Karakter perempuan dalam suatu manga mungkin bukanlah hal yang spesial, namun posisi karakter perempuan dalam shounen manga memiliki peran yang cukup penting dalam mendukung tokoh utama. Kebanyakan di antara mereka terbagi dalam berbagai macam tipe, dan beberapa tipe karakter perempuan yang biasanya terdapat di shounen manga adalah

1. The Priss

Tipe yang satu ini digambarkan berasal dari keluarga yang kaya atau memiliki latar belakang yang memukau. Biasanya mereka memiliki sikap layaknya seorang putri. Elegan, sopan, nilai sekolah yang cemerlang, sempurna, dan terkenal di kalangan murid. Terkadang dalam beberapa manga tipe karakter ini digambarkan sebagai nona besar yang sombong dan suka memamerkan kekayaannya dan biasanya sikap the priss sering dicela oleh the tomboy sehingga mereka sering bertengkar seperti kucing dan anjing, dan biasanya sikap seperti itu diakibatkan oleh rasa kesepian sejak kecil karena ditinggal orang tuanya yang bekerja dan jarang berada di rumah bersamanya.

2. The Tomboy

Kuat dan dapat diandalkan, biasanya tipe ini jarang menunjukkan ketertarikannya kepada si karakter utama meski terkadang sikap mereka menunjukkan sebaliknya. Biasanya tipe ini tak bisa memasak kalaupun bisa biasanya rasa masakannya bisa membuat anda melihat sungai sanzu, bersikap kasar pada karakter utama namun di sisi lain mereka sebetulnya memiliki sifat yang lembut dan baik hati, dan sekuat-kuatnya karakter yang ditampilkan oleh mereka sebetulnya mereka tak sekuat yang dikira, akan ada saat di mana karakter ini membutuhkan pertolongan orang lain yang biasanya adalah si karakter utama.

3. The Shy Girl

Sesuai dengan tipenya, sifat karakter ini adalah pemalu. Sifatnya adalah kebalikan dari the tomboy, gerakannya halus, baik hati, lemah lebut dan kekuatan fisiknya tak sekuat the tomboy. Normalnya mereka ditampilkan menyukai si karakter utama dan sangat sulit mengutarakan perasaaannya kepada si karakter utama karena sifat pemalunya sehingga mereka lebih bersikap pasif namun tipe ini sangat perhatian dan peduli kepada orang yang ia sayangi. Terkadang ditampilkan sebagai teman masa kecil atau pernah ditolong oleh si karakter utama di masa lalu (yang menjadi alasan mengapa ia menyukai si karakter utama).

4. The Little Girl

Membaca kata di atas pasti sudah terbayangkan oleh anda bila tipe ini adalah Lolita. Ya, kadang tipe ini ditempatkan sebagai adik tokoh utama atau adik kelas, dan terkadang juga sebagi kakak kelas (berpenampilan seperti anak-anak namun lebih tua dari si tokoh utama). Biasanya tipe ini memiliki sisi yang tak terduga dari mereka, bertolakbelakang dengan penampilan mereka yang manis.

5. The Experienced Older Woman

Sesuai dengan kalimat di atas, tipe ini berumur lebih tua dari si tokoh utama. Mereka biasanya memberikan saran dan masukan ketika tokoh utama sedang dilanda kesulitan. Biasanya merupakan karakter pembantu tokoh utama yang bersikap seperti kakak atau ibu yang menjaga anaknya. Tipe ini jarang mencampuri masalah yang dihadapi tokoh utama, kecuali pada saat yang benar-benar serius karena bagi tipe ini masalah yang dihadapi oleh tokoh utama adalah sebagai ujian agar si tokoh utama dapat berkembang dan maju.

 

6. The Silent

Karakter ini memiliki sifat yang sama dengan tipenya, pendiam, jarang berbicara dan sekalipun berbicara hanya untuk hal penting saja. Biasanya tipe ini memiliki nada suara yang tenang, rendah, dan jarang menaikkan volume suaranya. Tipe ini memiliki hati yang hangat meski penampilan mereka terkesan dingin di mata karakter lain, the silent sebenarnya hanya kesulitan menunjukkan perasaan mereka yang sebenarnya secara langsung sehingga terkadang maksud baik mereka disalahpahami oleh tokoh lain.

 7. The Wisecracker

Tipe ini memiliki peran untuk mengisengi karakter lain namun tidak sampai membully. Mereka memberikan kesegaran dalam jalan cerita dengan menyajikan humor dalam situasi tertentu. Tipe ini meskipun suka mengisengi karakter lain sebenarnya lumayan peduli dan perhatian dengan teman-temannya.

Itulah beberapa tipe karakter perempuan yang biasanya ada di sekitar tokoh utama. Adakah karakter favorit Minna yang termasuk dalam kategori tersebut? =w=

Masih terdapat banyak tipe karakter perempuan yang ada dalam shounen manga, ada pula karakter yang merupakan gabungan beberapa tipe di atas namun kurang lebih ketujuh tipe itulah yang sering muncul dalam shounen manga. Sekian topik kali ini dan sampai jumpa di topik berikutnya~ \(>w<)

Sumber:

http://pulllist.comixology.com/articles/50/The-Girls-of-Shonen-Manga

http://tvtropes.org/pmwiki/pmwiki.php/Main/SitcomCharacterArchetypes