Pasti anda pernah melihat garis hitam putih vertikal yang biasanya berada di bungkus produk – produk di supermarket/minimarket. Lagi – lagi Jepang sedang mengembangkan teknologi Stealth barcode dimana Barcode yang biasanya kita lihat itu menjadi invisible(tidak terlihat) =w=.

Hitachi Power Solution telah mengembangkan sistem manajemen item, yang membantu untuk meningkatkan traceability di fasilitas manufaktur. Sistem ini menggunakan ID item yang dicetak dengan “stealth ink”, yang sulit untuk dilihat dengan mata telanjang. Tinta ini harus dilihat dan dibaca dengan menggunakan sinar UV, dan masing-masing ID dikaitkan dengan data produksi. Bahkan di banyak maupun ribuan atau puluhan ribu item, sistem ini memungkinkan setiap produk tunggal untuk dikelola secara individual.

Menurut mereka biasanya, kode produk tidak perlu dilihat oleh semua orang. Jadi, mereka memutuskan untuk menggunakan “stealth code”. Sebuah fitur dimana, mereka dapat dicetak di mana saja. Jadi, tidak mempengaruhi desain produk.”

http://www.youtube.com/watch?&=vBA87iakRLI

source: http://www.diginfo.tv/v/13-0048-r-en.php