Belum lama ini kita telah disuguhi berbagai macam event Jejepangan, salah satunya adalah GJUI. Bagaimana dengan mina-san? Tentu saja kalian mungkin sudah menikmati berbagai macam event juga. Artikel kali ini akan mencakupkan keseruan GJUI di hari ke-3.

Rundown acara GJUI Day 3

Pertama – tama apa itu GJUI? GJUI atau Gelar Jepang UI (Universitas Indonesia) merupakan event Jejepangan tahunan yang dibuat oleh UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Jepang Universitas Indonesia. GJUI 2023 dilaksanakan dari tanggal 11 – 13 Agustus 2023 berlokasikan di PSJ-FIB (Pusat Studi Jepang - Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya), UI, Depok. Day 3 GJUI kali ini berisikan berbagai macam guest star seperti JKT48, dan lainnya, serta lomba esport game MLBB (Mobile Legend Bang Bang).

Selain berbagai macam rundown menarik yang dimiliki GJUI, GJUI juga telah mempersiapkan berbagai fasilitas. Pengunjung dapat menggunakan fasilitas seperti berbagai jenis booth, toilet, ruang ganti cosplayer, F&B, area esport, serta stage. Day 3 kali ini, berfokuskan acara yang menarik yang ada di stage. Peta Day 3 GJUI dapat dilihat pada tampilan dibawah.

Peta GJUI Day 3

Salah satu stage performance yang menangkap mata para pengunjung pada siang hari yaitu Iaido. Iaido merupakan seni bela diri Jepang menggunakan pedang. Saat melakukan performance, penonton terkesan dengan seni pedang yang dilakukan. Selesai aksi iaido, MC memberi beberapa pertanyaan terhadap sensei iaido, salah satu respon yang menangkap perhatian penonton seperti “mengeluarkan pedang adalah hal terakhir yang dilakukan karena pedang merupakan benda paling sakral yang dimiliki”.

Acara bertepatan dengan jam makan siang, maka kami memutuskan untuk mendatangi lokasi F&B berdekatan dengan stage. Terdapat berbagai macam F&B stand dengan harga makanan dan minuman yang terjangkau. Harga yang didapat mulai dari Rp 5.000,00 sampai keatas. Terdapat beberapa area kosong di mana pengunjung dapat bersantai namun tidak terdapat kursi dan meja untuk pengunjung dapat lebih santai. Lokasi F&B yang berdekatan dengan stage memungkinkan pengunjung untuk menyantap jajanan sembari menikmati performance di stage.

Area F&B

Setelah performance iaido dan makan siang, acara dilanjutkan dengan talkshow bersama cosplayer diikuti dengan lomba coswalk. Lomba coswalk merupakan salah satu acara yang ditunggu penonton stage. Penonton menemukan berbagai keunikan pada setiap cosplayer yang tampil di stage, salah satunya seperti cosplayer karakter Franky dari One Piece. Cosplayer tersebut menunjukkan sejauh mana sebuah kostum cosplay dapat dimanfaatkan. Mulai dari meluncurkan tangan seperti pada anime One Piece sampai menembakkan petasan dari props tangan tersebut.

Acara stage dilanjutkan dengan performa dari Jingle UI membawakan beberapa lagu seperti “night dancer” dari Imase(イマセ) dan lainnya. Setelah itu, grup idol Akemi membuka performa mereka dengan tarian membuat fans yang menunggu mereka menjadi semakin bersemangat. Kemudian grup Akemi melanjutkan dengan perkenalan antar anggota grup dan membawakan lagu milik mereka. Selesai kedua acara tersebut, turnamen MLBB dipindahkan ke area stage untuk babak final. Lomba tersebut berjalan lebih lama dari yang diperkirakan oleh para pengunjung dan pihak acara.

Rundown yang diperkirakan dapat selesai pada jam sembilan malam menjadi tertunda, namun acara masih dapat berjalan. Seperti performance dari band Amakusa yang dapat berjalan pada sekitar pukul 18.00, meskipun seharusnya bermulai pada pukul 17.00. Para penonton yang masih bersemangat membuat acara tetap berjalan dengan baik. Hydra baru memulai performanya pada pukul 20.15, sehingga performa JKT48 diperkirakan mulai pada sekitar pukul 21.00. Di lain sisi, dikarenakan acara menjadi lebih malam tidak sedikit pengunjung yang mengakhiri acara mereka setelah performa dari band Amakusa.

Sekian untuk rangkaian kegiatan day 3 GJUI 2023, semoga mina-san menjadi lebih tertarik terhadap event Jejepangan lainnya. Meskipun hari yang dilalui tidak berjalan sesuai yang diharapkan, namun hal itu tidak membuat kita menjadi berhenti untuk tetap menikmati event tersebut. Untuk pihak acara GJUI tetap semangat untuk meningkatkan acara GJUI tahun kedepannya. Otsukare,sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Writer: Tio

Editor: 59ducks

Sumber: gelarjepangui