Bagi kalian para gadis tidaklah mengherankan bila kalian terkejut ketika bertemu lelaki dengan tingkah laku yang sangat asing bagi anda di Jepang. Ternyata untuk mebedakan mereka satu sama lainnya, Orang orang Jepang mengkategorikan lelaki berdasarkan tingkah laku mereka.

Kategori I : Nikushoku Danshi (Carnivorous Men)

Kategori yang satu ini merupakan impian bagi para wanita-wanita di Jepang. Pasalnya wanita-wanita Jepang sering mengeluh dengan tingkah laku kebanyakan lelaki Jepang yang pemalu dan tidak agresif. Nikushoku Danshi atau disebut “Lelaki Pemakan Daging” merupakan tipe lelaki yang suka menggoda para gadis, agresif dan umumnya menyukai olahraga dibandingkan segala sesuatu yang berhubungan dengan seni. Tipe ini tidak terlalu peduli dengan fashion dan gaya rambut mereka dan akan mengejar apa yang mereka mau tanpa ragu-ragu. Para gadis tidak perlu khawatir dalam mengkritik mereka karena Nikushoku Danshi tidak akan mudah depresi. Namun sebagai gantinya mereka cukup keras kepala dan sombong.

Kategori II : Soshoku Danshi (Herbivore Men)

Nah ini dia satu tipe yang membuat wanita wanita di Jepang merasa bosan. Soshoku Danshi atau “Lelaki Pemakan Sayuran” merupakan tipe lelaki dengan tingkah laku yang bertolak belakang dengan Nikushoku Danshi, para lelaki pemakan sayur ini peduli dengan gaya rambut dan pakaian mereka, sering kali terlihat pasif dan pemalu dalam hal pacaran. Bahkan beberapa jenis lelaki ini peduli dengan berat badan mereka. Tipe seperti ini tidak akan terlalu sering berargumen, namun mereka sering ragu ragu dalam mengambil keputusan. Bagi para ayah dan ibu, kalian tidak perlu khawatir kalau mereka akan menjadi preman, umumnya mereka tidur lebih awal dan suka membaca buku serta mendengarkan musik.

Kategori III : Gyoshoku Danshi (Fish Eating Men)

Gyoshoku Danshi digambarkan tidak seagresif Nikushoku Danshi namun mereka juga tidak pasif dan pemalu seperti Soshoku Danshi. Lelaki tipe ini lebih memilih untuk bersabar hingga gadis yang mereka suka mulai menunjukkan perhatian terhadap mereka. Digambarkan sebagai tipe lelaki yang cerdas dan tenang seperti air. Dalam Kategori ini terbagi menjadi beberapa kategori lainnya seperti Gyoushoku Danshi yang bertingkah laku seperti mereka tahu akan segalanya disebut “Teriyaki Type”, untuk mereka yang sabar disebut “Boiled Fish Type”, sementara bagi mereka yang jatuh cinta pada diri mereka sendiri alias Narsis disebut “Meuniere Type”.

Kategori IV : Rolled Cabbage Danshi (Rolled Cabbage Men)

Jangan heran bila kalian terkejut ketika bertemu dengan tipe lelaki seperti ini. Mereka memang memiliki gaya berpakaian yang mirip dengan “Lelaki pemakan sayuran”, namun itu hanyalah kedok belaka yang menutupi tingkah laku mereka yang seperti “Lelaki Pemakan Daging”. Tipe seperti ini akan menunjukkan wujud asli mereka ketika mereka sudah cukup dekat dengan seorang gadis. Tingkah laku mereka akan berubah wujud seperti Nikushoku Danshi.

Kategori V : Creamy Danshi (Creamy Men)

Senang curhat? Maka tipe ini adalah tipe yang tepat bagi kalian. Creamy Danshi cenderung merupakan pekerja keras, pendengar yang baik dan sering memberikan respon terhadap masalah yang dihadapi para gadis. Meskipun mereka tampak lembut dan peduli, mereka tetap memiliki personality maskulin mereka sehingga tipe ini merupakan tipe yang akan mensupport kekasihnya ketika mendapat masalah.

Kategori VI : Rikei Danshi (Science Men)

Kutu buku serta sering melihat segala sesuatu dari sisi logis merupakan tingkah laku utama dari kategori satu ini. Tipe yang satu ini bisa dikatakan tipe yang kaku dan selalu menganalisa dalam berbagai hal bahkan ketika kalian memberikan bahan candaan terhadap mereka, mereka akan menganalisanya secara logis. Tipe seperti bukanlah tipe yang mengikuti fashion dan trend. Berkomunikasi dengan wanita bukanlah sesuatu yang biasa bagi mereka dan tipe ini juga bukan tipe yang cocok dengan humor. Di antara kategori yang ada, tipe ini merupakan tipe yang paling sulit bagi para wanita untuk diajak berkomunikasi.

Kategori VII : Biyo Danshi (Beauty Men)

Tipe satu ini memiliki kebutuhan terhadap gaya rambut, gaya berpakaian dan perawatan kulit mereka yang lebih ekstrim dibandingkan para Lelaki pemakan rumput. Tipe satu ini memiliki keprihatinan terhadap diri sendiri yang lebih tinggi dibandingkan kategori lainnya, cara berkomunikasi yang cukup kanak-kanak, bergantung pada mood serta peduli terhadap apa yang orang lain pikirkan terhadap mereka. Para gadis tidak perlu khawatir ketika berbelanja baju terlalu lama dengan lelaki-lelaki cantik ini, pasalnya kalian memiliki kepentingan terhadap fashion yang sama dengan mereka.

Kategori VIII : Culture Danshi (Culture Man)

Merupakan lelaki yang suka dengan sejarah, umumnya mereka dijuluki kutu buku. Tipe yang satu ini umumnya introvert dan lebih suka untuk tinggal di dalam dunia mereka sendiri ketimbang berkomunikasi dengan public. Mereka menyukai hal hal berbau Literature, Musik dan Film. Mereka akan senang bila ada orang lain yang mengerti perasaan mereka.

Kategori IX : Fashion Danshi (Fashion Men)

Tipe lelaki yang tergila gila dengan fashion bahkan melebihi Biyo Danshi. Fashion Danshi memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas berkaitan dengan dunia Fashion. Tipe satu ini akan berusaha untuk mendapatkan produk baru lebih cepat dibandingkan orang lain dan mereka suka menjadi orang pertama yang menggunakan suatu produk. Barang barang bermerk dan barang barang langka adalah pilihan utama sebagai hadiah ulang tahun kepada mereka. Peduli terhadap cara mereka berpenampilan, Narsis serta sering terlihat terlalu bangga dengan diri mereka sendiri.

Kategori X : Ryori Danshi (Cooking Men)

Di Era modern ini, memasak bukanlah hal yang hanya dilakukan oleh para wanita. Ryori Danshi adalah tipe lelaki suka memasak mulai dari menyiapkan sarapan sampai membuat bento. Merupakan tipe yang perfeksionis, tidak suka terlalu mencolok, memiliki kemampuan planning yang baik serta bekerja keras sedikit demi sedikit. Bisa dibilang mereka merupakan tipe lelaki yang cukup tergila gila dengan hal hal yang berhubungan dengan makanan.

Kategori XI : Outdoor Danshi (Outdoor Men)

Lelaki yang senang melakukan aktivitas di luar rumah ini memiliki tingkah laku yang keras terhadap diri mereka sendiri, mengerjakan sesuatu tanpa banyak bicara, dan umumnya sering terlihat dengan pakaian olahraga. Mereka menyukai kehidupan di bawah alam sehingga tidak mengherankan bila mereka memiliki hobi memanjat gunung dan camping. Para lelaki tipe ini adalah tipe lelaki yang mandiri dan dapat mengerjakan segala sesuatu sendiri tanpa perlu bergantung pada orang lain.

Kategori XII : Otaku Danshi (Geek Men)

Nah ini dia satu kategori yang paling tidak asing terdengar di telinga kalian. Tipe yang tidak terlalu peduli dengan penampilan mereka serta lebih tertarik dengan hal-hal yang berbau anime dan manga. Tipe seperti ini umumnya sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain yang tidak memiliki hobi yang sama dengan mereka. Namun di grup orang-orang yang sehobi, mereka dapat berbaur dengan baik layaknya orang pada umumnya.

Kategori XIII : Otomekai Danshi (Girly Men)

Lebih dikenal dengan istilah “Otomen”, merupakan tipe lelaki yang memiliki hobi-hobi wanita seperti menjahit, memasak, menyulam dan lain lain. Lelaki tipe ini menyukai benda benda yang lucu/imut serta menyukai makanan makanan manis.

Bagaimana Minna? Menarik, bukan? bagi para lelaki, termasuk kategori manakah kalian? dan untuk para gadis, kalian lebih suka lelaki kategori apa sebagai kekasih kalian ? ~~ ^^

Sumber :
http://www.japantoday.com/category/lifestyle/view/from-carnivores-to-herbivores-how-men-are-defined-in-japan

http://theransomforeignguyinjapan.blogspot.com/2011/06/herbivorecarnivoremenrant.html?zx=957dabb0c0dcaae