Sutradara Seri Evangelion, Hideaki Anno Mengumumkan “Project Studio Q”
Anime-Manga - Saturday, July 15, 2017 | 9:56 pm

Studio Khara buatan Hideaki Anno mengumumkan kerjasama dengan Dwango Co., Ltd. dan juga Aso College Group untuk membuat Studio Q. Sebelumnya hal ini juga sudah pernah diumumkan tahun lalu oleh Hideaki Anno, Takeshi Asō (pemimpin Aso Group) dan Nobuo Kawakami (presiden Dwango). Inisiatif ini diharapkan dapat menciptakan pekerjaan di bidang animasi dan juga CG yang tidak hanya menguntungkan industri anime, namun juga profesional yang bekerja di bidang ini.

Dengan berkembangnya anime secara luas, maka pekerjaan di bidang animasi juga bertambah. Namun, sebagian besar pekerjaan ini berada atau dekat di Tokyo, sehingga menyulitkan para kreatif yang berada di luar Tokyo untuk ikut terlibat dalam industri ini. Dengan bantuan dengan Aso College Group, Dwango dan Khara mengharapkan dapat memberikan kesempatan sehingga yang berada di luar Tokyo juga dapat memberikan keuntungan bagi industri anime. Karena pada tahun 2016, terdapat 622 perusahaan produksi anime di Jepang, dan 87.1% berada di Tokyo. Proyek ini akan berfokus untuk melatih animator-animator muda dan lebih menerapkan teknik CG.

Studio Q akan berada di Fukuoka dimana pusat dari Aso College Group juga berada disana, di Kyushu. Q pada nama studio tersebut merujuk pada kyu dari Kyushu. Karena berada di Kyushu, maka proyek ini akan berfokus untuk melatih animator muda di Kyushu. Selain itu Q juga dapat diartikan sebagai “Quick” dan “Quality”.

Hideaki Anno akan menjadi kepala proyek Studio Q. Pada tanggal 12 Juli yang lalu dia bersama dengan Asō dan Kawakami membawakan pengumuman secara langsung melalui Nico Nico yang dimiliki oleh Dwango. Walikota Fukuoka yaitu Sōichirō Takashima juga hadir pada pengumuman ini. Anno berharap, dengan adanya proyek ini, maka kualitas dari industri animasi akan berkembang, serta berkontribusi untuk industri Fukuoka itu sendiri.

Proyek ini sudah memiliki situs resmi sendiri yaitu: studio-q.co.jp.

Semoga dengan adanya proyek ini kualitas anime yang kita tonton akan terus berkembang ya.

Source: Anime News Network, Crunchyroll

Artikel ini dibuat oleh Ponyonyon


Share this:

CHECK THIS OUT!!
Top