Hello everyone! I hope your week has been great so far. Apakah kalian menyukai novel thriller atau misteri? Jika iya, kalian harus mencoba membaca novel-novel karya Rikako Akiyoshi. Sejauh ini sudah ada sebelas karyanya yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh Penerbit Haru. Imprisonment sendiri merupakan novel ke-11 yang dirilis pada Desember 2023. Berikut ini merupakan gambaran singkat dari novelnya:

Yukie sudah kewalahan merawat anak sambil bekerja.

Ia memutuskan untuk resign dan malam ini adalah malam terakhirnya.

Ia menitipkan putrinya kepada suaminya di rumah.

Akan tetapi, suaminya tidak membalas pesan, tidak pula menjawab telepon....

Sesuai dengan gambaran singkatnya, Imprisonment menceritakan tentang Yukie yang kesulitan untuk mengatur waktu sebagai perawat dan ibu rumah tangga. Dalam menceritakan kisah ini, Imprisonment menggunakan dua sudut pandang yang berbeda, yaitu dari sisi Yukie dan suaminya. Alhasil, perasaan pembaca dibuat naik turun karena perbedaan sudut pandang tersebut. Kisah dalam novel setebal 276 halaman ini juga hanya berlangsung selama dua hari, yaitu pada malam natal dan hari natal. Oleh karena itu, setiap kejadian dituliskan dengan sangat detail sehingga pembaca dapat lebih mudah membayangkan adegan yang ada.

Setelah membaca Imprisonment, tidak bisa dipungkiri bahwa penggambaran mengenai aktivitas tenaga medis di novel ini memang patut untuk diacungi jempol. Rikako Akiyoshi pasti sudah melakukan riset secara mendalam untuk menulis karya ini. Selain detail, penulisannya juga mudah dimengerti. Maka dari itu, pembaca awam yang tidak memiliki latar belakang medis pun tidak perlu khawatir. Kalian pasti bisa menikmati novel ini tanpa merasa kebingungan meskipun ada banyak istilah medis di dalamnya.

Tidak hanya itu, terjemahan dari Imprisonment juga rapi dan nyaman untuk dibaca. Desain sampulnya pun sangat menggambarkan isi cerita dan ketegangan di dalamnya. Selain itu, alurnya juga menarik sehingga mendorong pembaca untuk membaca terus-menerus hingga novelnya selesai. Setiap karakternya juga terasa nyata karena penulisnya benar-benar menuliskan perasaan dan pemikiran mereka dengan jelas.

Di sisi lain, Imprisonment juga masih memiliki kekurangan. Petunjuk mengenai plot twist dalam ceritanya hanya ada sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Oleh sebab itu, plot twist-nya memang mengejutkan dan sangat tidak terduga. Namun, beberapa orang mungkin akan merasa bahwa plot twist-nya memaksa dan kurang bisa dipercaya.

Ada cukup banyak pesan moral dari Imprisonment. Salah satunya adalah pentingnya komunikasi yang baik dengan pasangan untuk mencari solusi dari masalah yang sedang dihadapi. Sejatinya, menyatukan dua kepala memang tidak akan mudah. Akan tetapi, jembatan yang bisa menyatukannya adalah komunikasi.

Secara keseluruhan, Imprisonment merupakan novel yang patut untuk dibaca terutama bagi para pecinta thriller dan misteri. Bagi kalian yang tertarik untuk membaca novel ini, kalian dapat membelinya secara luring di toko buku terdekat atau daring melalui online shop. Pastikan kalian tidak membeli buku bajakan ya. Sekian ulasan mengenai Imprisonment. See you in the next article! Take care!

Writer  : Kamarel

Editor  : SimpleX

Source : Penerbit Haru