Hi Minna ( ・∀・)/
Sudah pernah melihat teknologi menarik yang satu ini? Bagi kalian yang suka bersosialisasi dengan menggunakan Internet dan yang suka menggunakan avatar – avatar, pernahkah terpikir kalau avatar yang kalian pakai dapat menunjukan expresi muka maupun pergerakan muka kita secara Real-Time(Nyata)? Nah,ayo kita bahas tentang teknologi yang sudah dikembangkan oleh Keio University group.
Keio University group,dipimpin oleh Associate Professor Yasue Mitsukura telah mengembangkan metode untuk mengukur arah pandang, serta perubahan expresi muka seseorang. Sistem ini mencapai kecepatan dan presisi yang tinggi denagn menggunakan PC biasa dan Kamera USB.
Pergerakan Kepala
pergerakan mulut
Untuk mendeteksi dan melacak wajah, sistem ini menggunakan time-series signal processing. Sistem ini melacak poin karakteristik, termasuk mata, hidung, dan mulut, dengan kecepatan tinggi dengan presisi tinggi. Titik-titik putih di layar menunjukkan poin yang digunakan untuk melacak wajah, dan garis merah menunjukkan orientasi wajah. Sehingga Anda dapat melihat bahwa sistem mendeteksi wajah secara tepat,gerakan mulut dan arah hadap secara sesuai.
 
 
Sistem inijuga menganalisisbentukekspresiseseorang.Sehingga dapatmereproduksibagaimanaalisdan mulutbergerak,dan apakahorang itutertawa,marah,atau terkejut.
 
Ayo kita lihat lebih jelasnya divideo berikut ini:


 
ayo bahas lebih lanjut di forum: http://forum.nipponclub.net/viewtopic.php?f=50&t=24612&p=130312#p130312
 
Source: http://www.diginfo.tv/v/12-0107-r-en.php