Hello, everyone! I hope your week has been treating you kindly. Apa yang terlintas pertama kali di benak kalian ketika mendengar tentang novel detektif? Jalan cerita yang rumit? Perjuangan untuk membongkar identitas pelaku? Atau bahkan Sherlock Holmes? Pada umumnya, sebagian besar cerita tentang detektif memang seperti itu. Akan tetapi, novel karya Keigo Higashino ini menawarkan cerita detektif dengan sudut pandang yang berbeda, yaitu dari sang pelaku sendiri. Berikut ini merupakan sinopsis dari The Devotion of Suspect X atau Kesetiaan Mr. X:

Ketika si mantan suami muncul lagi untuk memeras Yasuko Hanaoka dan putrinya, keadaan menjadi tak terkendali, hingga si mantan suami terbujur kaku di lantai apartemen. Yasuko berniat menghubungi polisi, tetapi mengurungkan niatnya ketika Ishigami, tetangganya, menawarkan bantuan untuk menyembunyikan mayat itu.

Saat mayat tersebut ditemukan, penyidikan Detektif Kusanagi mengarah kepada Yasuko. Namun sekuat apa pun insting detektifnya, alibi wanita itu sulit sekali dipatahkan. Kusanagi berkonsultasi dengan sahabatnya, Dr. Manabu Yukawa sang Profesor Galileo, yang ternyata teman kuliah Ishigami.

Diselingi nostalgia masa-masa kuliah, Yukawa sang pakar fisika beradu kecerdasan dengan Ishigami, sang genius matematika. Ishigami berjuang melindungi Yasuko dengan berusaha mengakali dan memperdaya Yukawa, yang baru kali ini menemukan lawan paling cerdas dan bertekad baja.

Kesetiaan Mr. X merupakan buku pertama dari seri Detektif Galileo. Meskipun dapat dibaca tanpa harus memedulikan urutannya, tentu tidak ada salahnya untuk mulai membaca dari buku pertama ini. Novel sebanyak 320 halaman ini memiliki enam tokoh yang peran dan keberadaannya cukup signifikan dari awal hingga akhir cerita. Dimulai dari Yasuko Hanaoka dan putrinya yang membunuh Shinji Togashi, Ishigami yang membantu mereka menutupi kejahatan tersebut, serta Detektif Kusanagi dan Dr. Manabu Yukawa yang berusaha mencari kebenaran dari kasus tersebut.

Berbeda dengan kebanyakan cerita detektif yang membuat pembaca menebak pelaku kejahatannya, dalam Kesetiaan Mr. X, pembaca sudah mengetahui siapa pelaku kejahatan tersebut dari sinopsisnya. Oleh karena itu, hal yang dibahas di dalam novel ini adalah alasan Yasuko membunuh mantan suaminya, usaha Ishigami untuk menutupi kejahatan tersebut, dan penyelidikan dari para detektif untuk mengetahui kronologi kejadian yang sebenarnya.

Salah satu daya tarik dari novel ini adalah perdebatan antara hukum dan simpati yang akan muncul di dalam diri pembaca setelah mengetahui motif pembunuhan tersebut. Jika biasanya pembaca akan merasa geregetan karena pelaku tidak kunjung ketahuan, di sini pembaca justru akan merasa iba dengan pelaku dan berharap supaya pihak kepolisian tidak mengetahui kejadian aslinya. Sayangnya, harapan itu perlahan mulai runtuh setelah kehadiran Yukawa yang sama geniusnya dengan Ishigami.

Hal menarik lainnya dari novel ini adalah pertarungan antara Ishigami dan Yukawa, genius di bidang mereka masing-masing. Selain itu, keseluruhan ceritanya juga mudah dipahami karena kalimat demi kalimatnya disusun dengan rapi. Oleh karena itu, pembaca juga bisa membayangkan setiap peristiwa yang ada dengan mudah. Last but not least, plot twist dari Kesetiaan Mr. X juga patut diacungi jempol.

Di sisi lain, novel ini juga masih memiliki kekurangan. Penyelidikan dari Detektif Kusanagi terkesan sedikit dipaksakan karena terlalu berfokus pada Yasuko. Padahal, masih banyak kemungkinan lain yang tidak bisa sepenuhnya diabaikan. Pesan moral yang paling utama dari novel ini adalah jangan menghalalkan segala cara untuk memperoleh sesuatu. Seperti kata pepatah, sepintar-pintarnya bangkai ditutupi, baunya tetap tercium juga.

Secara keseluruhan, Kesetiaan Mr. X merupakan novel yang menarik untuk dibaca. Bagi kalian yang tertarik untuk membaca novel ini, kalian dapat membelinya secara luring di toko buku terdekat atau daring melalui online shop. Sekian ulasan mengenai Kesetiaan Mr. X. See you in the next article! Take care!

Author: Kamarel

Editor: Riri

Sumber:

BookSeries