mendalam untuk proyek anime ini.

Nah itu tadi 7 anime bertema pekerjaan yang patut kalian pertimbangkan untuk ditonton sebagai gambaran dunia kerja. Ternyata dunia kerja itu tidak mudah ya minna, perlu tanggung jawab dan profesionalitas tinggi!

Source: Anime News Network

Artikel ini ditulis oleh NeoPollutan


Share this:

CHECK THIS OUT!!
Anime-Manga - Wednesday, July 19, 2017 | 8:43 pm
Anime-Manga - Saturday, July 15, 2017 | 9:56 pm
Anime-Manga - Saturday, July 15, 2017 | 9:53 pm
Anime-Manga - Friday, July 14, 2017 | 4:59 pm
Top