Perbedaan budaya yang ekstrim memiliki pembentukan sifat dan kebiasaan yang berbeda kepada setiap orang. Misalkan minna mendapat tetangga baru orang Jepang, tentu minna harus mengetahui terlebih dahulu sifat-sifat dan kebiasaan orang Jepang pada umumnya untuk menjaga hubungan komunikasi lancar. Hal ini dilakukan agar kita juga mengetahui apa yang bisa membuat mereka senang atau apa yang tidak boleh dilakukan agar mereka tidak tersinggung. Berikut sifat-sifat Orang Jepang pada umumnya.

 Jadi, rata rata Orang Jepang itu . . .

1. Sulit untuk bicara terus terang

Ini merupakan salah satu sifat yang sering disinggung oleh orang-orang Indonesia ketika mereka menjalin relasi dengan orang Jepang. Orang Jepang terkesan memiliki kesulitan untuk mengatakan apa adanya secara blak blakan. Misalkan ketika tetangga mereka melakukan kebisingan yang menganggu, orang Jepang umumnya tidak akan beranjak ke rumah dan menegur pemilik rumah secara langsung. Biasanya mereka akan menelepon polisi untuk menghampiri rumah tersebut agar merekalah yang menegur pemilik rumah atau mereka juga bisa menyelipkan kertas pesan di bawah pintu masuk yang berisi peringatan.

Hal ini juga tampak pada beberapa Pemilik Perusahaan ketika mereka mencoba untuk menyampaikan kesalahan yang dilakukan oleh karyawan. Biasanya sang bos akan mengajak karyawan untuk makan-makan terlebih dahulu, setelah makan-makan selesai barulah sang bos memulai pembicaraan mengenai kesalahan yang dilakukan sang pegawai. Tentunya sang bos hampir tidak akan menegur pegawainya langsung di lapanagan.

2. Suka membahas cuaca

Ketika topik pembicaraan habis dan kedua pihak tidak tahu hal apa lagi yang harus dibicarakan, orang Jepang biasanya akan memulai membahas tentang cuaca. Bahkan tidak hanya ketika dilakukan melalui percakapan verbal, bahkan melalui surat, email, chat dan lain lain pun Membahas cuaca menjadi salah satu topik yang pasti ada. Dan bila diperhatikan dengan baik baik, biasanya beberapa orang Jepang juga memulai percakapan mereka dengan menanyakan kodisi cuaca terlebih dahulu. Bisa dibilang cuaca merupakan topik paling dasar dalam percakapan orang Jepang.

 


3. Baca alphabet sama sulitnya seperti orang Indonesia membaca Kanji

Bagi kita yang ingin mempelajari bahasa Jepang, merupakan kesulitan bagi kita ketika mempelajari Kanji Jepang. Namun dalam kasus orang Jepang, justru bagi mereka yang sulit dibaca adalah huruf alphabet. Kemungkinan hal ini disebabkan karena tata bahasa mereka yang sedikit menggunakan alphabet sehingga pembacaan alphabet menjadi sulit bagi mereka.

4. Sangat lemah terhadap makanan pedas

Jangan sesekali mentraktir orang Jepang untuk makan masakan pedas. Umumnya orang orang Jepang tidak kuat untuk mengkonsumsi makanan-makanan pedas. Efek yang diakibatkan apabila mereka makan makanan pedas bisa bermula dari muntah-muntah bahkan sakit selama 1- 2 hari.

5. Ketika sms suka memakai emoticon

Jangan heran jika kalian menemui banyak emoticon bertebaran di text yang dikirim oleh orang Jepang ke handphone kalian, karena pada dasarnya ini juga merupakan salah satu kebiasaan mereka. Selain emoticon mereka juga suka memasukkan symbol symbol lainnya yang terdapat dalam handphone.

6. Sangat menghargai waktu

Bagi orang Jepang waktu adalah sesuatu yang sangat berharga apalagi bagi mereka yang sudah bekerja. Istilah “Jam Karet” adalah istilah yang tidak disukai oleh Orang Jepang. Dalam menunggu biasanya mereka lebih menghargai pihak yang memberi kabar bahwa mereka akan telat dibandingkan dengan mereka yang datang telat. Salah alasannya juga karena orang Jepang sudah mengatur jadwal mereka sedemikian rupa sehingga bila salah satu jadwal mereka saja yang melesat akan berpengaruh fatal terhadap jadwal jadwal mereka lainnya.

7. Inovatif

Jepang mungkin bukan sebuah Negara penemu, tapi orang orang Jepang terkenal dengan inovasi mereka yang membentuk ulang sebuah produk yang sudah ada sebelumnya ke dalam bentuk lain yang lebih dinikmati oleh masyarakat.

8. Kerja Keras

Sifat satu ini sudah menjadi salah satu sifat yang mengakar dalam kehidupan budaya orang orang Jepang. Biasanya ini terlihat dari kebiasaan pegawai pegawai Jepang yang suka menghabiskan waktu mereka untuk lembur di kantor atau dengan kata lain workaholic. Bukti lainnya juga dapat kita lihat dari para siswa siswi SMA yang belajar keras untuk memasuki Universitas pilihan mereka. Berakarnya budaya ini juga menyebabkan istilah “Pulang cepat” merupakan suatu hal yang memalukan di kalangan orang orang Jepang, bahkan mereka bisa jadi melabel orang orang yang pulang cepat sebagai “yang tidak dibutuhkan” oleh perusahaan.

9. Menghindari Konflik

Seperti yang dikatakan di atas, orang Jepang sulit untuk berterus terang. Mungkin hal ini juga ada kaitannya dengan sifat mereka yang menghindari konflik. Umumnya mereka tidak mencampuri urusan yang di luar lingkungan pribadi mereka. Dalam melakukan segala hal mereka lebih memilih cara yang damai dan aman agar konflik bisa terhindar.

10. Menghargai Usaha/Proses

Dibandingkan dengan hasil, orang Jepang lebih berorientasi pada proses pengerjaan. Sekalipun hasil dari usaha yang dikerjakan tidak sebaik dengan yang diharapkan, orang Jepang tetap akan mengapresiasi kerja keras yang sudah dilakukan oleh individu tersebut. Sifat ini juga kadang terlihat dari mereka yang suka menyemangati rekan rekan kerja mereka atau junior junior mereka untuk berusaha. Bahkan tidak jarang pula ada yang menyemangati rival mereka sendiri. Orang Jepang yakin dengan adanya semangat dan kerja keras maka hasil yang dikeluarkan juga akan baik.

11. Ekspresif

Beberapa orang Jepang tidak ragu ragu untuk menunjukkan perasaan yang mereka alami melalui mimic wajah atau pun gerakan. Perasaan sedih, marah, senang dan lain lain sering ditunjukkan oleh mereka dalam keadaan apa pun. Maka itu jangan heran bila kalian melihat mereka menangis meraung raung ketika sedang menonton film sedih atau membaca cerita sedih. Sebaliknya mereka juga menjadi sedikit hyper apabila sedang dalam mood ceria. Hal yang pasti Orang Jepang tidak ragu ragu dalam menunjukkan ekspresi mood mereka.

Sumber :http://bkun-knowledge.blogspot.com/2012/02/160-budaya-jepang-yang-unik-dan-lucu.html
http://www.gallerydunia.com/2011/10/10-hal-yang-patut-ditiru-dari-bangsa.html
http://mikeportal.blogspot.com/2012/09/perbedaan-perilaku-dan-nilai-hidup-orang-jepang-dan-orang-tionghoa.html