Rumah merupakan tempat untuk berteduh bagi manusia, namun dengan semakin terbatasnya lahan yang ada, maka jumlah rumah yang dapat dibangun pun semakin lama semakin berkurang sementara jumlah manusia semakin bertambah. Untuk mengatasi hal ini, kabarnya di Jepang terdapat berbagai macam rumah dengan desain yang unik untuk menghemat biaya serta lahan yang ada, kira-kira seperti apa sih rumah hemat lahan tersebut?

1. Horinouchi


Rumah satu ini memiliki luas lantai 2 yang lebih besar dibandingkan dengan lantai 1. Selain itu, tata letak kamar tidur pun tidak berada di lantai 2 melainkan di lantai 1.Untuk lantai 2 diisi dengan dapur dan living room. Luas rumah ini sekitar 27,9 meter persegi dengan letak rumah di antar jalan dan sungai.  Para pembaca yang suka dengan ciri-ciri rumah dengan luas yang tidak terlalu besar akan menyukai rumah satu ini. Bentuknya yang kecil namun bagian dalamnya masih terasa luas membuat rumah ini dikategorikan sebagai salah satu Rumah minimalis di Jepang.


2. Nada House


Rumah ini dibangun oleh arsitek Fujiwaramuro dengan bentuk memanjang ke belakang dan ke atas sehingga membuat rumah ini dapat dibangun di antara lahan sempit antara dua rumah. Keunikan lain yang dapat kita temukan pada rumah ini juga dapat terlihat dari bahannya yang sebagian besar terbuat dari kayu. Rumah ini memliki luas sekitar 37 meter persegi. Sangat cocok bagi para pembaca yang ingin merasakan suasana rumah yang natural dengan material kayu.


3. Rumah Kotak


Meskipun para pembaca melihat dari kejauhan, mungkin rumah ini pun bisa tetap terlihat. Bentuk yang unik dari rumah ini memungkinkan perhatian kalian langsung tertuju ke rumah satu ini. Rumah minimalis karya Sou Fujimoto ini mengambil konsep kotak, desainnya yang sederhana dengan keseluruhan rumah yang dicat putih membuat rumah ini masuk sebagai salah satu rumah minimalis di Jepang.

Rumah ini terbagi menjadi 3 lapisan. Lapisan pertama dari rumah ini merupakan rumah inti yang ditinggali oleh pemilik sementara lapisan kedua adalah lapisan yang menyelubungi lapisan pertama, dan yang terakhir pada lapisan terluar merupakan bagian luar dari rumah seperti taman atau garasi.

Sumber : http://life.viva.co.id/news/read/441745-foto–desain-unik-rumah-mungil-di-jepang–i-
http://contohdesaininteriorrumah.blogspot.com/2012/05/desain-kreatif-rumah-minimalis-di.html