Yo, minna! Untuk menutup akhir tahun ini, Comic Frontier (Comifuro) kembali hadir sebagai acara yang memeriahkan budaya jejepangan di Indonesia. Diselenggarakan pada 16 & 17 Desember, acara ini merupakan kedua kalinya Comic Frontier hadir pada tahun 2023 di Indonesia Convention Exhibition BSD setelah bulan Mei lalu. Comifuro 17 kembali mendatangkan jajaran booth merchandise, service, dan aktivitas oleh berbagai circle, komunitas, dan vendor besar lainya sebagai fokus utama acara. Ada juga lho, beberapa hal baru dan berbeda dari Comifuro sebelumnya yang semakin menambah keseruan dan pengalaman bagi para pengunjung, baik baru maupun lama. Penasaran kan? Simak yuk, apa saja yang seru dan baru dari pengalaman Comifuro 17 di hari pertama!

Suasana umum Comifuro 17 day 1

Melanjutkan tradisi dari Comifuro sebelumnya, Comifuro 17 menghadirkan mainstage sebagai centerpiece yang menghibur dan menemani para pengunjung selama berkeliling di venueyang luas. Di hari pertama ini, rundown panggung utama ini padat dengan berbagai talkshow yang membahas topik-topik relevan seputar budaya jejepangan secara lokal di Nusantara. Comifuro 17 menghadirkan Lapedas, Kaori Kajima, Shikisai, Toge Production, serta Muse Indonesia & ATM Studio untuk memberikan wawasan mereka seputar topik sosial dan profesional di industri komik, video game, dan voice acting Indonesia. Kegiatan mainstage di hari pertama juga ditutup oleh live performance Here Us! dan debut bombastis JKT 48 Virtual sebagai highlight yang menggugah keramaian pengunjung.

Live Performance JKT 48 V di penghujung hari pertama

Seperti pada bulan Mei, terdapat foodcourt yang menawarkan jajaran makanan dan minuman dari beragam selera, khususnya khas Jepang yang sesuai dengan tema Comifuro. Foodcourt kembali mendampingi mainstage dalam menempati 1 hall pada venue acara untuk membentuk area istirahat bagi para pengunjung. Perbedaannya kali ini adalah lokasi area istirahat yang dipindahkan pada hall 7, sehingga Comifuro 17 dapat menggunakan 4 hall secara total untuk menambah jumlah booth dan luas ruang bagi aktivitas vendor dan pengunjung.

Peningkatan fasilitas Comifuro 17 juga tidak sampai situ saja! Baik di dalam maupun luar venue, tersedia loker penitipan barang dan ruang ganti yang difasilitasi untuk para pengunjung biasa dan cosplayer. Mengingat jumlah cosplayer yang diluar dugaan pada Comifuro sebelumnya, puluhan ruang ganti dan sebuah area khusus cosplayer pada bagian luar venue kini disediakan untuk menghindari antrian dan kepadatan sekitar kamar mandi dan jalur - jalur pengunjung lainya. Ditambah dengan sistem ticketing yang sepenuhnya online dan tanpa tiket on the spot, Suasana antrian masuk dan aktivitas di Comifuro 17 juga kini semakin lancar.

Pemakaian hall 7 untuk memuat lebih banyak booth

Walaupun banyak fasilitas baru yang sudah diterapkan bagi kenyamanan pengunjung, Comifuro 17 tetap memiliki suasana yang cukup padat dan ramai akibat puluhan ribu pengunjung yang beraktivitas di sepanjang acara. Dengan lebih banyak ruang beraktivitas dan booth yang tersedia, semakin banyak pengunjung yang mendatangi Comifuro untuk membeli merchandise, jasa, ataupun meet up dengan illustrator dan kreator konten favorit mereka. Berbagai komunitas game, cosplayer, dan fandom jejepangan populer juga semakin terlibat dan ikut menghadiri Comifuro 17 dengan mendirikan booth sendiri. Dengan kehadiran ini, banyak pengunjung yang berdatangan dari komunitas ikut meramaikan acara dengan berkumpul dan beraktivitas bersama.

Foto bersama komunitas Arknights Indonesia (AKID) Jabodetabek

Seperti inilah suasana dan hal - hal yang baru dari Comic Frontier 17. Dengan banyaknya aktivitas seru dan fasilitas baru yang membantu pengunjung di hari pertama, apakah minna san tertarik mengikuti keseruan di hari kedua? Sekian pengalaman dari Comifuro 17 Day 1, terima kasih sudah membaca & yoroshiku!

Writer: Nashi

Editor: 59ducks

Sources:

Twitter @comifuro

Instagram @kantordokutahjabodetabek