Seberapa jauhkan anda dapat menebak apa yang dipikirkan? Jika anda memiliki mata yang dapat melihat kebohongan dan apa yang dipikirkan orang lain, apa yang akan anda lakukan dengan mata tersebut?

Miyashita Megumi alias “Gumi”, adalah salah seorang korban yang selamat dari kecelakaan tragis pesawat terbang. Semenjak saat itu, mata kiri Gumi dapat melihat duplikat diri milik seseorang yang ditandai dengan lambang C. Duplikat yang dilihatnya akan mengatakan hal yang sesungguhnya dipikirkan oleh orang tersebut, lewat duplikat ini Gumi dapat mengetahui hal yang disembunyikan oleh orang lain darinya.

13 tahun berlalu sejak kecelakaan tersebut, untuk menahan pengelihatan uniknya Gumi mengenakan kacamata. Suatu hari, kelas mereka mendapatkan guru baru, Suzuki Souhei. Suzuki terkejut ketika  Gumi memperkenalkan diri kepadanya. Dan selang beberapa hari sejak kedatangan guru baru, teman baik Gumi yang memiliki rasa suka kepada Suzuki, Ayaka, mendadak tidak masuk ke sekolah. Meskipun ia dikatakan sakit, namun sebenarnya Ayaka mengurung diri di kamar, Ia mengunci dirinya dari dunia luar dan menolak berbicara kepada siapapun, bahkan ke ibunya sendiri. Demi menolong temannya, Gumi bertekad mencari kebenaran yang disembunyikan oleh Ayaka. Dan setelah sekian lamanya, ia melepaskan kacamatanya…

Apakah absennya Ayaka ada hubungannya dengan sang guru baru Suzuki? Dan apa sebenarnya hubungan Suzuki dengan Gumi, mengapa ia begitu terkejut ketika mengetahui bahwa Gumi adalah korban yang selamat dari kecelakaan pesawat 13 tahun silam?

Seperti yang bisa anda duga lewat nama sang karakter utama, ini adalah versi manga yang dibuat berdasarkan cerita dari lagu Vocaloid GUMI yang berjudul sama, Shiryoku Kensa (Eye Examination). Manga ini memiliki cerita yang menarik dan direkomendasikan untuk anda, apalagi jika anda adalah pecinta Vocaloid dan fans GUMI.