Yo minna! Tidak hanya dalam dunia fashion, ternyata baju juga dapat digunakan untuk dunia kesehatan.

Kali ini NTT telah mengembangkan tekstil elektroda yang dapat digunakan pada baju anda,dan dapat secara terus menerus memantau aktivitas listrik jantung selama beberapa jangka waktu.

Wearable electrode ini dibuat dari serat konduktif yang terdiri dari sutra atau inti serat sintetis dilapisi dengan polimer konduktif disebut Pedot-PSS.



Polimer konduktif ini memiliki biokompatibilitas yang sangat baik, dan dapat memberikan pengukuran EKG dengan stabilitas setara dengan elektroda medis konvensional, tanpa perlu untuk memasang elektroda pada kulit dengan pasta elektrolit atau gel.
Elektroda tekstil ini lembut untuk disentuh, fleksibel dan breathable, penggunaanjangka panjang yang tidak membebani pemakainya. Studi yang dilakukan oleh NTT tidak menunjukkan tanda-tanda iritasi kulit atau dermatitis kontak setelah penggunaan jangka panjang.

NTT kini berencana untuk melakukan eksperimen lebih lanjut, kali ini dengan 100 pemakai, untuk menyelidiki lebih lanjut keamanan dan efektivitas mereka.
Di masa depan, teknologi  ini dapat dipakai perawatan medis jarak jauh, mengurangi risiko serangan jantung melalui deteksi dini dan pengobatan penyimpangan jantung, atau dalam bidang-bidang seperti olahraga, kebugaran dan ilmiah penelitian umum.

 

 

 

 

 

source:http://www.diginfo.tv/v/13-0058-r-en.php