Tak terasa kalau kita BINUSIAN baru saja melewati setengah jangka liburan akhir semester genap yang diberikan. Banyak dari kita mungkin melewati liburan tersebut dengan beristirahat di rumah, pergi keluar bersama teman-teman, ataupun melakukan hal lain. Tetapi tetap saja kebosanan dapat menghampiri dan ide-ide untuk melawannya sudah mulai habis. Di saat inilah kita bisa beralih kepada game yang terus diperbaharui oleh para pengembangnya. Salah satu game yang baru saja diperbaharui adalah Genshin Impact dengan update 4.0.

Genshin Impact atau kerap dikenal dengan Genshin adalah game gacha open-world action role-playing game gratis yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh Mihoyo dan Hoyoverse pada tanggal 28 September 2020. Genshin menghadirkan fitur eksplorasi dunia terbuka (open-world) sebagai area bermainnya dan mengimplementasikan prinsip elemen seperti api (pyro), air (hydro), dan elemen lainnya serta pertukaran karakter untuk konsep bertarungnya. Sejak rilis di tahun 2020, Genshin menghadirkan banyak update secara berkala untuk menyenangkan para pemainnya. Genshin baru saja mengeluarkan update 4.0, As Light Rain Falls, Without Reason di tanggal 16 Agustus 2023 kemarin. Update ini menghadirkan negara kelima yaitu Fontaine dan fitur baru yang bersesuaian dengan kondisi negaranya. Kira-kira ada apa saja yang dihadirkan oleh Fontaine? Mari kita bahas lebih lanjut.

Court of Fontaine

Fontaine adalah negara hydro atau negara air yang dikuasai oleh Furina, Archon hydro atau dewa dari elemen hydro dan juga dijuluki sebagai God of Justice. Dengan julukan penguasanya seperti itu, Fontaine menjadi terkenal sebagai negara dengan hukum sebagai fondasi politiknya. Di dunia Genshin, Fontaine juga terkenal akan kemajuan budayanya dalam seni, musik, dan teknologi. Dari semua ini, Fontaine terlihat mengambil inspirasi dari negara Perancis, dimana kata “Fontaine” sendiri dalam bahasa Perancis berarti “Fountain” atau air mancur, cocok untuk negara yang penuh dengan air.

Area bermain yang dihadirkan di update ini terbagi menjadi tiga, Belleau, Beryl, dan Court of Fontaine. Belleau adalah area pertama yang didatangi oleh para pemain saat memulai misi untuk membuka Fontaine dengan area utamanya adalah Romaritime Harbor, sebuah pelabuhan yang terletak disamping air terjun yang besar dan bertingkat dua Pelabuhan ini juga mempunyai mode transportasi aquabus, kendaraan seperti kereta rel yang berjalan diatas lintasan air untuk menghubungkan area dan kota-kota yang ada di Fontaine satu dengan yang lainnya.

Romaritime Harbor

Berlanjut ke area selanjutnya adalah region Beryl, sebuah pulau yang terletak di barat laut pulau Belleau. Beryl tidak mempunyai kota di areanya, tetapi mempunyai banyak lokasi eksplorasi yang menarik. Beryl juga menggunakan konsep gua serta pegunungan tinggi yang dikenalkan oleh Genshin di negara Sumeru sebelumnya. Area terakhir adalah region Court of Fontaine yang memenuhi bagian tengah sampai bagian atas dari map Fontaine saat ini. Area ini berisikan kota-kota besar, termasuk kapital dan gedung pengadilan yang digunakan seluruh penduduk Fontaine. Sama seperti area sebelumnya, terdapat beberapa gua dan pegunungan yang mengelilingi area ini.

Opera Epiclese

Sebagai negara hydro, tentu saja jumlah mata air banyak ditemukan disekitar Fontaine. Ketiga area yang disebut sebelumnya semua dibatasi oleh lautan. Kehadiran Fontaine juga membawakan sebuah fitur baru pada Genshin, yaitu menyelam. Pemain yang sudah melakukan misi Archon Fontaine tahap awal dapat membuka Statue of Seven di Romaritime Harbor dan mendapatkan kemampuan untuk menyelam. Stamina bar warna kuning yang biasanya digunakan untuk berenang akan diganti dengan bar warna biru yang jika habis tidak akan membuat kalian tenggelam di perairan Fontaine. Dengan ini, berarti kalian bisa menikmati seluruh aktivitas berenang sebebas mungkin. Selain itu, Fontaine juga menghadirkan fitur bertarung di dalam air, dimana pemain tidak bisa menggunakan senjata, skill, dan burst mereka, tetapi menggunakan kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh makhluk laut yang ada di Fontaine.

Gameplay bawah laut di Fontaine

Tentu saja, dengan terbukanya area baru, pasti banyak misi dan eksplorasi yang harus dilakukan oleh para pemain. Beberapa area yang ada di Fontaine membutuhkan para pemain untuk menyelesaikan misi yang bersangkutan agar mereka dapat melakukan eksplorasi disana, tetapi tak perlu khawatir, karena area terbesar yaitu perairan Fontaine sudah langsung terbuka dari awal dan bisa langsung ditelusuri oleh para pemain. Terdapat juga puzzle-puzzle baru yang menghadiahkan para pemain primogem untuk melakukan gacha. Tak hanya itu, update ini juga menghadirkan karakter baru dari Fontaine yaitu Lyney, pengguna panah dengan elemen pyro, dan kembarannya Lynette, seorang pengguna pedang dengan elemen anemo.

Banner Lyney

Ayo, tunggu apalagi mina-san? Genshin dapat kalian unduh secara mobile di App Store atau Google Play Store atau bisa saja langsung kalian mainkan lewat client PC dari Hoyoverse dan melalui Epic Games Store. Mari kita step into a vast magical world of adventure!

Writer: Mizuki

Editor: CoCo