Class
SCHEDULE

*Page ini hanya khusus untuk Nippon Club di Kemanggisan

CALENDAR

LANGUAGE

Japanese Language (日本語)

Nippon Club menyediakan kelas bahasa Jepang dengan 3 tingkat. Tingkat ketiga dari kelas bahasa Jepang Nippon Club setara dengan N5 Japanese Language Proficiency Test.

Berikut adalah hasil dari ujian kelas bahasa Jepang Nippon Club:

ACTIVITY

Igo (囲碁)

Igo atau go adalah permainan papan strategis antar dua pemain. Kedua pemain, hitam dan putih, bertempur untuk memaksimalkan wilayah yang mereka kuasai, mengelilingi daerah besar di papan dengan batu-batunya, menjebak batu-batu musuh yang menyusup daerahnya, dan melindungi batu-batu mereka dari penangkapan.

Shogi (将棋)

Shogi atau catur Jepang adalah permainan papan dari Jepang yang dimainkan oleh dua orang di atas papan 9 lajur dan 9 baris yang berwarna sama. Ciri khas shogi yang sangat membedakannya dari catur adalah sistem memainkan kembali buah lawan yang sudah ditangkap. Walaupun sudah naik pangkat, buah yang tertangkap akan kembali ke pangkat semula. Buah lawan yang tertangkap menjadi milik pihak yang menangkap, dan dapat diletakkan kembali di atas papan untuk memerangi mantan majikan.

Manga (漫画)

Manga merupakan komik yang dibuat di Jepang, kata tersebut digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang, sesuai dengan gaya yang dikembangkan di Jepang pada akhir abad ke-19. Di kelas Manga, kita bisa mempelajari cara menggambar ala Jepang tersebut.

Kelas terbagi 2, manga 1 dan manga 2. Di manga 1 kita akan mempelajari dasar penggambaran struktur badan, arsiran, angle, perspektif, gesture dan emosi wajah. Lalu di manga 2 kita akan belajar untuk membuat komik dari dasar. Dari mendisain karakter, membuat cerita, nama, penggambaran latar dan pembuatan sebuah komik.

Flanel (フランネル)

Flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis (tergantung bahan pembuatnya). Biasa digunakan untuk membuat beberapa pernak-pernik seperti replika makanan, replika kue, gantungan kunci, gantungan HP, bros dan lain-lain.

Himozukai (紐図解)

Himozukai / Promise Ring merupakan kerajinan membuat aksesoris gelang dengan cara mengikat benang sulam. Di Jepang terdapat kepercayaan bahwa Promise Ring dibuat sambil mengucapkan permohonan kita dan apabila ketika gelang tersebut dikenakan dan putus, maka permohonan yang kita ucapkan akan terkabulkan.

kazarimono (飾り物)

Kazarimono memiliki arti benda-benda hiasan. Di kelas kazarimono ini, akan diajari cara membuat benda-benda yang dapat digunakan untuk menghias. Ada 3 kerajinan tangan yang akan diajari di kelas ini:

+ Kusudama (薬玉)

Bisa diartikan sebagai origami 3D. Pada umumnya kusudama membentuk bunga yang disatukan hingga membentuk sebuah bola atau kubus. Kusudama ini diberi tali dan dapat menjadi hiasan yang dapat digantung.

+ Kurumie (くるみ絵)

“Wrapping picture” berupa gambar 3D yang dibuat dari busa/karton yang dibungkus dengan kertas washi dan kain chirimen. Bisa ditempel di sikishi dan dibingkai sebagai hiasan dinding atau sebagai gift.

+ Kirigami (切り紙)

Kertas yang dilipat-lipat lalu digunting untuk membentuk sebuah pola yang cantik. “Kiri” dalam “Kirigami” memiliki arti “memotong”, ini mengartikan bahwa pada kelas ini lebih diutamakan seni memotong dalam memotong kertas.

Origami (折り紙)

Origami merupakan sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Sebuah hasil origami merupakan suatu hasil kerja tangan yang sangat teliti dan halus pada pandangan.

Crochet / Kagibari Ami (かぎ針編み)

Crochet hampir sama dengan merajut, hanya saja crochet menggunakan satu jarum yang bernama hakpen, sedangkan merajut menggunakan dua jarum. Arti crochet yang sebenarnya adalah merenda, tapi yang bisa dibuat dari kerajinan tangan crochet ini sangat banyak, dari kantong handphone, topi, cardigan, dan bahkan boneka yang biasanya dikenal sebagai amigurumi.

Washi Ningyo (和紙人形)

Washi Ningyo adalah seni membuat boneka dari kertas washi. Washi atau wagami adalah kertas yang dibuat dengan metode tradisional di Jepang. Dibandingkan kertas produksi mesin, serat dalam washi lebih panjang sehingga washi bisa dibuat lebih tipis, namun tahan lama (tidak lekas lusuh atau robek). Washi Ningyo / Boneka Washi yang dibuat dapat berupa boneka dua dimensi maupun tiga dimensi.

Card o Tsukurou (カードを作ろう)

Card o Tsukurou atau Japanese pop-up card adalah sebuah seni membuat kartu ucapan dalam bentuk 3 dimensi atau 2 dimensi. Umumnya kerajinan tangan ini digunakan sebagai kartu ucapan, namun seiring dengan berkembangnya zaman, Card o Tsukurou berkembang tidak terbatas sebagai kartu ucapan namun juga bisa digunakan untuk penciptaan buku cerita untuk anak-anak dalam bentuk pop-up.

Top-->