Kata memiliki pengaruh yang kuat dalam bersosialisasi dalam kehidupan sehari hari, maka itu setiap Negara memiliki beberapa kata tersendiri yang digunakan untuk mengekspresikan emosi dan ide mereka. Nah ~~ pada kesempatan kali ini = w = boku akan memperkenalkan kepada minna 8 kata yang melambangkan ciri khas budaya Jepang, yuk mari kita lihat apa saja sih?

 1. Genki (元気)

 Di Jepang, antusiasme dan energi sudah menjadi bagian dari kehidupan mereka. Maka tidak jarang ketika orang Jepang memulai pembicaraan setelah menyambut lawan bicara akan bertanya O genki desu ka?. Konsepnya sama seperti orang Amerika bertanya How are you?

 2. Mottainai (もったいない, 勿体無い)

 Mottainai adalah rasa penyesalan yang Anda rasakan ketika Anda membuang sesuatu. Jepang adalah sebuah negara kepulauan dengan sedikit sumber daya alam. Secara tradisional, orang Jepang sangat berhati-hati agar tidak membuang-buang makanan dan merawat benda-benda milik mereka.

Maka itu ada salah satu budaya di Jepang di mana ketika mereka ingin membuang barang mereka, mereka lebih rela untuk menjualnya kembali dibandingkan membayar petugas kebersihan untuk mengambil barang mereka.

 
3. Ganbatte (がんばって)

Ganbatte dapat diterjemahkan “lakukan yang terbaik!” atau “do your best!”.Ini adalah kata yang sering digunakan untuk memberikan semangat kepada lawan bicara. Bahkan dalam menghadapi saingan atau pun rival, orang Jepang tidak segan segan untuk mengatakan hal ini kepada lawan bicara mereka sebagai bentuk respect.


4. Kawaii (可愛い)

Kawaii adalah lucu/imut (cute). Segala sesuatu di Jepang dibuat sangat lucu. Kawaii adalah bisnis yang besar di Jepang. Hal ini juga adalah salah satu estetika budaya Jepang.

 
5. Otsukare (お疲れ)

Otsukare berarti “kelelahan”. Di Jepang, sangat dihormati untuk bekerja sendiri hingga kelelahan. Ketika orang-orang meninggalkan kantor pada malam hari mereka mengatakan – Otsukaresama deshita (Anda telah lelah). Ini adalah hal terbaik yang dapat Anda katakan dalam bahasa Jepang.

Selain itu, kata ini juga adalah bentuk pengertian orang lain terhadap anda yang mengatakan bahwa mereka “Menghargai kerja keras anda”. Anda dapat merasakan betapa senangnya anda ketika setelah anda bekerja keras, ada yang mengucapkan Otsukare kepada anda. Meskipun hanya kata, namun kata ini memberi pengertian bahwa ada yang menghargai kerja keras anda.

 

6. Shouganai (しょうがない)

Shouganai dapat diterjemahkan “tidak bisa diapa-apakan lagi”. Ini adalah filosofi Jepang tentang menerima nasib Anda.Kata ini digunakan untuk menjelaskan mengapa kebanyakan orang Jepang tidak tertarik dalam politik.

 
7. Yoroshiku (よろしく)

Yoroshiku adalah kata dalam bahasa Jepang yang paling sulit untuk diterjemahkan. Terjemahan terbaik yang tersedia adalah “harap berbuat baik kepadaku”. Kata ini digunakan ketika memperkenalkan diri di Jepang. Orang Jepang juga mengatakan Yoroshiku Onegaishimasu, yang bisa berarti “I am looking forward to work with you” dalam suatu organisasi atau perusahaan atau bahkan dalam lingkungan social.

 

8. Itadakimasu (いただきます)

Itadakimasu dapat diterjemahkan “Saya dengan rendah hati menerima”. Kata ini diucapkan di Jepang sebelum makan. Kata ini berarti berterima kasih kepada semua orang yang telah berperan dalam budidaya, berburu dan menyiapkan makanan. Dan biasanya setelah selesai makan, mereka akan mengucapkan Gochisousama deshita Jepang memiliki budaya Buddha. Itadakimasu juga merupakan ucapan terima kasih pada hewan dan tumbuhan yang telah memberikan hidup mereka untuk makanan.

Natsukashii nee ~~ jadi ingat kalau dulu boku juga sering mendengar kata kata seperti ini. Mina san tahu? Satu kata Ganbatte bisa memberikan semangat yang meluap luap loh >o< dan satu kata Otsukare ~~ bisa membuat seseorang merasa sangat dihargai. So let say these words a lot Minna ~~ ^^

Source : http://www.japanesestation.com/cara-menjelaskan-jepang-dalam-8-kata/