Halo, Minna-San! Semoga kabarnya baik baik saja. Kebanyakan dari kalian mungkin tahu dengan istilah manhwa. Bagi yang tidak tau, manhwa adalah sebutan lain dalam bahasa Korea untuk menyebut komik dan telah dikenal sejak tahun 1920-an. Pada artikel kali ini, kita akan membahas salah satu manhwa yang cukup populer, yaitu Solo Leveling.

Solo Leveling merupakan sebuah karya yang ditulis oleh Chu-Gong dengan artist-nya Dubu. Manhwa ini menceritakan seorang Hunter bernama Sung Jin Woo. Dia mendapat julukan sebagai “The Weakest Hunter” karena walaupun sudah menjadi awakened human, dia jauh lebih lemah dari semua hunter di sekitarnya. Bahkan, ia hampir mati di beberapa low-level dungeon. Keadaan Sung Jin Woo mulai berubah ketika dia bersama dengan kelompoknya menjelajahi sebuah dungeon. Sesuatu yang tidak terduga terjadi kepada mereka. Mereka terjebak di dalam dungeon tersebut bersama dengan monster yang berbahaya. Hampir seluruh kelompoknya terbunuh, tetapi Sung Jin Woo berhasil selamat dan dia diberkahi sebuah sistem yang membuat dia menjadi sangat kuat. Dari situlah kisahnya dimulai.

Pada awalnya, seri Solo Leveling merupakan sebuah novel yang kemudian digarap menjadi sebuah manhwa dan secara cepat mengumpulkan banyak pembaca. Serialisasi manhwa ini memiliki 179 chapter and digabungkan oleh D&C Media menjadi 7 volume.

Bagi kalian yang mungkin ingin memasuki atau sedang mencari suatu manhwa untuk baca, mungkin anda dapat mencoba membaca manhwa ini. Memang di zaman sekarang plot ini sering digunakan di manhwa lain. Tetapi di saat zaman serialisasi Solo Leveling, plotnya merupakan sesuatu yang baru bagi para pembaca. Plotnya tidak hanya sebatas membunuh monster dan naik level, tetapi mencari dan menggali mengapa Sung Jin Woo mendapat kekuatan tersebut. Apakah karena hoki? Apakah ada makna lain mengapa Sung Jin Woo terpilih? Manhwa ini menceritakan itu semua dengan sangat baik. Nanti disaat Sung Jin Woo telah mengetahui mengapa dia diberikan kekuatan dan siapa yang memberikan kekuatan tersebut, Sung Jin Woo dapat mencapai kekuatan yang tidak terbatas oleh sistemnya.

Selain alur cerita yang bagus, manhwa ini juga memiliki visual yang sangat memanjakan mata. Semua aspek visualnya digambarkan dengan sangat detail. Di saat kalian membaca Solo Leveling untuk pertama kalinya, kalian dapat melihat betapa menarik dan memukau visualnya. Dapat dilihat bahwa Dubu benar benar memberikan yang terbaik untuk series tersebut. Setiap detail digambarkan dengan fokus dan banyak perhatian. Tidak heran jika banyak yang membaca Solo Leveling hanya untuk visualnya meskipun mereka tidak terlalu suka dengan alur ceritanya.

Solo Leveling memiliki sebuah spin-off bernama Solo Leveling: Side Story bagi kalian yang ingin tahu tentang nasib Sung Jin Woo setelah kejadian yang ada di Solo Leveling. Menceritakan tentang anaknya Sung Jin Woo bernama Sung Suho yang sedang melakukan tahap pewarisan kekuatan dari bapaknya Sung Jin Woo, tetapi dia tidak mengetahui bahwa ayahnya memiliki kekuatan supernatural. Spin-off ini cukup menarik untuk dibaca, tetapi jika kalian ingin mencari keseruan seperti Solo Leveling maka mungkin ini kurang cocok untuk anda. Ini hanya cerita tambahan untuk para penggemar Solo Leveling.

Saking suksesnya manhwa Solo Leveling, tidak hanya sebuah spin off, manhwa Solo Leveling juga diberi sebuah anime series yang digarap oleh studio A-1 Pictures. Series ini dijadwalkan tayang pada bulan Januari tahun 2024 dan diperkirakan akan mendapat jatah sebanyak 24 episode dan akan dibagi menjadi 2 cour. Bagi anda yang membaca manhwa-nya, anda pasti tahu seberapa keren fight scene-nya di manhwa tersebut dan sekarang kita dibawakan anime Solo Leveling oleh studio A-1 Pictures yang tentunya akan sangat memanjakan mata dengan grafiknya. Di manhwanya saja keren sekali, apalagi di animenya?

Secara kesimpulan, manhwa ini sangat worth it sekali untuk dibaca. Dari segi alurnya yang sangat menarik sampai art yang sungguh memanjakan mata. Manhwa ini akan dikenang sebagai salah satu manhwa yang ikonis di kalangan pembaca manhwa. Saya yakin manhwa ini akan berkesan kepada siapa pun yang membacanya. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja membaca manhwa Solo Leveling.

Writer: Stevvv

Editor: Riri

Sumber:

Solo Leveling Wikipedia

Solo Leveling Fandom Wiki