Halo Mina-san! Beberapa saat yang lalu, Nippon Clubsudah mengadakan kegiatan LDK Aktivis sebagai salah satu program kerja organisasi. Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis atau LDK Aktivis adalah program kerja wajib yang bertujuan untuk melatih dan mempersiapkan para aktivis baru Nippon Club. Aktivis adalah sebuah jabatan di dalam keorganisasian yang berperan mendorong pelaksanaan kegiatan yang ada di dalam organisasi selama masa jabatan mereka. Mengikuti LDK Aktivis adalah salah satu syarat untuk ditetapkan secara resmi sebagai aktivis Nippon Club. Kira-kira ada apa saja sih di dalam LDK ini, simaklah di artikel ini.

LDK Aktivis berjalan selama satu hari pada tanggal 18 Februari 2024 lalu dari pukul 13.00 sampai selesai. Pembukaan LDK Aktivis dilakukan dengan pengerjaan pre-test oleh para aktivis untuk mengukur tingkat pengetahuan awal mereka tentang leadership, bentuk organisasi secara umum, dan tentang Nippon Club sendiri. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pembawaan materi pertama oleh alumni kita kak Faldo yang pernah menjabat sebagai ketua umum Nippon Club. Dengan membawakan materi leadership, Kak Faldo menjelaskan peran seorang leader untuk bisa memandu, memotivasi, dan membimbing para anggotanya. Kak Faldo juga menyebutkan tipe-tipe leadership yang ada, seperti otoriter, demokratis, dan lainnya, beserta kelebihan dan kelemahan mereka. Kak Faldo juga menjelaskan prinsip The Golden Circle, sebuah model yang bisa digunakan oleh leader-leaderselanjutnya sebagai sebuah tolak ukur atau dasar untuk merealisasikan kinerja organisasi dan hasil yang direncanakan. Sebagai penutup materi pertama, para peserta harus mengerjakan sebuah post-test dari materi yang baru saja dibawakan.

Materi selanjutnya adalah penjelasan Nippon Club sendiri kepada para aktivis yang dimulai dari profil Nippon Club, visi dan misi organisasi, serta arti dari lambang Nippon Club. Para aktivis juga diperkenalkan kepada arti dari nilai NISHI, yakni Noble, Integrity, Solidarity, Hardworking, dan Initiative. Melanjutkan penjelasan tersebut, para aktivis juga diperkenalkan kepada detil-detil kepengurusan Nippon Club, seperti struktur kepengurusan, gambaran singkat mengenai waktu kerja atau timeline program kerja kepengurusan Nippon Club selama satu tahun ke depan, serta penjelasan setiap program kerja.

Program kerja Nippon Club terbagi menjadi dua bentuk, Program Kerja Wajib dan Program Kerja Inisiatif. Program Kerja Wajib adalah program kerja yang wajib untuk dijalankan oleh semua Unit Kegiatan Mahasiswa. Program Kerja Inisiatif adalah program kerja yang dilaksanakan pada masing-masing region kampus Nippon Club. Pembawaan materi Program Kerja Wajib dilakukan oleh ketua umum Nippon Club saat ini dan materi Program Kerja Inisiatif dibawakan oleh ketiga ketua cabang Nippon Club sesuai dengan region mereka dari Kemanggisan, Alam Sutera, dan Bandung. Waktu pelaksanaan, lokasi pelaksanaan, jumlah panitia, dan jumlah target peserta yang diinginkan untuk setiap program kerja juga dijabarkan. Sama seperti sebelumnya, para aktivis juga harus mengerjakan post-test untuk mendalami materi yang baru dibawakan.

Seperti itulah suasana LDK Aktivis Nippon Club untuk tahun 2024 ini. Untuk para teman-teman aktivis saat ini, diharapkan kalian mendapatkan pengetahuan dan menjadi semakin siap untuk mengerjakan tugas dan kewajiban mereka sebagai aktivis dari Nippon Club. Selamat kepada para aktivis yang sudah lulus dari pelatihan ini dan semangat untuk menjalani kewajiban kalian agar Nippon Club semakin maju!

Writer: Mizuki

Editor: Nashi