Anak Muda Indonesia Raih Manga Award di Jepang

Konichiwa Minna!! Untuk artikel kali ini boku ada suatu kabar menggembirakan !!! Salah satu anak muda Indonesia telah berhasil meraih manga award di Jepang !! Wohooooooooooo ~~~ Berikut profil mereka ~

Dua orang anak muda Indonesia, Muhammad Fathanatul Haq (24) yang berprofesi sebagai artist dan Ockto Baringbing (29) seorang penulis, dapat penghargaan Silver pada International Manga Award ke-6 yang diikuti 38 negara dan 245 naskah, diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Jepang.

 Keberhasilan mereka bahkan dapat sambutan dan komentar yang sangat baik dari Ketua Dewan Juri, Machiko Satonaka, “Saya senang sekali dengan karya Lima Menit Sebelum Siaran. Sangat unik dan menarik sampai tertawa saya melihatnya, punya unsur komedi yang sangat baik. Ternyata dunia TV di mana-mana sama juga ya,” ungkapnya seusai acara penyerahan hadiah kepada para pemenang yang berlangsung di Iikura House Roppongi, Tokyo, Jepang.

 Satonaka yang juga pembuat manga profesional di Jepang sangat senang dengan berbagai keunikan karya mangga para peserta ternyata beraneka ragam, “Mereka sangat kreatif dan penuh enerjik kelihatan dari karya-karyanya. Saya sangat bahagia dan berharap manga bisa jauh lebih tersebarluas ke mana pun karena dengan manga juga bisa mengandung unsur pendidikan yang dapat menyampaikan segala macam bentuk kehidupan dan pengetahuan kepada masyarakat luas,” tambahnya. Demikian pula Menteri Luar Negeri Fumio Kishida dalam komentarnya sebelum mengangkat toast bersama, mengharapkan dunia mangga dapat menjadi lebih populer di mana pun serta dapat semakin meningkatkan persahabatan di antara semua bangsa dengan Jepang sehingga perdamaian pun tercipta dengan baik.

Ockto yang memperoleh hadiah silver tersebut tampak gembira sekali, “Hidup manga Indonesia! Salam buat semua rakyat Indonesia, kami bahagia sekali dan sangat berterima kasih kepada semua pihak terutama keluarga kami, sehingga dapat berhasil seperti sekarang ini. Saya juga akan kembali aktif, kembali bersemangat, menekuni dunia manga ini,” katanya, dengan bangga. Selain itu Ockto mengakui bahwa sebelum mendapatkan penghargaan ini dia sempat jatuh hampir frustrasi karena banyak karyanya selalu ditolak dan tertutup oleh banyaknya karya buku manga dari berbagai artist.

Karya-karya dari Indonesia selalu ikut serta dalam kompetisi ini sejak awal, tetapi tak pernah menang dan untuk pertama kali di kompetisi ke enam kali ini peserta Indonesia berhasil mendapatkan medali silver. Kita harapkan tentu di tahun mendatang ada peserta Indonesia yang dapat berhasil memperoleh emas. Ayo para otaku, mari kita buat Indonesia bangga dengan prestasi kita ^^

Sumber : http://j-cul.com/anak-muda-indonesia-raih-manga-award-di-jepang/