Sebelumnya kita sudah pernah membahas beberapa tempat unik di Jepang seperti Tsukiji, Museum Ghibli dan lain-lain. Namun masih banyak sekali tempat-tempat unik yang akan sangat disayngkan bila kalian lewatkan ketika berkunjung ke Jepang.


1. Evangelion World, Fuji Q Highland

Fuji Q Highland adalah salah satu taman bermain yang terletak di Fujiyoshida, Yamanashi. Salah satu atraksi menarik yang menjadi pusat perhatian pengunjung adalah Evangelion World. Tentunya minna tahu mengenai anime Evangelion, anime mecha yang menjadi perhatian para pecinta anime ini menjadi salah satu tema di atraksi Fuji Q Highland yang berupa sebuah gedung khusus, di mana di bagian dalamnya dipenuhi dengan berbagai mecha 3D dari Evangelion. 3D mecha dengan skala original sesuai dengan versi animenya pun dihadirkan di tempat ini.


2. Irukaya Coffee Shop

Suka dengan kopi? Maka tempat ini menjadi pilihan yang tepat bagi minna. Uniknya Irukaya Coffee Shop merupakan café tanpa jendela dengan 4 duduk tersedia. Uniknya lagi ketika kalian menginjakkan kaki ke tempat ini, kalian hanya akan dilayani oleh 1 orang, yakni Hiroshi Kiyota.


Namun bagi kalian yang menginjakkan kaki di tempat ini harus mengikuti beberapa peraturan ketat antara lain:


– Setiap order hanya akan dilayani setiap 1 jam, jadi kita tidak bisa mengorder 2 kali dalam  kurun waktu 1 jam.

–  Grup dengan jumlah lebih dari 2 orang tidak diperkenankan.

–  Dilarang mengambil foto.

–  Dilarang merokok.

–  Dilarang menggunakan telepon genggam.

–  Dilarang membawa makanan pulang.

–  Anak-anak dilarang masuk.

–  Reservasi hanya dibuat selama jam buka toko.


Bagi mereka yang melanggar aturan, pemilik toko tidak akan segan-segan untuk meminta mereka keluar. Memang terlihat peraturan yang ketat, namun peraturan ini dibuat untuk menjaga keheningan dalam café tersebut.


3. Tokyo Anime Center, Akihabara

Tentunya nama Akihabara tidak asing di telinga para pecinta anime. Akihabara merupakan salah satu distrik di Tokyo yang merupakan tempat pembelanjaan untuk barang barang elektronik, games, anime dan otaku goodies termasuk barang-barang baru dan barang-barang lama. Produk-produk baru umumnya dapat kita temui di Chuodori, sementara untuk produk-produk yang sudah dipakai dapat ditemukan di Soto Kanda Sanchome.


Tokyo Anime Center adalah fasilitas permanen yang telah dibuat, untuk anime pasar kepada penduduk Jepang, serta pengunjung Barat. Fasilitas ini akan menjadi tuan rumah peristiwa biasa, wawancara radio langsung dengan pencipta dan suara aktor, dan pameran dagang. Ini mencakup AKIBA3DTheater tersebut.


4. Shimizu-yu

Salah satu Sento atau pemandian umum yang terletak di Tokyo. Pemandian umum ini terletak di Minami-Aoyama, Minato-ku, Tokyo. Cukup banyak orang Indonesia yang ingin menikmati pemandian umum ala Jepang, maka dari itulah tempat ini menjadi salah satu factor yang menarik perhatian pengunjung. Kalian dapat menikmati pemandian dengan ultra-wave sonic atau Jacuzzi bubble.


Uniknya, kalian tidak perlu membawa barang apa pun ke dalam pemandian umum ini, segala perlengkapan seperti handuk, sabun dan shampoo dapat dibeli dengan harga 100 yen dan biaya admisi sebesar 430 yen. Pemandian umum ini mulai beroperasi dari jam 4 subuh hingga tengah malam dan tidak beroperasi pada hari Senin. Perlu diperhatikan untuk mengetahui etiket sebelum memasuki pemandian umum:


– Letakkan sepatu kalian di area pintu masuk dan masukkan ke dalam loker yang tersedia. Jangan lupa untuk membawa kunci loker kalian.

– Lakukan pembayaran sebesar 430 yen di bagian kasir, di sini juga kalian dapat membeli perlengkapan mandi.

– Ketika memasuki area pemandian, letakkan pakaian kalian di dalam loker yang tersedia, biasanya loker ini seharga 100 yen.

– Sebelum memasuki pemandian, jangan lupa untuk membasuh tubuh kalian hingga bersih terlebih dahulu. Tadisi ini merupakan bagian yang sangat penting dalam etika Pemandian umum.


5. Universitas Waseda

Universitas yang terletak di Shinjuku ini merupakan pilihan yang tepat untuk dikunjungi, kalian bisa melihat bagaimana kehidupan universitas yang terdapat di Jepang di tempat ini. Kalian dapat menaiki Tozai Subway Line dan berhenti di Stasiun Waseda untuk mencapai tempat ini. Umumnya mahasiswa dan mahasiswi akan dengan senang hati untuk berbicara dalam bahasa Inggris kepada para turis. Hal ini juga dimaksudkan untuk dapat melatih kemampuan berbahasa Inggris mereka. Selain itu kalian juga dapat menikmati nikmatnya bento yang dijual di tempat ini.


Universitas Waseda juga terkenal sebagai universitas pilihan para actor/aktris terkenal Jepang untuk meneruskan jenjang pendidikan mereka. Beberapa di antara mereka seperti Natsuki Sato, mantan anggota AKB48, Shiori Nakamata, salah satu anggota AKB48, Jyongri, penyanyi yang menyanyikan ending song untuk game “The World Ends With You”, Aoi Yuki, pengisi suara Madoka Kaname dari Puella Magica Madoka dan lain-lain.

Sumber : http://kopikeliling.com/news/pilih-kedai-kopi-unik-di-dunia-yang-banyak-aturan-atau-yang-nyantai.html

http://japanfans-all.blogspot.com/2013/05/tempat-unik-di-jepang.html

http://voices.yahoo.com/the-10-best-non-tourist-sites-see-tokyo-japan-5741398.html