Konnichiwa Mina-san, selamat datang kembali ke artikel kali ini. Tak terasa kita sudah memasuki bulan Desember dan tahun 2023 sebentar lagi akan habis. Sebelum tahun ini berakhir, alangkah baiknya harapan-harapan kita yang masih ada di daftar keinginan diselesaikan terlebih dahulu. Kebetulan sekali, Little Harmony Orchestra baru saja menggelar konser orkestra mereka dengan judul “Anime Little ReConcert” secara onsiteuntuk menjawab keinginan para penggemar musik anime. Jika kalian ingin tahu lebih lanjut tentang orkestra ini, simak terus sampai akhir ya!

Anime Little ReConcert Poster

Bagi teman-teman yang mungkin belum tahu, Little Harmony Orchestra atau disingkat LHOadalah organisasi musik orkestra yang didirikan pada tahun 2019. LHO adalah organisasi orkestra pertama di Indonesia yang hanya berfokus pada musik anime, J-Pop, dan Official Soundtrack (OST) dari game-game terkenal dan mereka sudah menuai sejumlah penghargaan. Organisasi ini didirikan oleh kak Aulia Dhaneswara atau kerap dipanggil Danezh. Kak Danezh juga bertindak sebagai konduktor dan komposer yang mengaransemen lagu-lagu anime agar bisa dimainkan secara orkestra. Pada tanggal 10 Desember 2023, Little Harmony Orchestra mengadakan konser kedua mereka yang dinamakan “Anime Little ReConcert” secara onsite di Concert Hall Lt. 2, Chic’s Musik, Rawamangun, Jakarta. Konser ini merupakan pengulangan dari konser pertama mereka yang sukses pada tanggal 25 Juni 2023 lalu.

Konser kedua ini membawakan tema atau genre yang sama dengan konser pertamanya, yaitu Popular Anime Orchestration. Lagu-lagu yang dibawakan oleh LHO adalah lagu-lagu anime terkenal, baik yang jadul maupun modern. Selain pertunjukan orkestra selama kurang lebih dua jam, LHO juga mengadakan kuis berhadiah saat sesi intermezzosebanyak dua kali dengan total tujuh orang pemenang. Satu kuis tersebut mendatangkan tiga orang yang nantinya akan bersaing dengan menjawab lima pertanyaan. Pertanyaan tersebut mencakup pengetahuan mereka mengenai lagu-lagu anime secara umum atau lagu-lagu yang baru saja dimainkan oleh LHO. Satu pemenang terakhir dihadapkan dengan kuis yang sulit, yaitu menyebutkan 15 nama Pokemon.

Kuis Berhadiah saat Sesi Intermezzo

Lagu jadul pertama yang dibawakan LHO adalah soundtrack dari anime Case Closedatau lebih dikenal oleh penggemarnya sebagai Detective Conan. Selanjutnya, ada lagu “Mezase Pokemon Master (めざせポケモンマスタ) – Rika Matsumoto” yaitu opening dari anime Pokemon. Lagu ini menghadirkan vokalis Saki untuk membantu menyanyikannya bersamaan dengan iringan orkestra. LHO juga membawakan medley, sebuah kumpulan lagu-lagu yang dimainkan secara sambung menyambung menjadi satu buah lagu baru. Lagu-lagu jadul yang dijadikan medley adalah soundtrack dari serial anime Naruto, Inuyasha, Digimon, dan One Piece. Pembawaan lagu-lagu ini memberikan efek nostalgia kepada para penonton yang dulu mendengarkannya setiap pagi di hari libur saat masih kecil. Nostalgia ini juga didukung oleh permainan musik orkestra yang bagus sekali dari LHO.

Little Harmony Orchestra juga tidak ketinggalan dengan tren-tren sekarang, terlihat dari lagu-lagu anime modern yang dibawakan oleh mereka. Salah satu lagu orkestra modern yang pertama kali dibawakan oleh LHO adalah “Gurenge (紅蓮華)- LiSA”, opening season pertama anime Demon Slayer. Selanjutnya, LHO juga membawakan satu lagu orkestra yang baru pertama kali mereka mainkan, yaitu “You Say Run! – Yuki Hayashi” dari anime My Hero Academia. Membawakan lagu ini merupakan sebuah kebanggaan bagi mereka karena bisa menampilkan karya terbaru mereka dan sudah menampilkannya dengan sangat baik. LHO juga membawakan lagu “Sparkle (スパークル) – RADWIMPS” dari film anime Your Name dan dibantu juga dengan vokalis Randy. Kak Randy berhasil membawakan lagu dengan baik dan sesuai sekali dengan orkestra sebagai iringannya. LHO membawakan lagu “Himawari no Yakusoku (ひまわりの約束) – Motohiro Hata” dari film anime Stand by Me Doraemon dengan bantuan nyanyian juga oleh kak Randy.

Penampilan Perdana You Say Run! dari Little Harmony Orchestra

Penampilan terakhir dari konser ini adalah lagu “Kaikai Kitan (廻廻奇譚) – Eve”. Lagu ini adalah soundtrack opening dari anime populer tahun 2020 yaitu Jujutsu Kaisen. Kak Danezh selaku konduktor mengajak para peserta untuk ikut serta menyanyikan lagunya bersama-sama. Suasana ruang konser pun langsung meriah karena hampir semua penonton suka dengan animenya dan ikut menyanyikan lagu tersebut. Setelah lagu selesai, penonton merasa sedih karena konser sudah mau berakhir. Melihat ini, kak Danezh memberikan kejutan terakhir dengan membawakan “Akuma no Ko (悪魔の子) – Ai Higuchi” sebagai lagu bonus diluar rancangan acara. Kak Saki juga dipanggil lagi untuk menjadi vokalis penampilan ini. Setelah selesai, MC melakukan penutup dan mengundang para penonton yang ingin mengambil foto bersama dengan Little Harmony Orchestra, kak Saki, dan kak Randy untuk berbaris.

Foto Bersama dengan seluruh anggota Little Harmony Orchestra

Seperti itulah pengalaman yang kami rasakan di “Anime Little ReConcert” tanggal 10 Desember 2023 yang lalu. Lagu-lagu yang dibahas diatas sebenarnya masih belum semuanya. Masih banyak lagi pembawaan lagu-lagu mereka yang sangat bagus sampai tidak cukup dibahas dalam satu artikel ini saja. Jika kalian ingin bertemu langsung dengan Little Harmony Concert dalam waktu dekat, kalian bisa mendengarkan mereka saat mereka melakukan pertunjukan nanti di Comifuro 17. Bagi kalian yang tertarik mendengarkan konser orkestra mereka seperti yang ini, langsung saja cari mereka di kanal sosial media kalian. Sampai jumpa di konser Little Harmony Orchestra selanjutnya!

Writer: Mizuki

Editor: SimpleX

Sumber:

Instagram Little Harmony Orchestra