Konnichiwa, Minna-san! Bagaimana kabar kalian? Semoga kalian baik-baik saja ya. Pada kesempatan ini, kami ingin mengenalkan sebuah aplikasi kepada kalian yang tertarik menjadi karakter anime. Apakah kalian familiar dengan VTubing? Apakah kalian ingin melakukan VTubing tetapi tidak ingin mengeluarkan uang untuk membeli model VTuber yang bagus? Disinilah jawaban kalian. Kali ini, kami akan membahas sebuah aplikasi VTuber yaitu REALITY.

REALITY - Become an Anime Avatar

VTuber atau Virtual YouTuber, adalah live streamer atau YouTuber yang menggunakan avatar digital untuk membuat berbagai macam konten seperti permainan video game, reaksi video, obrolan random, dan sebagainya. VTubing sendiri berasal dari Jepang dan dipublikasikan melalui suatu agensi. Dengan ini, agensi dapat merekrut pengisi suara atau seiyuu untuk menjadi Vtuber. Contohnya seperti Gawr Gura, Kobo Kanaeru, dan Suisei yang berasal dari perusahaan produksi Hololive dan Vox Akuma, Mysta Rias, dan Ike Eveland dari Nijisanji. Saat ini, siapa pun bisa menjadi VTuber tanpa harus bergabung di sebuah agensi karena sekarang sudah ada banyak aplikasi yang menawarkan penggunanya untuk menjadi avatar digital, salah satu contohnya adalah REALITY.

Kostumisasi karakter REALITY

REALITY adalah aplikasi sosial yang dikembangkan oleh REALITY. Inc. Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play Store and App Store sejak Agustus 2018. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat membuat avatar sendiri berupa karakter anime. Oleh karena itu, aplikasi ini banyak diminati oleh komunitas wibu atau penggemar Jepang di Indonesia. Pengguna dapat membuat avatar dengan menyesuaikan bagian wajah, tubuh, rambut, pakaian, dan latar belakang dengan mengumpulkan item dari hadiah misi ataupun gacha untuk mendapatkan item-item musiman dan pakaian unik. Tidak hanya itu, REALITY dapat menerjemahkan gerakan kepala dan wajah langsung ke avatar anime dengan kamera depan ponsel, sehingga membuat avatar kita seolah-olah hidup.  Karena itu, pengguna tidak harus menampilkan wajah asli mereka dan dapat merahasiakan identitas pribadi sepenuhnya saat bersiaran.

Fitur utama dari aplikasi ini adalah fitur penyiaran langsung dengan avatar anime yang sudah di-customize sesuai keinginan kita. Pengguna dapat melakukan siaran langsung yang dapat ditonton oleh pengguna-pengguna lain dari berbagai negara sehingga dapat berkenalan dengan orang-orang yang berbeda. Maka dari itu, aplikasi REALITY dapat menjadi wadah sosial untuk membangun koneksi, mencari teman, dan bahkan mencari pacar. Saat melakukan siaran langsung, penyiar lain dapat bergabung ke siaran langsung kalian hingga maksimal empat orang supaya suasana lebih ramai dan menyenangkan.

Followers di REALITY

Melalui siaran langsung, pengguna REALITY dapat menambahkan pengikut atau followers dan juga likes dari pengguna lain yang masuk ke siaran langsung. Hal ini mirip dengan Instagram atau Tiktok yang juga dapat menambahkan followers dan likes dengan mengunggah video atau foto. Namun, perbedaannya adalah REALITY mendapatkan followers dan likes dengan melakukan siaran langsung. Performa pengguna dapat dilihat dari sebuah fitur yang dinamakan analisis insights. Lama waktu siaran, jumlah pengunjung, jumlah likes, jumlah followers baru, dan tingkat kesetiaan pengunjung siaran dari catatan berapa kali mereka mengunjungi siaran dan memberikan hadiah dapat dilihat menggunakan insights. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengetahui popularitasnya dalam dunia virtual.

Untuk menambahkan keseruan saat bersiaran langsung, REALITY menyediakan fitur hiburan selama bersiaran. Salah satunya adalah game yang beragam, seperti menyusun menara, tebak gambar, menyusun puzzle, dan masih banyak game lainnya. Tidak hanya itu, REALITY juga sering mengadakan event yang membuat pengguna dapat mengendalikan avatar mereka untuk mengelilingi world map. Salah satu contohnya adalah pada saat event kolaborasi dengan aespa, sebuah grup idol asal Korea Selatan. Pengguna dapat mengeksplorasi map panggung konser aespa sambil bersiaran langsung. Avatar pengguna dapat melakukan animasi-animasi menarik seperti berjalan, berlari, dan duduk. Hal tersebut membuat pengguna dapat mendapatkan experience menarik selama bersiaran langsung.

Slogan REALITY

Aplikasi REALITY akan sangat cocok untuk kalian yang menyukai konten Vtuber, youtube, anime, dan siaran langsung. Selain itu, bagi kalian yang suka berinteraksi dengan orang-orang baru sambil menunjukkan bakat menyanyi, memainkan musik, mengisi suara, dan sebagainya, akan cocok sekali untuk menjadi penyiar REALITY. Pengguna REALITY dapat meningkatkan tingkat sosial mereka karena dapat bertemu, bersosialisasi dengan orang baru, dan bermain bersama. Tidak sabar untuk mencoba keseruan REALITY? Kalian bisa langsung unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store secara gratis. Sekarang adalah kesempatan kalian untuk membuat karakter unik dan menyiarkan langsung!

Writer: yuishiromayu
Editor: Mizuki

Sumber :

REALITY-Google Play

REALITY-AppBrain