Halo, minna! Pada tanggal 23 Desember 2023 kemarin, Nippon Club berkesempatan untuk melakukan acara benchmarking dengan Nihon Utopia. Acara ini diusulkan oleh Nihon Utopia dan dilaksanakan secara online melalui Zoom.

Sebelumnya, Nihon Utopia itu apa, sih? Nihon Utopia adalah sebuah UKM bagi mahasiswa Universitas Pelita Harapan (UPH), yang memiliki ketertarikan pada budaya Jepang, sama seperti Nippon Club. Benchmarking yang dilakukan ini bertujuan untuk saling bertukar wawasan dari Nihon Utopia maupun Nippon Club.

Logo Nihon Utopia

Acara dimulai pukul 10:30 dengan doa pembuka, disusul oleh kata sambutan dari MC acara, Kak Sharon dari Nihon Utopia, serta ketua umum Nihon Utopia, Kak Nindira, sebagai penyelenggara acara. Selanjutnya, dilakukan sesi perkenalan antar organisasi, di mana setiap peserta akan diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri dan menyebutkan divisi yang mereka wakili.

Inti benchmarking dimulai pada pukul 11:00 dari pihak Nippon Club. Masing-masing anggota divisi yang menghadiri acara tersebut mengenalkan struktur, jobdesk, dan hal-hal yang ingin ditingkatkan dari divisi mereka secara bergiliran. Presentasi ini bertujuan untuk mengenalkan anggota kepengurusan Nihon Utopia mengenai divisi-divisi kepengurusan Nippon Club dan cara mereka bekerja bagi Nippon Club.

Bisa diketahui ada divisi komunitas yang mengurus komunitas-komunitas Nippon Club, divisi Member Support yang mengurus anggota maupun pengurus Nippon Club, divisi Media yang menggambar dan membuat media yang digunakan oleh Nippon Club, divisi Jurnalistik yang meliput dan menghasilkan konten, divisi Edukasi yang memfasilitasi kelas di Nippon Club, dan divisi Public Relation yang mengurus hubungan eksternal. Presentasi ini diikuti dengan sesi tanya jawab dari Nihon Utopia untuk Nippon Club.

Presentasi Divisi Nippon Club

Presentasi dilanjutkan oleh sisi Nihon Utopia. Awalnya hanya sebuah komunitas di UPH, Nihon Utopia telah berdiri sejak sekitar tahun 2006 hingga akhirnya diusulkan menjadi UKM Nihon Utopia yang dikenal sekarang. Sekarang, Nihon Utopia berdiri di bawah naungan Student Life UPH yang mengurus semua UKM yang ada di universitas tersebut. UKM ini bertujuan untuk memberikan tempat bagi mahasiswa UPH yang memiliki ketertarikan mengenai budaya Jepang untuk bersosialisasi dan berkembang bersama.

Nihon Utopia ini ternyata memiliki ukuran yang cukup kecil. UKM ini ditopang hanya oleh 13 pengurus saja, sebuah angka yang membuat kami, kepengurusan Nippon Club yang mengikuti acara benchmarking pada hari itu, terkagum-kagum. Ketiga belas pengurus tersebut yang mengurus semua aspek dari UKM Nihon Utopia selama setahun ini. Ada Kak Nindira selaku Ketua Umum, Kak Andrew sebagai Wakil Ketua Umum, Kak Darren sebagai Sekretaris, dan Kak Oliver sebagai Bendahara.

Lalu, di divisi Internal yang mengurus kegiatan internal di Nihon Utopia dan UPH, ada Kak Newin dan Kak Valent. Di divisi Eksternal yang mengurus hubungan dan kegiatan eksternal Nihon Utopia ada Kak Sharon. Di divisi Social Media yang mengurus akun media sosial Nihon Utopia ada Kak Ferris. Di divisi Bahasa & Budaya yang mengurus kelas yang diadakan Nihon Utopia ada Kak Patricia dan Kak Skye. Di divisi Design, Documentation, & Multimedia, ada Kak Cecilia, Kak Vivi, dan Kak Josephine.

Kepengurusan Nihon Utopia

Salah satu hal unik dari Nihon Utopia adalah jenis kelas-kelas yang ditawarkan. Tak hanya kelas bahasa saja, Nihon Utopia juga mengadakan kelas hobi dan kelas budaya. Di kelas hobi, anggota Nihon Utopia dapat dengan bebas bertukar hobi seputar Jejepangan dan melakukan acara kecil bersama, termasuk acara pull bersama di game Genshin Impact ataupun Honkai: Star Rail. Lalu, kelas budaya membahas berbagai budaya yang ada di Jepang, seperti budaya makan atau festival-festival tahunan yang diadakan di sana.

Pihak Nihon Utopia juga memaparkan program kerja yang telah dilaksanakan. Sama seperti Nippon Club, Nihon Utopia juga memiliki Welcoming Party yang disebut sebagai Welcoming Gathering. Selain itu, mereka juga berpartisipasi pada acara-acara yang dilaksanakan UPH seperti Campus Life Week 2022, Cultural Week 2023, dan UPH Talent Show 2023.

Pada April 2024, Nihon Utopia juga berencana menyelenggarakan Niu Matsuri yang merayakan ulang tahun Nihon Utopia yang ke-18. Lalu, untuk merayakan masa jabatan kepengurusan selama satu tahun akan diadakan Goodbye Gathering 2023/2024 yang ditujukan untuk kepengurusan Nihon Utopia sekarang.

Nihon Utopia juga memiliki merchandise mereka sendiri lho! Sayangnya, merchandise-merchandise ini belum dijual secara online meskipun sudah memiliki rencana. Selama ini, mereka baru bisa menjual merchandise mereka di acara-acara yang Nihon Utopia selenggarakan.

Katalog Merchandise Nihon Utopia

Sama seperti sebelumnya, presentasi dari Nihon Utopia juga diakhiri dengan sesi tanya jawab dari Nippon Club. Setelah sesi tanya jawab yang ramai, para peserta acara benchmarking diberikan istirahat selama lima belas menit lalu terjun ke sesi ice breaking. Di sesi ini, para anggota kepengurusan Nihon Utopia dan Nippon Club saling berbincang mengenai topik apapun untuk mendekatkan diri.

Acara berakhir sekitar pukul 14:00 dan ditutup dengan doa penutup dari pihak Nihon Utopia kembali. Secara keseluruhan, acara benchmarking ini sudah terlaksana dengan baik meskipun berakhir lebih siang daripada yang diperkirakan. Kami dari Nippon Club ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Nihon Utopia atas sesi benchmarking yang tentunya membuka pandangan kami. Kami harap Nihon Utopia juga mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari kami.

Author: Riri

Editor: Ravioli