Teman – teman Nippon Club, pernahkah kalian penasaran dengan apa saja yang dilakukan anggota kepengurusan? Mungkin teman – teman menganggap kalau anggota kepengurusan hanya sebatas mengurus server, mengadakan gathering, dan beberapa hal lainnya. Pada tanggal 23 sampai 24 Agustus 2023 anggota kepengurusan melakukan aktivitas tahunan yaitu Bonding. Nah, pada artikel kali ini kalian akan melihat keseruan apa saja yang dilakukan anggota kepengurusan pada kegiatan Bonding kali ini.

Pertama – tama apa itu Bonding? Bonding merupakan kegiatan tahunan yang telah dilaksanakan oleh Nippon Club dalam rangka menguatkan hubungan antar seluruh anggota yang terlibat dalam kepengurusan Nippon Club. Pada Bonding kali ini, kepengurusan generasi 24 melaksanakan kegiatan Bonding secara onsite atau tatap muka. Sebelumnya, Bonding hanya dilakukan secara online dikarenakan pandemi. Kegiatan Bonding dilakukan selama dua hari dan berlokasikan di Bogor. Tempat yang sejuk seperti Bogor membuat aktivis dan pengurus semakin bersemangat mengikuti aktivitas.

Perjalanan menuju Bogor menggunakan kendaraan tronton, dimana anggota yang mengikuti Bonding dikumpulkan di area Binus Kemanggisan (KMG) atau Alam Sutera berdasarkan region masing – masing. Perjalanan memakan waktu sekitar 2 – 3 jam dan berjalan dengan lancar meskipun ada sedikit hambatan. Di dalam tronton, para aktivis dan pengurus ada yang menggunakan waktu untuk melanjutkan istirahatnya atau bermain dengan smartphone mereka.  Tidak sedikit yang mengabadikan momen para aktivis atau pengurus yang tertidur di dalam tronton.

Sesampainya di tempat Bonding, para anggota memiliki waktu free time untuk melakukan ishoma (istirahat, sholat, makan) di siang hari. Saat istirahat, para anggota banyak yang bermain dengan sesama aktivis dan pengurus. Kemudian anggota Bonding melanjutkan kegiatan dengan makan siang yang sudah dipersiapkan. Makanan yang dipersiapkan di tempat Bonding cukup disukai oleh para anggota Bonding.

Selesai free time dan ishoma, Bonding dilanjutkan dengan berbagai aktivitas yang dimulai dengan briefing mengenai tata tertib, pemberian materi, dan kegiatan bersama divisi masing – masing. Kegiatan bersama divisi masing – masing merupakan kegiatan yang paling ditunggu – tunggu para anggota Bonding. Setiap divisi membawakan materi serta games yang berbeda – beda. Meskipun games yang berbeda, situasi setiap divisi tidak kalah seru.

Kemudian aktivitas kembali dilanjutkan ishoma sore sebelum aktivitas malam berlanjut. Aktivitas malam mencakupi api unggun disertai pembuatan surat yang kemudian dibacakan dan pentas seni. Saat sesi api unggun, ditentukan tiga orang untuk maju dan membacakan pesan terbanyak yang didapat. Orang pertama yang maju merupakan Hans dari divisi support, dilanjutkan dengan Josua, koor dari divisi komunitas, dan terakhir yaitu Rei. Saat sesi pembacaan surat terdapat momen lucu dan juga momen lainnya karena isi surat yang bervariasi.

Bonding hari pertama diakhiri dengan acara terakhir yaitu pentas seni. Kelompok - kelompok yang sudah dibagi harus mempersiapkan dan menampilkan performance yang unik dan lucu, pemilihan urutan penampilan kelompok pun dilakukan dengan spin the wheel sehingga tidak ada yang tahu siapa akan maju dahulu. Banyaknya momen yang tidak terduga membuat orang – orang bersemangat untuk mengabadikan momen dengan smartphone ataupun kamera mereka. Dengan begitu, acara untuk Bonding hari pertama pun selesai dan dilanjutkan dengan istirahat karena masih banyak kegiatan yang menanti di hari kedua.

Hari kedua pun dimulai dengan bangun pagi dan snack sebelum memulai sesi olahraga. Selesai olahraga, sarapan yang lezat telah menunggu semua anggota agar mereska dapat mengikuti kegiatan outbond yang menguras banyak tenaga. Sebelum memulai outbond, aktivis dan pengurus diberikan briefing mengenai pos yang akan mereka kunjungi, sedangkan para koor mempersiapkan dan menjaga pos mereka masing – masing. Pada kegiatan outbond kali ini terdapat lima pos. Kelima pos tersebut didasarkan oleh lima nilai yang dimiliki Nippon Club yaitu (1) “Noble”, (2) “Integrity”, (3) “Solidarity”, (4) “Hard Work”, dan (5) “Initiative”. Tentunya pihak pengurus sudah menyediakan tim medis berjaga – jaga untuk menangani kejadian yang tidak diinginkan.

Setiap pos tentu memiliki gamenya masing – masing sehingga membuat outbond semakin menarik. Pos 1 (Noble) memberikan game mencari telur yang telah disembunyikan dengan twist kebebasan pemain sebelumnya untuk menyembunyikan kembali telur yang akan dicari oleh kelompok selanjutnya. Pos 2 (Integrity) merupakan pos yang berbeda dibanding pos lainnya. Dimana pemain hanya akan diberikan pin dan jika mereka memberikan pin kepada orang yang bukan memberikan perintah maka kelompok itu gagal. Pos 2 mencoba berbagai cara untuk mengelabui berbagai kelompok sehingga menghasilkan berbagai macam reaksi. Pos 3 (Solidarity) merupakan game merangka gambar dengan menggunakan ranting kayu. Agar lebih menantang, kaki para pemain akan diikat dengan anggota kelompok masing – masing saat akan mengumpulkan ranting kayu.

Pos 4 (Hard Work) adalah game yang memerlukan tenaga kuat yaitu tarik tambang. Tarik tambang tersebut dimainkan sebanyak lima ronde, dimana kelompok yang kalah akan diberikan hukuman dengan muka yang akan dihiasi tepung. Terakhir adalah pos 5 (Initiative), dimana pemain akan mengumpulkan sampah yang berserakan di sekitar lokasi pos. Setiap pos tentunya memiliki momennya tersendiri yang mungkin tidak akan terlupakan oleh anggota kepengurusan.

Selesai kegiatan outbond, semua anggota kembali untuk ishoma siang, mempersiapkan barang untuk kembali ke region masing – masing dan melanjutkan perjalanan menuju rumah. Kegiatan yang melelahkan untuk seluruh anggota kepengurusan membuat mereka yang tertidur di dalam tronton. Tentu momen bersejarah ini tidak lupa diabadikan oleh teman – teman yang masih bangun di tronton.

Kurang lebih inilah aktivitas yang dilakukan oleh para anggota kepengurusan Nippon Club saat kegiatan Bonding. Bagaimana? Apakah dengan membaca artikel ini kalian menjadi semakin tertarik untuk berkenalan dengan anggota kepengurusan? Jika begitu, kalian dapat berkenalan dengan kami melalui berbagai kegiatan yang diadakan atau mendaftar menjadi calon anggota kepengurusan kedepannya. Sampai disini saja artikel Bonding kali ini, otsukaresama.

Writer: Tio

Editor: Mizuki