Bagi Mina san yang sudah sering menonton anime dan manga mungkin sering melihat beberapa karakter yang menggunakan semacam perban untuk mengikat dada atau perut mereka. Perban tersebut dikenal dengan nama “Sarashi”. Tahukah kalian? Sarashi ternyata sudah dikenal sejak lama di Jepang loh >w<

Sarashi pada umumnya lebih mengacu pada sejenis kain putih menyerupai perban yang biasanya dililitkan di bagian dada pada perempuan atau perut pada laki-laki. Pada Zaman dahulu Sarashi dikenakan para kaum samurai di balik kimono mereka dengan melilitkan di bagian perut. Konon penggunaan Sarashi bagi kaum samurai dimaksudkan untuk memberikan mereka pertahanan tambahan terhadap luka ketika mereka bertarung.

Penggunaan Sarashi ini juga populer di kaum wanita zaman dahulu di Jepang. Para wanita pengguna kimono biasanya menggunakan sarashi di balik kimono mereka. Mereka umumnya melilit Sarashi dari bagian ketiak sampai pinggan mereka di balik kimono diikuti dengan penggunaan obi di bagian perut mereka. Penggunaan ini bagi kaum wanita juga dimaksudkan sebagai pengganti bra pada zaman tersebut untuk menutupi bagian dada mereka dan bertujuan untuk menjaga agar yukata serta kimono mereka tetap bersih.

Di anime atau manga penggunaan sarashi biasanya lebih memiliki stereotype untuk karakter berandalan atau yakuza. Biasanya kita sering melihat mereka menggunakannya baik laki-laki maupun wanita di balik kemeja mereka yang tidak terkancing sepenuhnya. Untuk lebih menariknya lagi, untuk gadis yang tomboy biasanya mereka sering memakai sarashi dengan tujuan untuk membuat dada mereka terlihat lebih kecil apalagi jika mereka berniat untuk berkalu seperti seorang laki-laki.

Tahukah kalian? Pada masa sekarang ini mina san bisa menemui sarashi dijual di supermarket pada bagian area medical di Jepang loh, Bagaimana minna? Penasaran dengan kain unik satu ini?
 
Sumber : http://www.donmai.us/wiki_pages/4586