Halo mina-san! Kalian pasti sudah tahu dong dengan istilah Virtual Youtuber. Virtual Youtuber atau yang disingkat dengan VTuber adalah YouTuber yang diwakili oleh avatar digital yang dihasilkan oleh grafik komputer. VTuber bisa bekerja secara independen atau bekerja di bawah agensi resmi. Salah satu agensi VTuber yang paling terkenal tidak lain adalah hololive, yang merupakan anak perusahaan dari Cover Corporation. Hololive membuka cabang pertama mereka di Jepang pada tahun 2018 dan menghasilkan generasi pertama dan kedua hololive JP (Jepang).

Hololive Idol Project | Jpop Wiki | Fandom

Lalu, Minato Aqua itu siapa sih? Minato Aqua adalah talent hololive yang merupakan bagian dari hololive JP generasi kedua yang debut pada 8 Agustus 2018. Minato Aqua berpenampilan sebagai seorang pembantu virtual bergaya pelayan laut. Minato Aqua memiliki kepribadian yang gigih, lucu, kekanak-kanakan, dan juga cengeng. Kepribadiannya itu berhasil menarik perhatian banyak orang dan membuatnya menjadi salah satu VTuber yang paling terkenal. Tingkah lakunya saat sedang siaran langsung mampu menciptakan suasana yang menyenangkan terutama saat sedang berinteraksi dengan penonton.

Minato Aqua juga dikenal luas sebagai VTuber yang pemalu. Meskipun begitu, Aqua sebenarnya memiliki bakat dalam bermain game teknis seperti Sekiro, Dark Souls, Apex Legends, dan League of Legends. Aqua mampu mencapai rank Master di Apex Legends, rank kedua tertinggi, dan rank Diamond di League of Legends, rank keempat tertinggi, dengan bermain solo. Kemampuannya dalam bermain game tersebut telah diakui oleh banyak VTuber lain dan bahkan oleh pemain profesional. Hal ini membuat Aqua sangat ditakuti dalam turnamen VSaikyou, sebuah turnamen FPS khusus VTuber.

Apex Stream Minato Aqua

Selain kemampuan bermain game-nya, Aqua juga terkenal dengan kemampuan menyanyinya. Siaran langsung karaokenya selalu dinantikan dan ditonton oleh banyak orang. Tidak hanya itu, Aqua juga tercatat memiliki 12 lagu solo dan 15 lagu kolaborasi sejak debut lagu pertamanya yang berjudul “#AquairoPalette” pada 29 Agustus 2020. Salah satu lagunya yang berjudul “Mada Aoi” juga dijadikan lagu tema pembuka untuk game orisinal miliknya. Selain lagu orisinal, Aqua juga menghasilkan banyak cover untuk lagu J-Pop dan Vocaloid.

Terlepas dari kemampuan bernyanyinya, Aqua juga mampu tampil di atas panggung. Aqua sendiri telah tampil di berbagai panggung, mulai dari konser sololive pertamanya hingga konser orisinal pertama hololive Bloom, pada 17 Februari 2021. Aqua juga sering diundang sebagai bintang tamu di konser VTuber lainnya baik di dalam dan di luar hololive. Hal ini membuktikan kegigihannya dalam menjadi idol yang selama ini dia impikan.

A cartoon of a child with pink hair and a microphone

Description automatically generated
Konser Ulang Tahun ke-5 Minato Aqua

Jika dilihat dari segi pencapaian, Aqua bisa dibilang salah satu VTuber yang paling sukses di dunia. Aqua adalah talent hololive ke-5 yang mencapai 1 juta subscribers di YouTube dan masuk dalam kategori penerima superchat terbanyak di dunia. Tidak hanya itu, Aqua juga terpilih untuk menjadi brand ambassador untuk Red Bull Gaming. Aqua juga menjadi ambasador untuk acara Yokosuka Sea Anime Carnival.

Nah, mina-san, apakah kalian tertarik untuk mendukung Minato Aqua sekarang? Jika kalian ingin mendukungnya, kalian bisa menjadi seorang subscriber dari channel YouTube-nya dan mengikuti media sosial lainnya agar tidak ketinggalan kabar terbaru. Semoga dengan menonton Aqua, kalian bisa menemukan kebahagiaan atau bahkan terinspirasi!

Penulis: Portu

Editor: Riri

Referensi:

Minato Aqua Wiki

Official hololive Website